Punya Anak, Ini 4 Cara Jaga Quality Time dengan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Punya Anak, Ini 4 Cara Jaga Quality Time dengan Pasangan

Halodoc, Jakarta – Menikmati waktu berkualitas alias quality time bersama pasangan seakan menjadi hal yang “mahal” setelah kehadiran buah hati di tengah keluarga. Sebagai orangtua baru, kamu dan pasangan mungkin akan merasa bersemangat untuk menjalani peran masing-masing sampai lupa untuk menikmati momen kebersamaan. Memang, menjadi orangtua yang baik bagi Si Kecil adalah hal yang harus dilakukan, tetapi kamu dan pasangan nyatanya tetap membutuhkan waktu berkualitas berdua, lho! 

Sesaat setelah bayi lahir dan melengkapi keluarga, pasangan suami istri biasanya akan menjadi lebih fokus dalam mengurus sang buah hati. Alhasil, kamu dan pasangan mungkin akan merasa memiliki waktu yang lebih sedikit untuk saling berbagi dan menikmati waktu berdua. Hati-hati, pasangan suami istri yang jarang menghabiskan quality time berdua ternyata lebih rentan mengalami masalah rumah tangga, lho..

Baca juga: Tips Meluangkan Waktu Berdua Bagi Pasangan Super Sibuk

Menjaga Quality Time setelah Kehadiran Anak 

Setelah anak lahir, ibu biasanya akan menjadi lebih sibuk menjalani peran baru dan memastikan bayi mendapat semua yang dibutuhkan. Sedangkan sang ayah, akan semakin termotivasi bekerja agar dapat memenuhi kebutuhan anak. Sayangnya, hal itu ternyata bisa meningkatkan risiko masalah dalam rumah tangga, salah satunya adalah perselingkuhan. 

Namun, hal itu ternyata bisa dicegah dan dihindari dengan mengatur waktu berkualitas untuk dihabiskan berdua dengan pasangan. Bagaimana cara mengatur quality time setelah memiliki anak? Berikut ini tips yang bisa diterapkan: 

1. Kencan di Malam Hari 

Ibu dan ayah bisa mencuri waktu di malam hari untuk menghabiskan quality time berdua. Pada malam hari, bayi biasanya sudah tertidur dan pekerjaan serta aktivitas lainnya pun sudah selesai. Kamu dan pasangan bisa mencoba untuk berjalan mengelilingi taman atau pekarangan belakang rumah sambil berbagi cerita. Meski sederhana, hal ini bisa membantu kamu dan pasangan saling mengerti dan tetap merasa memiliki. Namun ingat, pastikan untuk meninggalkan bayi di rumah bersama orang yang bisa dipercaya. 

Baca juga: Ibu bekerja, Bagaimana Quality Time dengan Anak?

2. Makan Malam Romantis 

Jika pergi ke luar rumah tidak memungkinkan, kamu dan pasangan bisa mencoba untuk mengatur makan malam romantis. Cobalah untuk mengatur meja makan dan ruangan sedemikian rupa dan hidangkan makanan istimewa untuk disantap berdua. Hal ini bisa membantu melepaskan penat setelah seharian bekerja dan mengurus anak serta rumah tangga. Makan malam romantis juga bisa menjadi momen kamu dan pasangan saling bertukar cerita. 

3. Menulis Surat Cinta 

Bagi pasangan yang tidak memiliki banyak waktu, tips yang satu ini mungkin bisa dicoba. Sesekali, tulis sebuah surat cinta untuk pasangan dan tinggalkan di meja makan atau di kamar. Saat pasangan membacanya, dia akan merasa dicintai dan kualitas hubungan yang dijalani bisa terjaga bahkan meningkat. 

4. Olahraga di Akhir Pekan 

Akhir pekan sering menjadi hari berkunjung, misalnya nenek dan kakek Si Kecil berkenan untuk menjaganya. Kalau kesempatan seperti ini datang, kamu bisa memanfaatkannya untuk menghabiskan quality time bersama pasangan. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah berolahraga bersama. Tidak hanya baik untuk kualitas hubungan, melakukan olahraga bersama pasangan juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi: 
Baby Center. Diakses pada 2019. 9 ways to make time for your partner after the baby arrives.
Daddy’s Diggest. Diakses pada 2019. Why Men Cheat After Childbirth.