Klinik Kecantikan: Tujuan, Jenis, dan Prosedur

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Januari 2024

"Ingin meningkatkan kecantikan dan juga kesehatan kulit jangka panjang? Datang ke klinik kecantikan bisa jadi salah satu solusi. Di sini, dokter kulit akan membantu memeriksa, memberi perawatan yang dibutuhkan, dan memantau kesehatan kulit secara komprehensif."

Klinik Kecantikan: Tujuan, Jenis, dan ProsedurKlinik Kecantikan: Tujuan, Jenis, dan Prosedur

DAFTAR ISI

  1. Tujuan Klinik Kecantikan
  2. Jenis Layanan di Klinik Kecantikan
  3. Persiapan sebelum ke Klinik Kecantikan
  4. Prosedur Layanan di Klinik Kecantikan
  5. Hal yang Perlu Dilakukan setelah ke Klinik Kecantikan
  6. Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Klinik kecantikan adalah tempat yang menyediakan layanan berupa treatment yang dapat meningkatkan kecantikan. Beberapa treatment melibatkan tindakan medis dengan peralatan yang canggih. 

Berbeda dengan salon, di klinik kecantikan kamu akan dilayani oleh dokter kulit bersertifikat. Dokter kulit akan memeriksa dan memantau masalah kulit yang kamu miliki, dan merawatnya secara komprehensif. 

Selama perawatan, kamu akan dibantu oleh terapis atau staf kecantikan bersertifikat. 

Tujuan Klinik Kecantikan

Klinik kecantikan memiliki tujuan untuk membantu meningkatkan kecantikan, mengatasi masalah kulit yang dialami, dan melakukan pemantauan jangka panjang. 

Setiap masalah kulit dan rencana perawatan kecantikan akan diawasi oleh dokter kulit, sehingga aman dan sesuai dengan kebutuhan.

Kamu bisa datang ke klinik kecantikan kapan saja. Saat mengalami masalah kulit, atau sekadar ingin mendapatkan treatment tertentu untuk meningkatkan kecantikan. 

Nantinya, dokter kulit akan memandu dan memberi saran, perawatan seperti apa yang terbaik, sesuai jenis dan kondisi kulit

Jenis Layanan di Klinik Kecantikan

Beberapa perawatan kecantikan yang biasa dilakukan di klinik kecantikan antara lain:

  • Mikrodermabrasi. Perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Laser rejuvenation. Perawatan menggunakan mesin laser untuk meremajakan kulit dan menghilangkan flek hitam pada wajah.
  • Mesotherapy. Perawatan pijat wajah sekaligus memasukkan serum yang dapat membantu meremajakan dan meningkatkan kekenyalan kulit wajah.
  • Chemical peeling. Pengelupasan kulit wajah menggunakan cairan kimia yang aman untuk menstimulasi regenerasi kulit wajah.
  • Intense Pulse Light Hair Removal (IPL). Perawatan kulit wajah menggunakan gelombang cahaya Xenon intensitas tinggi yang dapat membantu meremajakan kulit.
  • Skin tite. Perawatan menggunakan mesin dan serum tertentu yang berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah.
  • Radio Frequency (RF). Perawatan yang memberikan efek mengencangkan atau meniruskan wajah.
  • Filler. Perawatan kecantikan untuk mengubah bentuk bagian wajah seperti hidung agar lebih mancung atau dagu agar lebih lancip, dengan menyuntikkan bahan khusus.

Kamu bisa ketahui pembahasan lebih lanjut pada artikel Perawatan yang Dapat Dilakukan Dokter Kecantikan.

Persiapan sebelum ke Klinik Kecantikan

Tidak banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum pergi ke klinik kecantikan. Namun, kamu bisa membuat catatan mengenai riwayat kondisi atau penyakit kulit yang pernah dialami, termasuk alergi.

Selain itu, buatlah juga catatan tentang pertanyaan yang ingin diajukan pada dokter kulit, agar tidak ada yang terlupa. Jika memungkinkan, cobalah lakukan riset kecil di internet, tentang perawatan yang akan dijalani di klinik kecantikan. 

Prosedur Layanan di Klinik Kecantikan

Secara umum, berikut adalah beberapa prosedur standar yang biasa dilakukan dokter kulit di klinik kecantikan:

  • Dokter kulit akan menanyakan seputar kondisi kulit, penyakit kulit yang pernah diidap, dan perawatan yang pernah dijalani sebelumnya.
  • Dokter kemudian memeriksa kondisi kulit dengan mekanisme standar.
  • Setelah itu, dokter akan menyarankan perawatan yang dibutuhkan sesuai dengan jenis kulit.
  • Jika ada perawatan yang ingin dijalani, dokter juga akan memberi perimbangan apakah bisa dilakukan atau tidak, serta memberi tahu manfaat dan risiko efek samping dari prosedur yang akan dijalani.

Berikut beberapa prosedur perawatan yang umum dilakukan di klinik kecantikan, berdasarkan jenisnya:

1. Chemical Peeling

  • Prosedur dimulai dengan mengoleskan cairan yang mengandung asam glikolat atau asam trikloroasetat pada kulit. 
  • Cairan tersebut kemudian bekerja membuat kulit terluar mengelupas, dan digantikan dengan lapisan kulit baru yang lebih muda, lembut, dan cerah.

