Bagaimana Cara Mengatasi Kucing yang Sedang Stres?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Agustus 2021
Bagaimana Cara Mengatasi Kucing  yang Sedang Stres?Bagaimana Cara Mengatasi Kucing  yang Sedang Stres?

“Stres bisa menyebabkan perilaku kucing berubah dari sebelumnya. Sebagai pemilik kucing, penting untuk memperhatikan kesehatan kucing dan apapun yang menyebabkan ia stres. Pastikan untuk selalu menciptakan suasana yang nyaman dan tidak memaksa kucing untuk melakukan sesuatu.”

Halodoc, Jakarta – Sama halnya seperti manusia, kucing juga bisa mengalami stres akibat berbagai hal. Ketika kucing kesayanganmu dilanda stres, jangan heran bila tingkah lakunya jadi cenderung menyebalkan atau merepotkan. Hal yang perlu diketahui, penting untuk melakukan tindakan untuk mengatasi stres pada kucing. 

Penting bagi pemilik untuk mengelola dan mengurangi stres pada kucing sesering mungkin. Pasalnya, stres pada kucing bisa menyebabkan perubahan perilaku yang bisa berdampak negatif pada kesehatan emosional dan fisiknya. Bahkan, stres pada kucing yang dibiarkan tanpa penanganan bisa memicu berbagai penyakit.  Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres pada kucing?

Baca juga: Mengapa Kucing Suka Tidur di Atas Pakaian?

Menghadapi Kucing yang Sedang Stres

Perilaku kucing yang berbeda dari biasanya bisa menandakan ia sudah stres selama beberapa waktu. Beberapa perilaku stres pada kucing yang sering tampak yaitu menyemprotkan air seni di sembarang tempat di dalam rumah, atau berperilaku agresif. 

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi stres pada kucing:

  1. Perhatikan Kesehatan Kucing

Jangan lewatkan jadwal kunjungan ke dokter hewan. Mengetahui masalah medis lebih dini akan meningkatkan kemungkinan keberhasilan pengobatan dan perawatan. Pertahankan rutinitas kesehatan di rumah, seperti memberikan nutrisi yang baik, pengendalian parasit, perawatan gigi, perawatan bulu hingga kuku. 

  1. Cegah Kucing Stres saat Kunjungan Ke Dokter Hewan

Stres adalah salah satu alasan paling umum mengapa kucing tidak suka dibawa ke dokter hewan sesering anjing. Kamu bisa mengurangi stres itu dengan beberapa cara. Pertama, buat kucing nyaman dengan carrier. Letakkan wadah camilan di dekatnya secara berkala. Hal ini membantu menghilangkan rasa takut dari kehadiran dokter hewan. 

Saat pergi ke klinik hewan, bawalah handuk ekstra yang bisa digunakan untuk menutupi bukaan carrier untuk memberikan privasi lebih pada kucing. Saat duduk di ruang tunggu, pegang carrier di pangkuan atau di kursi sebelahmu. Hindari meletakkan gendongan di lantai karena itu bisa lebih membuatnya stres. 

Baca juga: Perlukah Membawa Hewan Peliharaan saat Liburan

  1. Lakukan Pelatihan Kucing secara Konsisten

Kurangi stres dengan memastikan semua orang dalam keluarga memiliki pemahaman yang sama tentang pelatihan kucing. Jangan sampai setiap anggota keluarga memiliki pemahaman pelatihan yang berbeda. Sebab pesan yang bercampur bisa membingungkan dan membuat kucing stres. Jadi berilah pelatihan yang baik dan konsisten.

  1. Ciptakan Waktu Makan yang Tenang

Berikan makanan yang berkualitas tinggi yang sesuai dengan usia dan kesehatan kucing. Selanjutnya, ciptakan pengaturan waktu makan dan jaga tempat makan tetap bersih dan nyaman. Gunakan mangkuk makanan dengan ukuran dan bentuk yang nyaman, sehingga tidak menyebabkan kumis kucing terjepit. 

Temukan area makan di tempat yang tenang dan bebas dari hiruk-pikuk. Jika memiliki beberapa kucing, sebaiknya sediakan mangkuk makanan dan minuman untuk masing-masing kucing. Bila perlu, beri makan kucing di ruang terpisah untuk mengurangi stres. 

Baca juga: 4 Cara Berwisata Bersama Kucing Kesayangan

  1. Bebaskan Interaksi Sosial pada Kucing

Jangan pernah memaksa kucing untuk berinteraksi. Biarkan kucing mengatur kecepatan seberapa besar ia ingin terlibat dalam interaksi sosial. Jangan memaksa untuk memegang atau membelai kucing, jika dia tidak menginginkannya.  Berikan pengalaman positif tentang interaksi sosial, dengan begitu kucing menjadi lebih ramah. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai cara mengatasi kucing yang sedang stres. Jika cara di atas tidak membuat kucingmu jadi lebih baik, cobalah untuk berdiskusi dengan dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Battersea. Diakses pada 2021. STRESSED CAT
Wellness Pet Food. Diakses pada 2021. How to Help a Stressed Cat
PetMD. Diakses pada 2021. Why Cats Overgroom and How You Can Stop It

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan