• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lawan Kesepian dengan 4 Cara Sederhana Ini

Lawan Kesepian dengan 4 Cara Sederhana Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak pernah merasa kesepian? Nyatanya, setiap orang pernah mengalami kesepian, sehingga ini sebenarnya hal yang wajar. Namun hati-hati, jika kesepian yang dialami berlebihan dan berlarut-larut, bisa-bisa kesehatan tubuh terancam. Oleh karena itu, kesepian harus dilawan! Berikut beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan:

1. Mencoba Jujur pada Diri Sendiri

Melawan kesepian bukan berarti menghindarinya, ya. Beberapa orang mungkin saja menyangkal bahwa mereka sedang kesepian, dan berusaha “lari” dengan menyibukkan diri, seperti tidur seharian atau menonton TV. Padahal, menyibukkan diri tanpa menerima fakta bahwa sedang merasa kesepian bukanlah solusi.

Baca juga: Kesepian Bisa Menurunkan Kesehatan, Kok Bisa?

Untuk sesaat mungkin pikiran dan suasana hati dapat teralihkan, tetapi hal ini tidak bisa dijadikan sebagai solusi jangka panjang. Sebab kamu tidak bisa terus-menerus lari dari kenyataan, bukan? Justru, penerimaan dan refleksi diri merupakan salah satu cara penting untuk mengubah dampak negatif kesepian, menjadi hal yang lebih positif.

Oleh karena itu, cobalah untuk jujur pada diri sendiri. Jika memang merasa kesepian, akuilah lalu cari tahu penyebabnya. Kemudian, cari tahulah juga situasi seperti apa yang selama ini dapat memicu timbulnya rasa kesepian. Misalnya, ketika pulang dari kantor atau kampus, tidak ada orang yang menyambut di rumah. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa belajar untuk memperbaiki pandanganmu terhadap hidup dan mengusir rasa kesepian secara perlahan.

Baca juga: Tanpa Disadari, Pikiran Ini Memicu Rasa Kesepian

2. Susun Rencana untuk Melawan Kesepian

Setelah berhasil jujur pada diri sendiri dan menerima kenyataan bahwa kamu sedang dilanda kesepian, susunlah sebuah rencana untuk melawan kesepian tersebut. Satu hal yang kerap tidak disadari adalah obat untuk mengatasi kesepian itu sebenarnya sederhana. Sesederhana duduk santai bersama keluarga sambil minum teh dan berbagi cerita.

Sebab, meski tinggal serumah dan setiap hari bertemu dengan anggota keluarga, kesepian tetap dapat menghampirimu karena yang mungkin kamu butuhkan adalah quality time bersama mereka. Jika keluarga atau orang terdekat tak mendukung, cobalah untuk bergabung dalam sebuah komunitas baru, atau mengikuti kursus keterampilan tertentu, agar kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru.

Cara lain yang juga tak kalah efektif adalah berkonsultasi dengan terapis atau psikolog. Sebab mereka biasanya bisa memandang masalahmu dengan sudut pandang objektif. Jangan khawatir, di aplikasi Halodoc ada ratusan psikolog yang siap mendengarkan masalah yang kamu hadapi kok. Apalagi, konsultasi dengan psikolog di aplikasi Halodoc bisa dilakukan lewat chat, kapan dan di mana saja. Jadi, jangan lupa download aplikasinya, ya!

Baca juga: Perlu Tahu, 4 Dampak Negatif Kesepian Bagi Kesehatan

3. Miliki Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan telah terbukti bisa menjadi teman yang menyenangkan bagi orang yang kesepian, lho. Namun, perhatikan juga kapasitasmu, ya. Jangan asal mengadopsi hewan sebagai hiburan semata. Kamu juga perlu merawat, membesarkan, memberi makan, dan memenuhi segala kebutuhannya.

4. Kurangi Main Medsos

Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Preventive Medicine mengungkapkan bahwa bermain media sosial sebenarnya membuat kamu merasa lebih kesepian. Sebab, media sosial menciptakan kesan seolah kamu menjalin relasi dengan orang lain, padahal sebenarnya tidak. Meski rajin berbalas komentar di media sosial, kamu dan temanmu mungkin saja menjadi lebih terasing satu sama lain di kehidupan nyata.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2019. Overcoming Loneliness.
Medical News Today. Diakses pada 2019. How Can We Overcome Loneliness?