Mengenal Cordyceps, Jamur Langka yang Punya Banyak Manfaat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Januari 2023

“Cordyceps merupakan jamur parasit yang menginfeksi serangga. Jamur ini sudah lama digunakan sebagai pengobatan dan bermanfaat untuk meningkatkan performa olahraga, memperlambat penuaan, mencegah tumor, dan lain-lain.”

Mengenal Cordyceps, Jamur Langka yang Punya Banyak ManfaatMengenal Cordyceps, Jamur Langka yang Punya Banyak Manfaat

Halodoc, Jakarta – Belakangan ini, serial HBO ‘The Last of Us’ sukses mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat karena mengambil latar belakang Indonesia. Dalam serial tersebut diceritakan bahwa Indonesia yang menjadi tempat awal penyebaran wabah mengerikan yang disebabkan oleh jamur Cordyceps. Infeksi jamur tersebut memicu manusia menjadi zombi.

Jamur Cordyceps sendiri sebenarnya merupakan jenis jamur yang nyata. Fungi ini bahkan ada di Indonesia dan biasanya bisa ditemukan di wilayah hutan dan wilayah yang bercuaca panas. Namun, Cordyceps tidak akan mengubah manusia menjadi zombi seperti dalam serial ‘The Last of Us’. Sebaliknya, jamur langka ini berpotensi memberikan sejumlah manfaat baik untuk kesehatan.

Mengenal Jamur Cordyceps

Cordyceps adalah genus jamur parasit yang tumbuh pada larva serangga. Jenis jamur ini biasanya menginfeksi atau menyerang serangga atau hewan beruas (arthropoda), seperti udang, laba-laba, lipan, dan lain-lain.

Saat hendak menyerang inangnya, mereka akan mengganti jaringannya dan menumbuhkan batang panjang dan ramping yang tumbuh di luar tubuh inang. 

Jamur Cordyceps sudah dikumpulkan dengan tangan, dikeringkan dan digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sejak lama. Jamur ini diyakini membantu mengatasi kelelahan dan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit ginjal dan dorongan seks yang menurun.

Dari sekitar 750 spesies yang ada, dua yang umum digunakan dan tersedia secara komersial adalah Cordyceps sinensis dan militaris. Namun, fungi ini cukup sulit didapat dan kemungkinan harganya mahal.

Berbagai Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan

Berdasarkan penelitian, ada lima manfaat Cordyceps untuk kesehatan:

1. Meningkatkan performa olahraga

Cordyceps dipercaya bisa meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) tubuh, yang penting untuk memberikan energi ke otot.

Hal ini bisa meningkatkan cara tubuh menggunakan oksigen, terutama saat berolahraga.

Menurut penelitian, jamur langka ini sudah terbukti bisa meningkatkan kinerja olahraga pada orang dewasa yang lebih tua dan lebih muda, tetapi tidak pada atlet yang terlatih.

2. Memperlambat penuaan

Peneliti percaya bahwa kandungan antioksidan pada jamur ini yang berpotensi sebagai anti-aging.

Beberapa penelitian menemukan bahwa Cordyceps meningkatkan antioksidan pada tikus tua yang membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi seksual hewan tersebut.

Antioksidan adalah molekul yang melawan kerusakan sel dengan menetralkan radikal bebas, yang bisa menyebabkan penyakit dan penuaan.

Meski begitu, belum jelas apakah fungi ini juga bisa bisa memberikan manfaat anti-penuaan yang sama pada manusia. 

3. Mencegah tumor

Manfaat Cordyceps lain yang juga sudah diteliti, yaitu bisa mencegah atau mengatasi tumor. Fungi ini dipercaya bisa memberikan efek anti tumor dalam beberapa cara.

Dalam penelitian tabung reaksi, jamur langka ini terbukti menghambat pertumbuhan banyak jenis sel kanker manusia, termasuk kanker paru-paru, usus besar, kulit dan hati.

Sebuah studi menguji efek fungi tersebut pada tikus yang mengidap leukopenia setelah radiasi dan perawatan kemoterapi.

Hasilnya, Cordyceps bisa membalikkan leukopenia. Hal ini menunjukkan bahwa makanan sehat ini bisa membantu mengurangi komplikasi yang terkait dengan beberapa perawatan kanker.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian ini dilakukan pada hewan dan tabung reaksi, bukan manusia.

4. Mengontrol gula darah

Berkat sifat anti-inflamasinya, cordyceps dipercaya bermanfaat baik untuk membantu mengatasi diabetes tipe 2.

Hal itu karena ada hubungan antara peradangan dan peningkatan resistensi insulin dalam tubuh.

Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk menurunkan kadar glukosa darah dan menjaganya dalam kisaran yang aman.

Ketika sel kamu tidak merespons insulin secara efisien, hal itu sering kali menyebabkan gula darah tinggi kronis dan diabetes tipe 2.

Nah, jamur yang populer gara-gara serial The Last of Us ini sudah terbukti mampu mengurangi peradangan, membantu mengontrol gula darah dan berpotensi meningkatkan kesehatan pengidap.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Faktanya, Cordyceps sudah disetujui di Cina untuk digunakan sebagai pengobatan aritmia. Ini adalah kondisi saat detak jantung terlalu lambat, terlalu cepat, atau tidak teratur.

Berdasarkan penelitian pada tikus, diketahui bahwa jamur tersebut juga mengandung senyawa alami bernama adenosin yang dipercaya bisa memberikan efek perlindungan jantung.

Tidak hanya itu, Cordyceps juga bisa menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol ‘jahat’, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Itulah penjelasan mengenai jamur Cordyceps dan manfaatnya untuk kesehatan. Namun ingat, sebelum menggunakan pengobatan herbal atau alami apapun, bicarakan terlebih dahulu dengan dokter ya.

Untuk mendapatkan obat dan vitamin yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, cukup order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar ke tujuan dalam waktu satu jam.

Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 6 Benefits of Cordyceps, All Backed by Science.
U.S. News. Diakses pada 2023. Cordyceps Mushroom Benefits

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan