Inilah Manfaat Teh Hijau untuk Perawatan Wajah

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   15 Mei 2020
Inilah Manfaat Teh Hijau untuk Perawatan WajahInilah Manfaat Teh Hijau untuk Perawatan Wajah

Halodoc, Jakarta - Teh hijau diketahui memiliki banyak manfaat untuk penampilan dan kecantikan. Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan fungsi otak, teh hijau juga memiliki khasiat untuk perawatan kulit wajah.

Tidak heran jika teh hijau mulai berkembang sebagai bahan yang terkandung dalam produk kecantikan. Teh hijau memiliki berbagai sifat terapeutik yang dapat bermanfaat bagi kulit dalam berbagai cara. Beberapa manfaat yang terpenting untuk kesehatan kulit wajah di antaranya:

1. Melindungi Kulit Wajah dari Kanker Kulit

Teh hijau mengandung polifenol dan enam jenis katekin, dengan epigallocatechin gallate (EGCG) dan epicatechin gallate (ECG) yang memiliki potensi paling besar untuk merawat kulit wajah. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan. 

Baca juga: 10 Langkah Perawatan Kulit ala Wanita Korea

Antioksidan merupakan molekul yang memiliki kemampuan melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat membahayakan tubuh, kesehatan, dan kulit jika kadarnya terlalu tinggi. Mereka dapat menyebabkan kerusakan sel dan telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk kanker. 

Kekuatan antioksidan EGCG dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Ini dapat membantu melindungi kulit wajah dari kanker kulit non-melanoma. 

2. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan EGCG yang berlimpah dalam teh hijau, memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit yang rusak. Dengan melindungi dan memperbaiki sel-sel, antioksidan ini dapat memerangi tanda-tanda penuaan dini dan membuat kulit kusam terlihat lebih sehat. 

Vitamin dalam teh hijau, terutama vitamin B-2, juga dapat membuat kulit terlihat lebih muda. Vitamin B-2 memiliki kemampuan untuk mempertahankan kadar kolagen yang dapat meningkatkan kekencangan kulit. 

Baca juga: 7 Perawatan Kulit Agar Wajah Segar Kembali Sebelum Bekerja

3. Mengurangi Kemerahan dan Iritasi

Teh hijau juga memiliki sifat antiinflamasi berkat kandungan polifenol teh yang tinggi. Sifat anti-inflamasi teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan. Mengaplikasikan teh hijau pada kulit juga dapat menenangkan luka kecil dan terbakar sinar matahari. 

Karena sifat anti-inflamasinya, teh hijau topikal dapat sebagai obat yang efektif untuk banyak kondisi dermatologis. Yaitu menenangkan iritasi dan gatal-gatal yang disebabkan oleh psoriasis, dermatitis, dan rosacea, dan mungkin juga bermanfaat untuk mengobati keloid. 

4. Mengobati Jerawat

Sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba dalam teh hijau dapat menjadikannya pengobatan yang efektif untuk jerawat dan kulit berminyak. Polifenol dalam teh hijau ketika diterapkan pada kulit dapat membantu sekresi sebum yang dapat menyebabkan jerawat. 

Polifenol dalam teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan merusak membran bakteri. Ini berarti teh hijau dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. 

Baca juga: 5 Perawatan Kecantikan Wanita Setiap Hari

5. Melembapkan Kulit

Teh hijau mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin E. Vitamin satu ini dikenal kemampuannya sebagai pemelihara dan pelembap kulit, serta mengurangi kulit kasar. 

Dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba, masker wajah mengandung teh hijau dapat membantu kulit wajah dalam berbagai cara. Tidak hanya dapat melindungi kulit dari penuaan dini, kerusakan UV, kemerahan, dan iritasi, tapi juga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Untuk membuat masker wajah teh hijau pun mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak. Selain itu, produk perawatan kulit mengandung teh hijau pun sangat mudah ditemukan. Jika kamu tidak yakin apakah wajah kamu cocok untuk menggunakan produk dengan kandungan teh hijau, sebaiknya tanyakan pada dokter kulit melalui aplikasi Halodoc sebelum menggunakannya. Kamu dapat dengan mudah berinteraksi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc dengan download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 5 Benefits of a Green Tea Face Mask and How to Make One.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan