Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus untuk Kesehatan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Desember 2023

“Timun rebus menawarkan banyak manfaat berkat kandungan vitamin dan mineralnya. Khasiatnya termasuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, menyediakan antioksidan, hingga membantu menurunkan berat badan.”

Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus untuk KesehatanIni 7 Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus untuk Kesehatan

DAFTAR ISI

1. Kandungan Nutrisi di Dalam Timun

2. Berbagai Manfaat Timun Rebus untuk kesehatan


Halodoc, Jakarta – Mentimun merupakan buah bergizi dengan kandungan tinggi air. Mengonsumsi makanan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu cara mengolah mentimun adalah dengan merebusnya. Timun rebus sendiri hidangan yang melibatkan proses perebusan timun dan sedikit garam sampai bertekstur lembut. 

Nah, mau tahu apa saja kandungan nutrisi dan manfaat timun rebus untuk kesehatan? Berikut ulasannya!

Kandungan Nutrisi di Dalam Timun

Mentimun mengandung rendah kalori tetapi memiliki banyak vitamin dan mineral penting. Dalam satu mentimun sebanyak 300 gram yang belum dikupas memiliki beberapa kandungan, seperti:

  • Kalori: 45 kilokalori.
  • Total lemak: 0 gram.
  • Karbohidrat: 11 gram.
  • Protein: 2 gram.
  • Serat: 2 gram.
  • Vitamin C: 14% dari recommended daily intake (RDI) atau rekomendasi harian tubuh.
  • Vitamin K: 62% dari RDI.
  • Magnesium: 10% dari RDI.
  • Kalium: 13% dari RDI.
  • Mangan: 12% dari RDI.

Selain beberapa kandungan di atas, mentimun juga memiliki kandungan tinggi air. Jumlahnya sekitar 96% dari total buah keseluruhan.

Untuk memaksimalkan kandungan nutrisinya, kamu sebaiknya memakan mentimun tanpa dikupas. Mengupasnya justru akan mengurangi jumlah serat, vitamin, dan mineral tertentu.

Berbagai Manfaat Timun Rebus untuk kesehatan

Timun rebus memiliki rasa yang lembut dan agak gurih karena tambahan garam dalam proses pemasakan. Rasanya masih seperti timun, tetapi dengan tekstur yang lebih lembut ketimbang timun mentah.

Mengonsumsi timun rebus dengan berbagai kandungan baik di atas memiliki banyak manfaat baik, seperti:

1. Mengandung tinggi antioksidan

Timun rebus mengandung antioksidan, yaitu molekul yang berfungsi untuk menghambat atau mencegah oksidasi, suatu reaksi kimia yang membentuk radikal bebas. 

Antioksidan bekerja dengan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas. Radikal bebas ini lah yang dikaitkan dengan berbagai penyakit dan penuaan dini. 

Penelitian berjudul Free radicals, antioxidants in disease and health yang terbit pada International Journal of Biomedical Science menemukan, stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas telah dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung, paru-paru, dan autoimun.

Tak hanya antioksidan, studi lain menyebutkan, mentimun mengandung flavonoid dan tanin, yaitu dua kelompok senyawa yang sangat efektif dalam memblokir radikal bebas berbahaya.

2. Menghidrasi tubuh

Air sangat penting untuk fungsi tubuh dan memainkan banyak peran penting untuk kesehatan. Zat ini terlibat langsung dalam proses seperti pengaturan suhu dan pengangkutan produk limbah serta nutrisi.

Studi berjudul Contribution of water from food and fluids to total water intake: Analysis of a French and UK population surveys yang terbit pada Nutrients menemukan, mentimun terdiri dari 96% air, sehingga sangat efektif untuk menghidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Meskipun sebagian besar kebutuhan cairan dapat terpenuhi melalui konsumsi air, penelitian menemukan bahwa beberapa orang mendapatkan 40% asupannya dari total airnya dalam makanannya.

Tak hanya mentimun, intip dalam artikel ini rekomendasi buah tinggi air yang juga dapat menghidrasi tubuh: Cicip 7 Buah Ini untuk Tambah Cairan Tubuh.

3. Membantu menurunkan berat badan

Khasiat ini terjadi karena timun mengandung rendah kalori. Setiap satu cangkir (104 gram) hanya mengandung 16 kalori, sedangkan mentimun seberat 11 ons (300 gram) hanya mengandung 45 kalori.

Artinya, kamu bisa mengonsumsi mentimun rebus tanpa mengkhawatirkan peningkatan kalori yang memicu penambahan berat badan. Selain itu, kandungan tinggi airnya juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Mau tahu cara menurunkan berat badan yang efektif? Baca di artikel ini: “13 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Alami

4. Menurunkan tekanan darah

Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah banyaknya asupan garam (natrium) dan terlalu sedikit potasium. Kelebihan garam menyebabkan tubuh menahan cairan, sehingga meningkatkan tekanan darah. 

Timun rebus merupakan sumber potasium yang efektif membantu menurunkan tekanan darah. Asupan tersebut bekerja dengan cara mengimbangi efek natrium dalam tubuh.

5. Mencegah masalah pencernaan

Dehidrasi adalah pemicu utama sembelit, karena dapat mengubah keseimbangan air dan mempersulit buang air besar. Dengan mengonsumsi timun rebus, makanan ini dapat membantu mendorong pergerakan usus.

Alasannya karena mentimun mengandung banyak air dan mampu meningkatkan hidrasi. Langkah ini dapat meningkatkan konsistensi tinja, mencegah sembelit, dan membantu menjaga keteraturan BAB.

Jika masalah sembelit tak kunjung membaik dengan mengonsumsi timur rebus, kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi obat pelancar BAB dalam artikel ini: Ini 7 Rekomendasi Obat Pelancar BAB yang Ampuh.

6. Mendukung kesehatan kulit

Manfaat timun rebus ini lagi-lagi berasal dari kandungan tinggi air di dalamnya. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, timun rebus juga kaya akan asam pantotenat atau vitamin B5 yang mampu mengobati jerawat. Dalam satu cangkir irisan mentimun mengandung 5% kebutuhan vitamin B5 harian.

Mau tahu cara merawat wajah agar tidak kusam? Baca artikel ini: “Ini 11 Cara Ampuh Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

7. Mencegah perkembangan sel kanker

Studi ilmiah berjudul Abstract 612: Fisetin, a dietary flavonoid and novel mTOR inhibitor for treatment and prevention of prostate cancer, yang terbit pada American Association for Cancer Research, menemukan bahwa mentimun dapat membantu melawan kanker. 

Selain antioksidan, mentimun juga memiliki senyawa yang disebut cucurbitacins dan sekelompok nutrisi yang disebut lignan. Semua nutrisi tersebut yang berperan dalam melindungi diri dari sel-sel kanker.  Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat ini. 

Tak hanya dengan mentimun, penyakit berbahaya ini juga dapat kamu cegah dengan beberapa langkah dalam artikel ini: Cegah Kanker dengan CERDIK.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi timun rebus. Terkait dengan takaran yang sesuai dengan kondisi kesehatan, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis gizi klinik di Halodoc.✔️

Referensi:
Pharm Easy. Diakses pada 2023. 10 Health Benefits Of Cucumber That You Should Know.
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Health Benefits of Eating Cucumber.
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Benefits of Cucumber Water: Stay Hydrated and Healthy.
International Journal of Biomedical Science. Diakses pada 2023. Free radicals, antioxidants in disease and health.
Nutrients. Diakses pada 2023. Contribution of water from food and fluids to total water intake: Analysis of a French and UK population surveys.
American Association for Cancer Research. Diakses pada 2023. Abstract 612: Fisetin, a dietary flavonoid and novel mTOR inhibitor for treatment and prevention of prostate cancer.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan