Ketahui Jenis Obat yang Ampuh Mengatasi Biduran

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Juni 2021
Ketahui Jenis Obat yang Ampuh Mengatasi BiduranKetahui Jenis Obat yang Ampuh Mengatasi Biduran

Halodoc, Jakarta – Pernah mengalami kulit bentol berwarna kemerahan dan gatal? Jangan panik, apabila kondisi tersebut muncul setelah kamu digigit serangga, tentunya hal ini sangat wajar terjadi. Namun, jika kondisi ini terjadi secara mendadak setelah kamu melakukan aktivitas di luar ruangan, bisa jadi kamu sedang mengalami biduran atau urtikaria.

Baca juga: Wajah Membengkak karena Biduran, Ini Penanganannya

Biduran muncul secara tiba-tiba dengan ukuran bentol di permukaan kulit tubuh yang beragam. Sebenarnya, gangguan kulit ini bisa ditangani sendiri dengan obat rumahan atau medis. Jika kamu memilih menggunakan obat medis, berikut ini beberapa rekomendasinya:

  • Obat Antihistamin

Obat antihistamin menjadi pilihan terbaik ketika kamu mengalami gatal-gatal karena biduran. Pasalnya, obat ini bekerja secara aktif dalam memblokir rilisnya histamin dalam tubuh yang menjadi pemicu munculnya gejala biduran. 

Kamu bisa mendapatkan obat ini dengan resep dokter, ya, agar dosisnya tepat dan tidak menimbulkan efek samping serius. Apalagi kalau kamu sedang hamil, menyusui, atau mengonsumsi jenis obat lainnya. Tanya dokter sekarang lebih mudah dan praktis lho, pastinya pakai aplikasi Halodoc. Jangan lupa download, ya!

  • Obat Antiperadangan

Selain antihistamin, biasanya kamu juga akan mendapatkan resep berupa obat antiperadangan saat mengalami biduran. Obat ini akan membantu mengurangi kemerahan, gatal, dan pembengkakan pada kulit akibat biduran. 

Biasanya, dokter akan meresepkan obat ini guna mengontrol biduran kronis dan hanya dikonsumsi dalam waktu singkat. Bukan tanpa alasan, obat antiperadangan memiliki efek samping yang terbilang serius apabila dikonsumsi dalam waktu lama.

Baca juga: Benarkah Biduran Bisa Menular? Ini Faktanya

  • Losion Calamine

Obat berikutnya adalah losion calamine. Obat ini membantu meringankan rasa gatal dengan bekerja secara efektif dalam memberikan efek dingin pada kulit. Kamu bisa langsung menggunakan losion calamine dengan cara mengocoknya terlebih dahulu. 

Lalu, tuang secukupnya pada kapas dan oleskan pada area kulit yang mengalami biduran. Diamkan sampai mengering. Biasanya, losion ini lebih sering dianjurkan untuk digunakan setelah mandi pagi dan sore.

  • Obat Antidepresan

Selain losion, kamu juga bisa menggunakan obat antidepresan jenis trisiklik doxepin dalam bentuk krim untuk meredakan gatal karena biduran. Meski begitu, efek samping yang biasanya terjadi akibat konsumsi obat tersebut adalah mengantuk dan pusing, sehingga kamu tidak disarankan untuk mengemudi setelah mengonsumsinya.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Angioedema dengan Biduran

Cara Lain Mengatasi Biduran

Selain dengan obat, kamu juga bisa mengatasi biduran dengan beberapa cara sederhana berikut ini:

  • Menghindari menggunakan produk yang bisa membuat kulit mengalami iritasi.
  • Usahakan mengenakan baju yang longgar.
  • Memberikan kompres dingin pada area kulit yang gatal.

Jika masih belum membaik, saatnya melakukan pemeriksaan lebih lanjut, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 15 Ways to Get Rid of Hives.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are Hives (Urticaria)?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan