• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kulit Sehat ala Wanita Korea, Ini Perawatannya

Kulit Sehat ala Wanita Korea, Ini Perawatannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Beberapa tahun terakhir, perawatan kulit ala wanita Korea digandrungi wanita di Indonesia. Mulai dari make up hingga skin care. Belum lagi banyaknya produk-produk kecantikan dari Korea yang masuk ke Indonesia. Dengan berbagai inovasi yang ditawarkan, tentu membuat kamu bingung. Perawatan seperti apa yang sebenarnya efektif?

Memiliki kulit cantik dan mulus seperti wanita Korea sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Sebab, wanita Korea memiliki beauty routine yang selalu mereka lakukan setiap hari. Dengan rutin melakukan kebiasaan ini, kamu dapat merawat kulit menjadi lebih cantik, sehat, dan bercahaya.

1. Minum Cukup Air Putih

Wanita Korea sangat memperhatikan asupan air yang mereka minum setiap hari agar tidak dehidrasi. Mereka meyakini jika air putih yang cukup dapat membantu melembapkan serta menyehatkan kulit dari dalam. 

Baca juga: 5 Perawatan Kecantikan Wanita Setiap Hari

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Selain air putih, wanita Korea juga menyukai buah dan sayuran. Dalam menu makanan harian, mereka akan selalu mengonsumsi buah dan sayur. Misalnya saja kimchi yang selalu ada dalam menu makanan. Setelah makan, wajib mencicipi pencuci mulut seperti buah. Buah dan sayur mengandung serat tinggi yang dapat membantu menyehatkan pencernaan dan baik juga untuk menambah asupan air dalam tubuh. 

3. Membersihkan Wajah

Perawatan cantik kulit wanita korea dimulai dari membersihkan wajah.  Bukan satu atau dua langkah, tetapi ada beberapa langkah khusus untuk membersihkan sekaligus merawat kulit seperti cleansing, toning, hingga moisturizing. Bukan hanya itu, wanita korea juga memiliki beberapa jenis perawatan kulit sesuai dengan kondisi mereka. Misalnya saja khusus untuk kulit berjerawat, kulit kering, dan kulit berminyak. Karena memiliki empat musim, jadi kondisi kulit mereka dapat berbeda-beda sesuai cuaca. 

Salah satu teknik membersihkan wajah yang paling populer adalah 4-2-4. Mulai dari membersihkan wajah dengan cleansing oil selama 4 menit, dilanjutkan dengan menggunakan cleansing foam atau facial wash selama 2 menit, dan membilasnya selama 4 menit menggunakan air hangat dan air dingin. Mereka juga mengaplikasikan toner dengan ujung jari, dan sebelum menggunakan moisturizer, mereka menggosokkan kedua tangan agar lebih hangat dan moisturizer lebih mudah meresap. 

4. Masker Wajah Secara Rutin

Masker wajah adalah salah satu produk kecantikan yang populer dan banyak diincar. Setelah seharian menggunakan make up kulit wajah jadi lelah. Dengan menggunakan masker, maka dapat membuat otot wajah jadi lebih rileks. Kamu dapat mencoba masker tradisional seperti masker dari putih telur dan madu. Wanita korea juga memiliki kebiasaan untuk menggunakan dua macam masker setiap minggunya, satu masker untuk membersihkan dan satu lagi untuk menutrisi kulit, sehingga kulit tampak lebih halus.

Baca juga: Perlu Dilakukan Sesuai Umur, Ini 6 Perawatan Kecantikan untuk Remaja

5. Aplikasikan Krim Pelembap

Untuk mencegah penuaan dini, wanita Korea biasanya rajin menggunakan neck cream. Mereka menggunakan neck cream untuk menjaga elastisitas kulit leher. Neck cream ini digunakan dengan dioleskan mulai dari ujung leher bagian atas hingga dada, sehingga hasilnya lebih memuaskan. 

Bukan cuma krim pelembap wajah atau leher, wanita korea juga rutin melembapkan bibir dan mata. Mereka menggunakan masker khusus bibir dan mata lalu menggunakan lip dan eye cream sebelum tidur. 

6. Tidur yang Cukup

Meskipun banyak aktivitas, tidur cukup merupakan salah satu cara paling mudah untuk menjaga dan merawat kulit. Pastikan kamu juga mendapatkan waktu tidur yang tepat selama 6 hingga 8 jam dalam sehari. 

7. Pilih Skincare Daripada Makeup

Jangan hanya menggunakan make up, pastikan kamu juga memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Sesuaikan produk skin care yang kamu butuhkan dengan kondisi kulit. Misalnya untuk produk perawatan kulit berjerawat dan kulit berminyak dapat digunakan bergantian sesuai masalah kulit yang muncul.

Baca juga: Ini Tips Perawatan Kecantikan untuk Kulit Cerah

Itulah beberapa rangkaian perawatan wajah ala wanita Korea yang bisa kamu tiru. Jika kamu memiliki keluhan seputar kulit wajah dan masalah kecantikan lainnya, jangan ragu untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kini komunikasi dengan dokter lebih mudah melalui aplikasi Halodoc karena bisa diakses kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang!

 

Referensi:
Cosmopolitan. Diakses pada 2020. Everything you need to know about Korean skincare routines.