2. Perawatan Laser Rejuvenation

  • Dokter akan memberikan obat anestesi untuk membuat mati rasa selama prosedur.
  • Pada metode laser ablatif, dokter akan mengarahkan sinar laser pada wajah, untuk menghancurkan lapisan epidermis kulit dan merangsang pembentukan kolagen.
  • Sementara itu, pada laser non-ablatif, sinar laser diarahkan ke kulit tanpa menghilangkan lapisan epidermis. 

Apabila kamu ingin mencoba perawatan laser, kamu bisa ketahui terlebih dahulu apa saja 5 Jenis Laser Wajah dan Manfaatnya untuk Kecantikan.

3. Filler Wajah

  • Dokter menyuntikkan cairan yang mengandung asam hialuronat ke beberapa bagian wajah yang ingin dibuat lebih bervolume. 
  • Setelah penyuntikkan, wajah mungkin mengalami sedikit pembengkakan dan kemerahan. Namun, efek ini hanya sementara.

Hal yang Perlu Dilakukan setelah ke Klinik Kecantikan

Setiap prosedur perawatan yang dijalani punya efek sampingnya masing-masing. Dokter kulit biasanya akan menginformasikan apa saja yang harus dilakukan dan dihindari setelah menjalani perawatan.

Jadi, hal yang perlu dilakukan setelah menjalani perawatan di klinik kecantikan adalah mematuhi instruksi dan larangan dari dokter kulit. Selain itu, penting juga untuk memantau kondisi kulit. Jika merasa ada yang aneh, atau efek samping tak kunjung hilang, segera hubungi dokter yang menangani.

Setelah prosedur perawatan, dokter kulit mungkin meresepkan obat yang bisa dikonsumsi untuk meredakan efek samping, atau memaksimalkan hasil perawatan.

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Jika kamu belum ada waktu untuk datang ke klinik kecantikan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara langsung dengan dokter spesialis kulit.

Dengan pengalaman yang sudah lebih dari 10 tahun, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dokter yang bisa kamu hubungi untuk memberikan saran untuk mengatasi bekas jerawat:

1. Dr. Reeza Edward Yuwantana Sp.D.V.E

Reeza Edward Yuwantana Sp.D.V.E adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada 2012 dan 2018.

Ia kini membuka praktik di Jakarta Selatan dan tergabung sebagai anggota IDI dan PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin).

Dengan pengalaman selama 12 tahun,Reeza Edward Yuwantana Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait jerawat, kulit sensitif, masalah kulit bayi dan anak-anak, penyakit kelamin, dan layanan estetika.

Chat Dr. Reeza Edward Yuwantana Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

2. Dr. Ade Indrayani Sp.D.V.E, M.Kes

Ade Indrayani Sp.D.V.E, M.Kes adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada 2007 dan Universitas Hasanuddin pada 2016.

Ia kini praktik di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota IDI dan PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin).

Dengan pengalaman selama 17 tahun, Ade Indrayani Sp.D.V.E, M.Kes memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait jerawat, kulit sensitif, masalah kulit bayi dan anak-anak, penyakit kelamin, dan layanan estetika.

Chat Dr. Ade Indrayani Sp.D.V.E, M.Kes mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. Dr. Nur Putri Nuzul Iryani Sp.D.V.E

Nur Putri Nuzul Iryani Sp.D.V.E adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada 2018 dan Universitas Muslim Indonesia pada 2012.

Ia kini membuka praktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota IDI dan PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin).

Dengan pengalaman selama 11 tahun, Nur Putri Nuzul Iryani Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait jerawat, kulit sensitif, masalah kulit bayi dan anak-anak, penyakit kelamin, dan layanan estetika.

Chat Dr. Nur Putri Nuzul Iryani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

4. Dr. Karlina Novianti Kasim Sp.D.V.E

Karlina Novianti Kasim Sp.D.V.E adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia pada 2012 dan Universitas Hasanuddin Makassar pada 2019.

Ia tergabung sebagai anggota IDI dan PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin).

Dengan pengalaman selama 12 tahun, Karlina Novanti Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait jerawat, kulit sensitif, masalah kulit bayi dan anak-anak, penyakit kelamin, dan layanan estetika

Chat Dr. Karlina Novianti Kasim Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

5. Dr. Rina Diana Winta Sp.D.V.E

Rina Diana Winta Sp.D.V.E adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Universitas Diponegoro pada 2011 dan Universitas Airlangga pada 2005.

Ia kini membuka praktik di Surabaya, Jawa Timur dan tergabung sebagai anggota IDI dan PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin).

Dengan pengalaman selama 18 tahun, Rina Diana Winta Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait jerawat, kulit sensitif, masalah kulit bayi dan anak-anak, kulit kering, eksim, dan penyakit kelamin.

Chat Dr. Rina Diana Winta Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc atau berkonsultasi dengan dokter lainnya

.Dapatkan juga panduan lengkap mengenai perawatan kulit dari dermatologis terpercaya di Halodoc melalui gambar di bawah ini.

chat dokter kulit halodoc

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan