• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Tunda Pekerjaan saat WFH, Ini Cara Mencegahnya

Sering Tunda Pekerjaan saat WFH, Ini Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Ada banyak perbedaan saat kamu bekerja di rumah atau work from home (WFH) dengan bekerja di kantor. Banyaknya gangguan saat WFH terkadang membuat kamu menjadi malas dan sering menunda pekerjaan yang menjadi kewajiban. Hal ini dapat memberikan dampak pada kehidupan. Pekerjaan yang seharusnya lebih cepat selesai ketika dikerjakan, justru mengganggu waktu istirahat yang menyebabkan kamu tidak dapat beristirahat dengan optimal.

Baca juga: Ketahui Pemicu Stres saat Bekerja dari Rumah

Padahal, pada masa pandemi seperti ini, istirahat dengan optimal diperlukan untuk membuat daya tahan tubuh tetap optimal agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Lalu, bagaimana caranya untuk mencegah rasa malas dan menunda pekerjaan yang semakin menumpuk? Ini ulasannya.

Cegah Tunda Pekerjaan saat WFH dengan Cara Ini

Tentunya, kebiasaan ini dapat menyebabkan pekerjaan menjadi menumpuk dan hasil yang dikerjakan menjadi tidak maksimal. Bukan tidak mungkin, kamu malah mengerjakan pekerjaan hingga lembur saat WFH. Kondisi ini menyebabkan kamu kekurangan waktu istirahat. Melansir Cleveland Clinic, ada beberapa gangguan kesehatan yang dialami oleh seseorang yang kekurangan istirahat, seperti menurunnya kemampuan berpikir, perubahan suasana hati yang tidak menentu, hingga menurunnya kualitas hidup seseorang.

Baca juga: Beres-Beres Rumah saat Istirahat WFH Dapat Redakan Stres

Jadi, mulai sekarang hindari menunda pekerjaan agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu. Jangan khawatir, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kebiasaan menunda pekerjaan saat WFH, yaitu:

1. Buatlah Ruangan yang Nyaman untuk Bekerja

Saat akan melakukan WFH, sebaiknya siapkan ruangan yang nyaman untuk bekerja. Sebaiknya hindari melakukan WFH di kamar atau di kursi yang terlalu nyaman karena menyebabkan fokus pekerjaan menurun.

Bekerja di dalam kamar dapat menurunkan kualitas tidur. Tidak hanya itu, kamu akan kesulitan membedakan waktu untuk beristirahat dan bekerja, inilah yang menyebabkan kamu selalu menunda pekerjaan yang seharusnya kamu kerjakan tepat waktu.

2. Mulailah Mengerjakan Sesuatu

Sebaiknya saat kamu melakukan WFH selalu mulai dengan mengerjakan sesuatu. Tidak perlu yang langsung melakukan pekerjaan yang rumit, tidak ada salahnya membereskan data-data yang akan kamu kerjakan, membuat dokumen baru, melakukan pengecekan terhadap pekerjaan yang akan kamu kerjakan. Setelah itu, segera lakukan pekerjaan utama yang akan kamu lakukan dengan begitu, kamu tidak akan semakin menumpuk pekerjaan yang seharusnya dapat kamu selesaikan tepat waktu.

3. Gunakan Pakaian Kerja

Saat WFH tentu banyak dari kamu yang masih bekerja dengan menggunakan pakaian rumah atau pakaian santai. Sebagai pekerja profesional, sebaiknya gunakan pakaian yang pantas untuk bekerja agar semangat untuk bekerja juga ikut meningkat. Bekerja menggunakan pakaian rumah atau piyama tentunya membuat produktivitas menurun. 

4. Sampaikan Target yang Harus Dikerjakan pada Diri Sendiri

Tidak ada salahnya bangun lebih awal dan bersiap untuk bekerja sesuai dengan jam kerja di kantor. Sampaikan target yang akan kamu kerjakan hari itu pada diri sendiri. Buatlah deadline dan atur waktu dengan baik agar kamu dapat melakukan pekerjaan tepat waktu sesuai jadwal yang kamu atur.

5. Penuhi Kebutuhan Nutrisi dan Gizi

Saat WFH bukan artinya kamu bisa mengonsumsi makanan kapan saja atau bahkan menunda makan siang. Tetaplah penuhi gizi dan nutrisi selama WFH agar kesehatan kamu tetap optimal. Melansir Medical News Today, seseorang yang mengalami kekurangan nutrisi dapat mengalami kelelahan dan sulit untuk berkonsentrasi.

Jadi, tidak ada salahnya untuk tetap atur waktu bekerja dan makan siang agar WFH kamu berjalan produktif. Jangan ragu untuk segera bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc jika kamu mengalami gangguan kesehatan selama WFH.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Nafsu Makan Berlebih saat WFH

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan menunda pekerjaan selama WFH. Jangan lupa untuk penuhi asupan cairan dalam tubuh agar kamu terhindar dari dehidrasi selama WFH. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Malnutrition: What You Need to Know
Pop Sugar. Diakses pada 2020. I Use This 7 Tips to Avoid Procrastination and Stay Productive While WFH
Buffer. Diakses pada 2020. The Science Behind Why We Should Never Work From Bed
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. What Happens to Your Body When You Don’t Get Enough Sleep