• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Alter Ego dan Ciri Ciri Orang yang Memilikinya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Alter Ego dan Ciri Ciri Orang yang Memilikinya

Mengenal Alter Ego dan Ciri Ciri Orang yang Memilikinya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 November 2022

“Alter ego adalah kepribadian lain yang ditampilkan dan berbanding terbalik dengan kehidupan nyatanya. Belakangan ini, banyak orang yang membuat alter ego di sosial media agar bebas berpendapat dengan akun anonim.”

Mengenal Alter Ego dan Ciri Ciri Orang yang MemilikinyaMengenal Alter Ego dan Ciri Ciri Orang yang Memilikinya

Halodoc, Jakarta – Dalam beberapa film dengan tema super hero, umumnya pemeran utamanya memiliki dua sisi berbeda agar identitas utamanya tidak diketahui. Contohnya, Spider-Man merupakan pahlawan dengan kemampuannya seperti laba-laba, tetapi di sisi lain adalah Peter Parker yang merupakan pelajar cerdas tapi kurang populer.

Pada dunia nyata, bisa jadi beberapa orang memiliki persona di dunia maya yang berbanding terbalik dengan yang ada di dunia nyata. Seseorang dengan kondisi ini terkadang bergerak dalam akun anonim, sehingga tidak mudah dikenali di dunia nyata.

Alter ego sendiri berasal dari bahasa Latin dan juga bahasa Yunani, állos egṓ, dengan pengertian diri kedua atau teman terpercaya. Pada beberapa kasus, dirinya sendiri yang mengendalikan sisi lain tersebut, tetapi bisa juga dirinya tidak menyadari akan kondisi tersebut.

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Alter Ego

Alter ego termasuk dalam gangguan identitas disosiatif, dikenal juga dengan gangguan kepribadian ganda. Pengidapnya memiliki dua atau lebih kepribadian yang memiliki perbedaan signifikan, disebut juga alter.

Nah, ciri-ciri seseorang yang memiliki alter ego utamanya adalah perubahan antara dua pribadi yang terpisah. Lalu, gejala lainnya yang mungkin terjadi, antara lain:

  • Memiliki dua atau lebih kepribadian yang terpisah dengan identitas diri dan persepsi sendiri.
  • Perubahan yang berbanding terbalik dalam perasaan diri sendiri.
  • Kesenjangan yang sering terjadi dalam ingatan, termasuk lupa akan kejadian sehari-hari.

Saat kepribadian lainnya mengambil alih, seseorang dengan alter ego bisa jadi sangat berbeda dari biasanya. Bahkan, kepribadian lainnya dapat melakukan kebiasaan yang tidak dilakukan sebelumnya, seperti merokok atau berkata kasar.

Dapatkah Seseorang Membuatnya?

Pada dasarnya, semua orang bisa membuat alter ego untuk dirinya sendiri. Sebab, sebagian besar dikembangkan secara sadar meskipun jelas dipengaruhi oleh pengalaman hidup dan keadaan sekitar.

Sebelum itu, tentukan tujuan dalam membuat alter ego. Beberapa orang membuatnya untuk bersenang-senang atau untuk mencurahkan kepribadian yang berbanding terbalik dengan kenyataan. Kamu bisa membuat alter ego yang diinginkan asalkan tidak melupakan kenyataan.

Langkah yang bisa dilakukan adalah:

  • Tentukan kepribadian yang ingin dibentuk.
  • Ciptakan tampilan untuk bagian lain dari diri ini.
  • Beri nama alter ego seperti yang diinginkan.
  • Ambil identitas baru tersebut menyesuaikan konteks yang ingin ditampilkan.

Di sisi lain, pastikan untuk menjaga kepribadian yang sesungguhnya, sehingga terdapat batas antara realitas dan alter ego yang dibuat.

Selalu Berhati-Hati dengan Alter Ego yang Dimiliki

Memang memiliki kepribadian yang berbeda dari diri sendiri tidak selalu negatif. Namun, ada baiknya berhati-hati dalam menyalahgunakan alter ego, sebab bisa jadi memberikan dampak buruk pada pribadi yang sebenarnya.

Selain itu, memang alter ego bisa digunakan untuk menjamin anonimitas seseorang. Meski begitu, alangkah baiknya tidak menggunakannya untuk melarikan diri dari kenyataan dan berpura-pura menjalani kehidupan yang tidak dimiliki.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan berinteraksi dengan psikolog atau psikiater ahli. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Literary Terms. Diakses pada 2022. Alter Ego.
Life Persona. Diakses pada 2022. What does it mean to have an Alter Ego? (Psychology).
Medical News Today. Diakses pada 2022. Split personality disorder: Signs, symptoms, causes, diagnosis, and more.