7 Perawatan Kulit Agar Wajah Segar Kembali Sebelum Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
7-perawatan-kulit-agar-wajah-segar-kembali-sebelum-bekerja-halodoc

Halodoc, Jakarta – Libur lebaran sebentar lagi usai. Tentunya tubuh dan pikiran kamu sudah terasa segar kembali kan sehabis menjalani liburan panjang kemarin? Namun, bagaimana dengan kulit kamu? Setelah liburan, kulit wajah kebanyakan orang biasanya cenderung menjadi kusam.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kelelahan, kurang minum air putih, ataupun lupa melakukan perawatan kulit. Apalagi bila saat liburan, kamu juga sering terpapar sinar matahari. Jadi, sebelum kembali bekerja, lakukan dulu perawatan kulit berikut agar wajah segar kembali.

1. Pijat

Ini adalah cara termurah dan paling efektif untuk merawat wajah yang lelah setelah liburan. Caranya juga sangat mudah, cukup ambil sedikit minyak zaitun extra virgin dan pijatkan ke seluruh wajah dengan ujung jari. Pijat wajah berulang-ulang dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 5 menit. Cara ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah, sehingga wajah kembali segar merona.

2. Eksfoliasi Kulit

Melakukan eksfoliasi kulit juga enggak kalah penting untuk kesehatan dan kesegaran wajah kamu. Dengan melakukan perawatan ini, kamu bisa menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang ada pada wajah, sehingga kulit bisa kembali bercahaya dan cantik alami. Gunakan lah scrub wajah ringan untuk mengelupaskan kulit.

Baca juga: 5 Tips Aman Eksfoliasi Kulit Wajah

3. Gunakan Masker Wajah

Setelah lelah berlibur, manjakanlah kulit wajah kamu dengan mengaplikasikan masker. Selain bisa menghilangkan kotoran wajah, masker juga bisa membantu menutup pori-pori wajah yang membesar, sekaligus membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal dan segar. Pilihlah masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

4. Kompres Wajah dengan Handuk Dingin

Kompres dingin adalah perawatan kulit lain yang bisa membantu wajah kamu kembali segar setelah liburan. Caranya, bungkus 2–3 balok es batu dalam sebuah handuk bersih, lalu letakkan di atas kulit. Kompres dingin wajah selama beberapa menit untuk menyegarkan kulit wajah.

5. Masker Mentimun

Setelah lelah berlibur, istirahatkanlah wajah kamu dengan mengaplikasikan masker timun. Kandungan air yang banyak dalam mentimun akan menghidrasi kulit kamu, sehingga membuatnya menjadi segar kembali. Letakkan beberapa irisan timun ke seluruh wajah dan biarkan selama 5–10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

6. Uap Wajah

Uap wajah adalah perawatan kulit yang sangat efektif untuk mengeluarkan tumpukan kotoran dari dalam wajah. Perawatan ini juga membebaskan pori-pori, sehingga kulit terasa ringan dan segar. Caranya, siapkan wadah berisi air panas dan dekatkan wajah ke atasnya.

Tutup kepala menggunakan handuk kecil dan tahan selama 10 menit untuk menghilangkan racun dan kotoran dari pori-pori. Setelah selesai, keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk kulit, kemudian oleskan pelembab berbahan ringan agar wajah menjadi halus dan segar.

Baca juga: Basmi Komedo dengan Air Hangat, Begini Caranya

7. Masker Putih Telur dan Madu

Satu lagi perawatan kulit yang bisa kamu lakukan untuk membuat wajah segar kembali sebelum bekerja, yaitu dengan mengaplikasikan masker putih telur dan madu. Putih telur dipercaya bisa mengencangkan kulit, sedangkan madu mengandung vitamin dan mineral yang cukup untuk menambah nutrisi kulit kamu.

Gunakan masker madu dan putih telur seminggu sekali sebelum tidur. Caranya sangat mudah, campurkan putih telur dengan madu, kemudian oleskan ke permukaan kulit wajah secara merata dan diamkan semalaman. Segera cuci wajah keesokan harinya setelah bangun. Dengan melakukan perawatan kulit ini secara rutin, dijamin wajah akan kembali halus dan berseri.

Baca juga: 10 Langkah Perawatan Kulit ala Wanita Korea

Itulah 7 perawatan kulit yang bisa kamu lakukan agar wajah segar kembali sebelum bekerja. Bila kulit wajahmu bermasalah atau timbul iritasi bahkan mengelupas, coba tanyakan ke dokter kulit lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.