Ketahui Efek Samping Vaksin Pfizer dan Moderna pada Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Juni 2021

“Sebentar lagi Indonesia kedatangan vaksin Pfizer, jenis vaksin yang menggunakan metode mRNA. Meski begitu, tetap ada efek samping dari vaksin Pfizer yang dapat timbul baik ringan hingga berat. Maka dari itu, kamu perlu tahu efek apa saja yang dapat ditimbulkan.”

Ketahui Efek Samping Vaksin Pfizer dan Moderna pada TubuhKetahui Efek Samping Vaksin Pfizer dan Moderna pada Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tidak lama lagi Indonesia akan kedatangan varian vaksin baru, yaitu Pfizer. Vaksin ini telah digunakan oleh banyak negara, termasuk juga Amerika Serikat, yang dipercaya efektif untuk mengurangi penyebaran dari COVID-19. Jika berbicara vaksin Pfizer, tidak lengkap jika tanpa vaksin Moderna karena metodenya sejenis.

Kedua vaksin ini menggunakan teknologi mRNA yang memang telah dikembangkan untuk mencegah penyakit menular lainnya sebelum COVID-19 merebak. Meski terbilang ampuh, ada beberapa efek samping dari vaksin Pfizer dan vaksin Moderna ini yang perlu diketahui jika kamu berencana mendapatkannya. Untuk lebih lengkapnya, baca di sini!

Baca juga: Apakah Vaksin Corona Menimbulkan Efek Samping?

Segala Efek Samping Vaksin Pfizer dan Moderna

Vaksin Pfizer dan Moderna adalah jenis vaksin yang menggunakan metode mRNA. Jenis vaksin ini berfungsi untuk memberikan tubuh informasi genetik untuk menghasilkan protein virus atau bakteri, termasuk juga lonjakan protein yang terdapat pada permukaan SARS-CoV-2.

Protein ini memicu respons imun dan produksi antibodi spesifik, sehingga tubuh siap untuk melawan infeksi dari penyebab penyakit tersebut.

Vaksin ini hanya membawa informasi yang diperlukan untuk membuat sebagian kecil bagian dari virus tersebut. Berbeda dengan kebanyakan vaksin, jenis ini tidak mengandung virus corona dan tidak dapat menyebabkan seseorang mengidap COVID-19.

Enzim dalam sel tubuh dengan cepat menurunkan molekul mRNA pada vaksin setelah protein lonjakan terjadi. Vaksin yang masuk ke tubuh tidak dapat mengubah informasi genetik yang ada.

Meski terbilang ampuh, bukan berarti tidak ada efek samping dari vaksin Pfizer dan Moderna setelah disuntikkan. Dikutip dari Food and Drug Administration, di Amerika Serikat, kedua vaksin ini dapat menimbulkan beberapa efek samping yang umum. Berikut ini beberapa efek sampingnya:

  • Perasaan lelah;
  • Sakit kepala;
  • Nyeri pada otot dan/atau sendi;
  • Badan terasa dingin;
  • Mual dan muntah;
  • Demam.

Baca juga: Ketahui 5 Efek Samping Vaksin Corona

Uji klinis menemukan jika efek samping ini lebih sering timbul setelah dosis kedua dan berlangsung sekitar 2–3 hari. Penerima vaksin ini dilaporkan juga mengalami reaksi pada area tubuh yang disuntikkan, seperti:

  • Perasaan nyeri;
  • Pembengkakan;
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening di ketiak;
  • Kemerahan.

Di antara penerima vaksin mRNA, ada suatu laporan yang menyebut jika efek samping lebih sering muncul pada seseorang yang menerima vaksin Moderna. Sebuah studi mencatat jika setelah dosis kedua, sekitar 82 persen penerima vaksin Moderna melaporkan reaksi di tempat suntikan dibandingkan dengan penerima vaksin Pfizer yang sebesar 69 persen.

Lalu, jika kamu masih memiliki pertanyaan tambahan tentang segala efek samping dari vaksin Pfizer yang segera masuk ke Indonesia, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan penjelasan yang tepat. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis dapat dilakukan di smartphone!

Di sisi lain, disebutkan jika ada juga efek samping vaksin Pfizer yang dapat membahayakan. Salah satu masalah yang dapat terjadi dan sedang banyak dibicarakan adalah peradangan jantung.

Penerima vaksin ini dapat mengalami gangguan miokarditis atau perikarditis yang tercatat sudah lebih dari 1.200 kasus per 11 Juni 2021 dari sekitar 300 juta dosis yang telah disebar.

Baca juga: Apa yang Perlu Diperhatikan setelah Mendapatkan Vaksin COVID-19?

Jika dilihat dari persentase penerima dengan efek samping berbahaya yang terjadi, angka tersebut terbilang kecil. Meski begitu, kajian terus dilakukan untuk mengambil tindakan yang tepat agar efek samping berbahaya tidak terjadi lagi. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah memastikan diri sendiri dan keluarga telah mendapatkan vaksin corona agar terhindar dari COVID-19.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Moderna COVID-19 vaccine: What to know about side effects.
Healthline. Diakses pada 2021. What We Know About the Side Effects of Pfizer’s COVID-19 Vaccine.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan