Manfaat Kencur untuk Kecantikan yang Sayang Dilewatkan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Maret 2022

“Selain digunakan sebagai penguat rasa pada makanan, siapa sangka ternyata kencur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, rempah satu ini juga banyak dimanfaatkan untuk kecantikan. Ketahui apa saja manfaat kencur untuk kecantikan yang sayang untuk dilewatkan.”

Manfaat Kencur untuk Kecantikan yang Sayang DilewatkanManfaat Kencur untuk Kecantikan yang Sayang Dilewatkan

Halodoc, Jakarta – Kencur adalah rempah-rempah asli dari kawasan Asia Selatan. Tanaman ini memiliki keterkaitan yang erat dengan jahe dan kunyit serta telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Sama halnya dengan jahe dan kunyit, kencur juga dapat dimakan segar atau dimasak. 

Rempah satu ini merupakan tambahan yang populer untuk banyak masakan China, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Pemanfaatan kencur dalam bidang kesehatan berupa membantu mencegah kanker, menunjang kesuburan pria, mengurangi nyeri dan peradangan, serta membantu mencegah infeksi. 

Berbagai Manfaat Kencur untuk Kecantikan

Manfaat kencur untuk kesehatan memang sudah tidak asing lagi. Meski begitu, kencur juga banyak dimanfaatkan untuk menunjang kecantikan dan kesehatan kulit. Berikut ini beberapa manfaat kencur untuk kecantikan:

  1. Membantu Menyamarkan Tanda Penuaan
Manfaat Kencur untuk Kecantikan yang Sayang Dilewatkan

Kandungan antioksidan memang sangat mendukung kesehatan kulit, tetapi kencur dapat membantu menyamarkan tanda yang berkaitan dengan penuaan dini pada kulit. Ekstrak lengkuas membantu meningkatkan produksi asam hialuronat pada tubuh. Senyawa ini secara efektif membantu pengurangan garis halus dan kerutan, peningkatan pancaran kulit, dan elastisitas kulit.

Selain itu, kencur juga membantu menenangkan eksim, luka bakar dan gatal, dan infeksi jamur. Adanya kandungan vitamin C membuat tanaman rempah ini juga membantu memaksimalkan proses peremajaan kulit.

  1. Membantu Mencerahkan Kulit
Manfaat Kencur untuk Kecantikan yang Sayang Dilewatkan

Ekstrak kencur memiliki kandungan Ethyl p-methoxycinnamic acid minimal 98 persen. Kandungan tersebut membuat kencur memberikan manfaat yang luar biasa pada kulit. Misalnya, ekstrak kencur memberi manfaat pencerah kulit serta melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

  1. Membuat Kulit Tampak Lebih Halus
Manfaat Kencur untuk Kecantikan yang Sayang Dilewatkan

Efek pro-sirkulasi dan anti-radikal bebas membuat ekstrak kencur efektif untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah, masalah umum yang membuat kulit tampak kusam dan tidak bercahaya. Melalui peningkatan mikrosirkulasi, efek tersebut akan membantu meningkatkan pasokan nutrisi dan oksigen pada kulit. 

Alhasil, kulit mendapatkan kembali warna dan cahayanya. Selain itu, kencur juga tinggi akan antioksidan sekaligus merangsang pembentukan asam hialuronat pada tubuh secara alami. Efek tersebut bisa membantu membuat kulit tampak lebih halus.

Waspada Efek Samping Penggunaan Kencur Berlebihan

Kencur memang telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Tanaman ini bisa dikatakan aman bila dikonsumsi dalam jumlah yang biasanya ditemukan dalam makanan. Artinya, konsumsi kencur yang berlebihan bisa memicu munculnya dampak pada kesehatan. 

Sebuah studi yang dilakukan pada hewan dan diterbitkan dalam jurnal Molecules menyebutkan bahwa penggunaan kencur yang berlebihan berdampak pada penurunan tingkat energi, kurang nafsu makan, buang air kecil berlebihan, diare, koma, bahkan hingga kematian. Akan tetapi, potensi efek sampingnya pada manusia masih belum banyak dipelajari. 

Jika kamu merasakan adanya gejala kesehatan, jangan tunda untuk melakukan pengobatan. Kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk memudahkan tanya jawab dengan dokter spesialis setiap saat. Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu pakai untuk beli obat dan vitamin atau membuat janji temu dokter di rumah sakit terdekat. Yuk, download aplikasi Halodoc di ponsel kamu sekarang!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Galangal Root: Benefits, Uses, and Side Effects.
Abdulelah H Al-Adhroey, et al. 2010. Diakses pada 2022. Median lethal dose, antimalarial activity, phytochemical screening and radical scavenging of methanolic Languas galanga rhizome extract. Molecules 15(11): 8366-76.
Conserve Energy Future. Diakses pada 2022. 13 Amazing Health Benefits of Galangal.
Business Standard. Diakses pada 2022. Treat your skin with natural ingredients this summer.
L’oreal Paris. Diakses pada 2022. Galanga: The Plant Ingredient with Anti Aging Effects.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan