• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal 9 Karakteristik Unik dari Kucing Himalaya

Mengenal 9 Karakteristik Unik dari Kucing Himalaya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mengenal 9 Karakteristik Unik dari Kucing Himalaya

Halodoc, Jakarta - Kucing himalaya menjadi salah satu ras yang cukup populer di kalangan pecinta kucing. Sifatnya yang tenang, suka dimanja, dan mudah beradaptasi menjadi alasan mengapa kucing ini banyak diminati sebagai peliharaan. Bukan itu saja, kucing himalaya memiliki karakteristik unik yang berbeda dari ras lainnya. Berikut ini beberapa karakter unik kucing himalaya:

Baca juga: Ini Perbedaan antara Kutu Kucing dan Anjing

1. Warna Bulu Berubah

Karakter unik kucing himalaya yang pertama adalah warna bulu yang berubah. Mereka terlahir putih karena suhu dalam kandungan hangat. Namun ketika dewasa, warna bulu dari daerah-daerah jauh dari jantung, seperti kaki, tangan, cakar, ekor, wajah dan telinga akan berubah menjadi gelap. Bulu yang lebih gelap diyakini dapat menyerap dan menahan panas lebih baik daripada bulu yang lebih terang, sehingga lebih mampu menjaga bagian-bagian ini tetap hangat.

2. Bukan Berasal dari Himalaya

Kucing himalaya bukan berasal dari Himalaya. Namanya sendiri diambil dari jenis kelinci, yang memiliki kesamaan fisik dengan warna bulu yang gelap pada wajah, kaki, dan ekor.

3. Menyukai Tempat Dingin

Kucing jenis ini cenderung memiliki hidung pesek, sehingga membuatnya sensitif terhadap hawa panas. Jika tinggal di tempat dengan suhu panas, maka kesehatan sistem pernapasannya akan terganggu. Jika memutuskan untuk memeliharanya, sebaiknya siapkan ruangan yang sejuk, ya.

4. Memiliki Kepribadian yang Tenang

Himalaya adalah kucing berkepribadian tenang. Berbeda dengan ras siam, himalaya lebih tenang dan suka bermanja-manja dengan pemelihara. Kucing himalaya juga dikenal ramah, setia, dan juga penyayang.

Baca juga: Penyakit Kulit yang Bisa Menular dari Kucing ke Manusia

5. Berasal dari Persilangan Ras Persia dan Siam

Karakter unik kucing himalaya selanjutnya adalah, berasal dari persilangan ras Persia dan Siam. Pada tahun 1920-an, breeder mencoba persilangan antara kucing persia dan corak warna ala kucing siam. Namun, baru tahun 1957 peranakan kucing tersebut diberi nama himalaya, dan diresmikan oleh oleh Cat Fanciers Association.

6. Tidak Bisa Melompat

Kucing himalaya memiliki tubuh yang cenderung pendek. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika kucing akan merusak gorden atau mengacak-acak meja rias. Tubuh pendeknya disebabkan oleh ukuran kaki yang lebih kecil dari kucing ras lainnya. Hal tersebut yang membuat ia tidak bisa melompat tinggi.

7. Ras Kucing Bermata Biru

Ada beberapa jenis ras kucing saja yang memiliki mata berwarna biru, salah satunya adalah himalaya. Mata biru ini adalah ciri khas kucing himalaya yang berkilau seperti kristal.

8. Jenis Kucing Rumahan

Karakter unik kucing himalaya yang terakhir adalah tidak suka bepergian atau main ke luar rumah. Kucing jenis ini cenderung lebih suka berdiam diri dan bersantai di berbagai sudut rumah.

Baca juga: Ketahui Perbedaan antara Kutu, Tungau dan Pinjal pada Kucing

Itulah beberapa karakter unik kucing himalaya yang mungkin baru kamu ketahui. Sampai di sini, apakah kamu berniat untuk memeliharanya? Jika kamu memiliki hewan peliharaan yang mengalami gangguan kesehatan, seperti lemas, diare, muntah, atau perilaku tidak seperti biasanya, diskusikan hal tersebut dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya. 

Referensi:
Hillspet.com. Diakses pada 2021. Himalayan Cat Information and Personality Traits.
The Spurce Cat. Diakses pada 2021. Himalayan: Cat Breed Profile.
PetMD. Diakses pada 2021. Himalayan.
Cattime.com. Diakses pada 2021. Himalayan.