• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 November 2022

“Lontar termasuk buah dengan kandungan air yang tinggi dan memiliki tekstur yang halus. Selain rasanya yang enak, manfaat buah lontar nyatanya banyak karena di dalamnya terdapat nutrisi yang dibutuhkan tubuh.”

Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan TubuhManfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Buah lontar tumbuh berkelompok di pohon palem tinggi yang berasal dari Asia Selatan dan Tenggara di wilayah Indomalaya. Buah ini memiliki daging berbentuk putih bening seperti kolang-kaling. Manfaat buah lontar cukup banyak dan ia termasuk ke dalam buah yang cukup digemari, terutama di Indonesia.

Lontar termasuk buah dengan kandungan air yang tinggi dan memiliki tekstur yang halus. Selain rasanya yang enak, buah lontar nyatanya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, seng, kalium, kalsium, fosfor, thiamin, dan riboflavin. Karena kandungan inilah, manfaat buah lontar sangat beragam. 

Beberapa Manfaat Buah Lontar untuk Tubuh

Karena kaya akan mineral dan vitamin, buah lontar menjadi pilihan yang sehat untuk orang yang sedang diet atau menderita diabetes. Banyak orang percaya bahwa lontar adalah obat alami untuk sejumlah penyakit. Buah ini juga dapat membantu masalah pencernaan, hingga mencegah peradangan kulit.

Berikut beberapa manfaat buah lontar yang bisa kamu dapatkan:

1. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah lontar adalah obat alami untuk beberapa penyakit perut dan masalah pencernaan. Ini membantu dalam menghilangkan sembelit dan dalam mendukung gerakan usus yang normal.

Buah ini juga membantu dalam mencegah keasaman dan sakit mag. Wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini untuk membantu meringankan beberapa penyakit perut ringan dan mual yang sering terjadi selama kehamilan.

2. Mengatasi Masalah Kulit

Buah lontar adalah obat yang sangat baik untuk beberapa masalah kulit umum yang muncul selama musim panas, seperti ruam panas dan biang keringat. Menempelkan daging buah pada daerah yang terkena akan menenangkan dan mengobati  kondisi ini. Obat ini juga membantu meringankan rasa gatal karena paparan sinar matahari panas. 

Kandungan anti-inflamasi pada buah lontar sangat membantu dalam mengobati kemerahan pada kulit karena panas. Pasta yang terbuat dari buah lontar terbukti efektif dalam mengobati dermatitis. Hal ini juga dapat digunakan dengan aman pada bayi.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah lontar adalah buah rendah kalori sehingga bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Buah ini kaya akan kandungan air, yang membantu membuat perut kenyang untuk jangka waktu yang lama. Buah ini juga membantu mengatur pola makan yang sehat untuk menjaga berat badan yang sehat.

4. Baik untuk Pengidap Diabetes

Pencegahan diabetes adalah salah satu manfaat lain dari buah lontar. Lontar dapat menjadi gula buatan yang membantu menghindari diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah.

Konsumsi buah lontar diyakini tidak mengakibatkan kenaikan gula darah yang signifikan. Namun, pasien dengan diabetes harus mempertimbangkan untuk mengonsumsinya pada tingkat yang sangat rendah.

5. Menyejukkan Tubuh

Buah lontar dapat menjadi pendingin alami dan membantu menjaga tubuh tetap sejuk selama musim panas. Buah ini dapat juga membantu dalam mencegah sejumlah masalah karena panas seperti biang keringat, dehidrasi, kulit kering, gagal ginjal dan rambut rontok. 

Tidak hanya menghidrasi tubuh, tetapi juga membantu menggantikan nutrisi dan elektrolit yang hilang karena keringat berlebih. Buah lontar juga dapat memuaskan dahaga dan memberi energi untuk tetap aktif sepanjang hari.

Itulah pembahasan mengenai manfaat buah lontar untuk kesehatan. Apabila kamu perlu berkonsultasi ke dokter terkait masalah kesehatan, kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Benefit Times. Diakses pada 2022. Palmyra Fruit Facts and Health Benefits.
Med India Today. Diakses pada 2022. Health Benefits of Palmyra Fruit.