Khusus Pemula, Ini Tips Merawat Hamster

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   14 Mei 2021
Khusus Pemula, Ini Tips Merawat HamsterKhusus Pemula, Ini Tips Merawat Hamster

Halodoc, Jakarta - Hamster adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara karena mereka sangat menggemaskan. Merawat hamster tidak semudah kelihatannya. Namun, begitu sudah terbiasa, kamu mungkin akan menyadari bahwa sebenarnya ini tidak sulit. 

Jika kamu tertarik memelihara hamster, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan, terutama untuk kamu yang masih pemula.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Hamster Berdasarkan Jenisnya

Cara Merawat Hamster

Berikut tips dan cara merawat hewan pengerat menggemaskan yang perlu kamu ketahui: 

Pilih Kandang yang Nyaman

Hamster membutuhkan rumah yang aman untuk menjelajah dan merasa nyaman. Berikan kandang dengan banyak warna, tabung, aksesori, dan tambahan lain untuk membuat habitat mereka unik. Pilih alas yang bisa mereka gali, dan pastikan untuk memilih botol air dengan ukuran yang tepat seperti botol air yang tidak bisa dikunyah. 

Letakkan Kandang di Tempat yang Tepat

Seperti halnya dengan banyak hewan kecil, penempatan sangat penting untuk hewan peliharaan. Letakkan rumah hamster di dekat ruang keluarga, tetapi jangan di tengah keramaian. Mereka akan terhibur dengan suara penghuni rumah sehari-hari, tetapi akan merasa stres oleh suara keras dan banyak keriuhan tepat di luar kandang mereka.

Tutupi Kandang dengan Kain Tipis selama Beberapa Hari Pertama

Saat kamu membawa pulang hamster baru, ia membutuhkan adaptasi. Beri mereka ruang untuk mengenal habitat baru mereka selama beberapa hari, tanpa gangguan. Salah satu caranya dengan menempatkan kain tipis di atas kandang mereka. Jangan ragu untuk melepas penutup ini jika kamu hendak mengajak mereka bermain. 

Tunggu Beberapa Hari Sebelum Mengeluarkannya dari Kandang

Seperti persahabatan baru lainnya, butuh waktu untuk mengenal seseorang dan merasa nyaman dengannya. Karena itu, tunggu beberapa saat untuk memegang atau mengangkatnya keluar kandang. Setelah beberapa hari kamu telah memberi mereka makanan dan air, mereka akan mulai mempercayai kamu sehingga lebih aman untuk diajak bermain.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Kandang Hamster yang Tepat?

Setelah Menyesuaikan Diri, Pikirkan Waktu Makan di Luar Kebiasaan

Kamu tidak suka jika makan makanan yang sama setiap hari, bukan? Hamster juga demikian. Selain makanan normal mereka sehari-hari, cobalah memberi mereka sedikit wortel, labu, brokoli, mentimun, apel, pir, atau beri. Tanyakan kepada dokter hewan juga tentang makanan terbaik untuk hamster. 

Bersihkan dan Cuci Kandang Secara Teratur

Kandang yang bersih dan nyaman akan menghindarkan hamster dari stres. Namun, lakukan sewajarnya saja dan lakukan secara teratur karena terlalu banyak membersihkan kandang juga bisa bikin hamster stres. 

Alangkah lebih baik jika kamu membersihkan area toilet setiap hari, mengganti alas sesuai kebutuhan (jika kotor/basah), membersihkan tempat makan setiap minggu, membersihkan botol airnya setiap minggu, dan membersihkan seluruh kandangnya setiap minggu. Setiap minggu atau dua minggu sekali, ambillah sabun dan air dan seka seluruh isi kandang, 

Beri Banyak Waktu di Luar Kandang

Cara yang bagus untuk melatih hamster dan mendapatkan waktu ikatan yang dibutuhkan adalah dengan menyediakan waktu bermain yang cukup di luar habitatnya setiap minggu. Kamu disarankan untuk menyiapkan area berpagar kecil dengan banyak mainan dan beberapa camilan sehingga mereka dapat menjelajahi dan menyapa anggota keluarga lain di rumah. Namun, ingatlah untuk selalu mengawasi hamster saat dia keluar dari habitatnya.

Rawat Hamster dengan Hati-Hati

Tidak seperti hewan kecil lainnya, hamster dan gerbil harus dipegang dengan kedua tangan dan digendong dengan tangan yang ditangkupkan. Hal yang sama berlaku untuk meletakkannya, tetapi berhati-hatilah agar tidak lepas dari tangan. 

Karena hewan peliharaan ini secara alami aktif di malam hari, coba lebih peka untuk tidak mengganggu mereka di saat siang hari. 

Baca juga: Ini Makanan Alami yang Baik untuk Dikonsumsi Hamster

Sudah siap memelihara hamster? Jika kamu memiliki rencana untuk memelihara hewan mungil ini dan membutuhkan makanan, obat, atau kebutuhan lainnya, kamu bisa cek toko kesehatan di Halodoc untuk mendapatkan semua kebutuhan hamster tersebut. Dengan layanan antar, kamu jadi tak perlu repot antre keluar rumah untuk membelinya. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Kaytee. Diakses pada 2021. 9 Pet Hamster Care Tips for Beginners.
Pet MD. Diakses pada 2021. Hamster Care 101: How to Care For Your Hamster.
Pet Smart. Diakses pada 2021. Hamster Care Guide.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan