Ketahui Dampak Terlalu Sering Berhubungan Intim

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Juli 2022

“Terlalu sering berhubungan intim ternyata dapat menimbulkan sederet masalah kesehatan. Seseorang bisa kelelahan, mengalami infeksi saluran kemih, sampai cedera saraf.”

Ketahui Dampak Terlalu Sering Berhubungan IntimKetahui Dampak Terlalu Sering Berhubungan Intim

Halodoc, Jakarta –  Sering berhubungan intim memang dianjurkan untuk pasangan yang sudah menikah. Ahli berpendapat bahwa banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh. Bukan hanya itu, aktivitas ini juga bisa mempererat hubungan kamu dan pasangan. Meski begitu, terlalu sering melakukannya juga tidak dianjurkan.

Apapun yang berlebihan tentu tidak baik, termasuk berhubungan seks. Porsinya harus seimbang untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Berikut dampak negatif yang bisa kamu alami apabila terlalu sering berhubungan intim.

Dampak Negatif Terlalu Sering Berhubungan Intim

Biasanya, seseorang sering berhubungan seks apabila ingin segera mendapat momongan. Namun, terlalu sering melakukannya justru bisa menimbulkan dampak berikut ini:

1. Kelelahan

Melakukan hubungan intim sama halnya seperti olahraga yang bisa menguras tenaga. Selama melakukan aktivitas seksual, tubuh akan melepaskan hormon norepinefrin, epinefrin, dan kortisol. Semua hormon ini membuat denyut jantung semakin meningkat dan memicu pelepasan glukosa dalam darah. Pada akhirnya kamu justru merasa kelelahan. 

2. Organ Intim Terluka

Salah satu efek yang akan langsung kamu rasakan jika berhubungan intim terlalu sering adalah terlukanya organ intim. Hal ini disebabkan karena banyaknya gesekan yang terjadi saat berhubungan seksual. Apalagi kalau kamu dan pasangan melakukan aktivitas seksual yang “kasar”. Organ intim yang lecet tentu akan membuat kamu jadi merasa tidak nyaman untuk melakukan hubungan intim lagi.

3. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Efek yang satu ini mungkin lebih rentan dialami para wanita. Pasalnya, wanita memiliki tabung uretra yang menghubungkan daerah luar ke dalam kandung kemih yang berada tepat di atas Miss V. Melakukan aktivitas seksual dapat membuat bakteri dari Miss V masuk ke dalam tabung uretra ini. Semakin sering hubungan intim, bakteri yang masuk ke tabung uretra kemungkinan besar akan semakin banyak dan menyebabkan infeksi saluran kemih.

4. Tegang Otot

Aktivitas seksual termasuk aktivitas fisik yang dapat menyebabkan otot tegang. Terlebih jika kamu melakukan posisi seks tertentu dalam waktu yang lama. Kamu dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan intim untuk sementara jika hal ini terjadi.    

5. Cedera Saraf

Selain nyeri otot, kamu juga berisiko mengalami cedera saraf akibat sesi hubungan intim yang intens. Sebaiknya hentikan hubungan intim untuk sementara waktu dan hindari terlalu banyak stimulasi langsung pada satu tempat yang sama bila mengalami cedera saraf.

6. Dehidrasi

Tidak hanya membuat jantung berdebar lebih cepat, kamu juga cenderung mengeluarkan banyak keringat saat berhubungan intim. Kalau kamu berhubungan seks berulang kali tanpa menjaga tubuh tetap terhidrasi, maka risiko dehidrasi meningkat. Apalagi kalau kamu meminum alkohol sebelum atau sesaat berhubungan intim. Walaupun tidak terlalu berbahaya, tapi dampak ini adalah yang paling sering dialami banyak orang. 

Untuk jaga stamina di ranjang, kamu mungkin butuh vitamin dan suplemen. Segera cek kebutuhan vitamin dan suplemen di toko kesehatan Halodoc sekarang juga. Jangan tunggu stamina turun, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health. Diakses pada 2022. How Much Sex Is Too Much? Here’s What Experts Say.
Healthline. Diakses pada 2022. Is It Actually Possible to Have Too Much Sex?
The Health Site. Diakses pada 2022. Can too much sex have side-effects? (Sex Query of the Day)

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan