Ini 7 Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Desember 2023

“Buah dewandaru mengandung beragam vitamin dan mineral penting. Manfaatnya mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga kaya akan antioksidan.”

Ini 7 Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan yang Jarang DiketahuiIni 7 Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

DAFTAR ISI

1. Kandungan Nutrisi Buah Dewandaru

2. Berbagai Manfaat Buah Dewandaru


Halodoc, Jakarta – Buah dewandaru (Eugenia uniflora) atau ceri Surinam merupakan buah tropis dari keluarga myrtle (Myrtaceae). Pohonnya memiliki ketinggian mencapai 25 kaki dengan bunga berwarna putih.

Buahnya kecil, lebarnya sekitar 2 hingga 4 sentimeter. Setiap buah memiliki tujuh atau delapan rusuk vertikal, sehingga akan tampak seperti labu kecil. Saat berkembang, warnanya berubah dari hijau menjadi oranye. 

Nah, mau tahu apa saja kandungan nutrisi dan manfaat buah dewanrundu untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya!

Kandungan Nutrisi Buah Dewandaru

Buah dewandaru atau buah pitanga terkenal dengan beberapa nama, yaitu ceri suriname, ceri Brasil, ceri Florida, atau ceri cabai rawit. Asalnya dari Suriname dan beberapa negara Amerika Selatan, seperti Guyana, Brazil, serta Uruguay.

Dalam 100 gram buah dewandaru mengandung:

  • Air: 90.8 gram.
  • Kalori: 33 kilokalori.
  • Energi: 138 kilojoule.
  • Protein: 0.8 gram
  • Total lipid (lemak): 0.4 gram.
  • Karbohidrat: 7.49 gram.
  • Kalsium: 9 mg.
  • Besi: 0.2 mg.
  • Magnesium: 12 mg.
  • Fosfor: 11 mg.
  • Kalium: 103 mg.
  • Natrium: 3 mg.
  • Vitamin C: 26.3 mg.
  • Tiamin: 0.03 mg.
  • Riboflavin: 0.04 mg.
  • Niasin: 0.3 mg.
  • Vitamin A: 1500 mcg.

Berbagai Manfaat Buah Dewandaru

Buah dewandaru juga memiliki antioksidan dan vitamin C. Berkat beberapa kandungan baik di atas, buah ini memiliki sifat antiseptik, antitumor, astringen dan antibakteri yang mampu mendukung kesehatan tubuh keseluruhan.

Lantas, apa saja manfaat buah dewandaru?

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah dewandaru mengandung antioksidan yang kaya akan vitamin esensial, yang penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan ini diperlukan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Studi berjudul Vitamin C and immune function yang terbit pada Nutrients menemukan, vitamin C bekerja dengan merangsang migrasi neutrofil ke tempat infeksi, meningkatkan fagositosis dan pembentukan oksidan, serta pembunuhan mikroba. 

Dengan demikian, vitamin C diperlukan agar sistem kekebalan tubuh dapat meningkatkan dan mempertahankan respons yang memadai terhadap patogen, sekaligus menghindari kerusakan berlebihan pada jaringan tubuh.

Selain buah ceri surinam, ada juga jenis buah yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Namanya, markisa. Lebih jelasnya, silakan klik artikel ini: Ini 9 Manfaat Buah Markisa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Buah dewandaru bertindak sebagai astringen yang dapat mengeringkan sekresi. Artinya, kandungan tersebut digunakan dalam pengobatan diare dan penyakit pencernaan lainnya.

Sifat antiseptik dan astringen buah pitanga akan membantu mengatasi gangguan pencernaan jika dikonsumsi secara teratur. Kulit tanamannya digunakan untuk pengobatan kesehatan saluran cerna.

3. Memperbaiki fungsi paru-paru

Buah dewandaru memiliki sifat antiinflamasi, yang membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan paru-paru. Sifat tersebut dapat membantu mengurangi gejala pernapasan yang terkait dengan kondisi seperti asma atau bronkitis.

4. Memberikan energi tambahan

Vitamin B kompleks yang ada dalam buah dewandaru memberikan energi yang dibutuhkan untuk fungsi organ tubuh. Vitamin tersebut bekerja dengan enzim tertentu dan mencegah defisiensi yang berhubungan dengan kekurangan vitamin B kompleks.

5. Membantu menurunkan berat badan

Buah dewandaru diperkaya dengan senyawa penting yang dapat membantu membersihkan penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Meski dikonsumsi dalam jumlah banyak, buah tidak berkontribusi terhadap penambahan berat badan karena kandungan sedikit kalori. 

Ada lagi jenis buah yang juga efektif menurunkan berat badan, yaitu lontar. Klik artikel ini untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut: Ini 9 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh

6. Menjaga tekanan darah

Buah dewandaru memiliki sifat antihipertensi. Khasiatnya dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan membantu menjaga aliran darah normal serta memadai untuk disalurkan ke organ ginjal.

Sifat antihipertensi yang terkandung dalam buah ini juga membantu dalam mengobati tekanan darah tinggi dan mencegah komplikasi tekanan darah tinggi, seperti serangan jantung, gagal jantung, infark miokard, setta stroke.

7. Kaya antioksidan

Terakhir, buah dewandaru kaya akan antioksidan, seperti likopen, beta-cryptoxanthin, gamma-karoten, dan rubixanthin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kekuatan antioksidannya juga membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan membantu melawan aksi radikal bebas. Mengkonsumsi buah ini secara konsisten akan membantu mencegah radikal bebas yang merupakan penyebab utama peradangan dalam tubuh.

Itulah manfaat dari buah dewandaru yang bisa kamu peroleh jika rutin mengonsumsinya. Selain konsumsi buah dan makanan sehat lainnya, jangan lupakan vitamin dan suplemen yang dibutuhkan oleh keluarga.

Temukan produk lengkapnya hanya di Toko Kesehatan Halodoc dengan klik gambar di bawah ini.

toko kesehatan halodoc
Referensi:
FoodData Central Search Results. Diakses pada 2023. Pitanga, (surinam-cherry), raw.
WebMD. Diakses pada 2023. What Are the Health Benefits of Pitanga Fruit?
Finelib. Diakses pada 2023. About Nutritional Values and Health Benefits of Pitanga Berries.
Nutrients. Diakses pada 2023. Vitamin C and immune function.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan