Mengenal 11 Karakteristik Unik dari Kucing Himalaya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Juli 2023
Mengenal 11 Karakteristik Unik dari Kucing HimalayaMengenal 11 Karakteristik Unik dari Kucing Himalaya

"Kucing Himalaya adalah satu ras yang unik berkat penampilan dan karakteristik lainnya. Mereka pun bisa menjadi sahabat baik siapa saja, termasuk anak-anak."

Halodoc, Jakarta - Kucing himalaya menjadi salah satu ras yang cukup populer di kalangan pecinta kucing. Sifatnya yang tenang, suka dimanja, dan mudah beradaptasi menjadi alasan mengapa kucing ini banyak diminati sebagai peliharaan. Bukan itu saja, kucing himalaya memiliki karakteristik unik yang berbeda dari ras lainnya.

Karakteristik Kucing Himalaya

Berikut ini beberapa karakter unik kucing himalaya:

1.Warna bulu berubah

Karakter unik kucing himalaya yang pertama adalah warna bulu yang berubah. Mereka terlahir putih karena suhu dalam kandungan hangat. Namun ketika dewasa, warna bulu dari daerah-daerah jauh dari jantung, seperti kaki, tangan, cakar, ekor, wajah dan telinga akan berubah menjadi gelap. 

Bulu yang lebih gelap diyakini dapat menyerap dan menahan panas lebih baik daripada bulu yang lebih terang, sehingga lebih mampu menjaga bagian-bagian ini tetap hangat.

2.Bukan berasal dari Himalaya

Kucing himalaya bukan berasal dari Himalaya. Namanya sendiri diambil dari jenis kelinci, yang memiliki kesamaan fisik dengan warna bulu yang gelap pada wajah, kaki, dan ekor.

3.Menyukai tempat dingin

Kucing jenis ini cenderung memiliki hidung pesek, sehingga membuatnya sensitif terhadap hawa panas. Jika tinggal di tempat dengan suhu panas, maka kesehatan sistem pernapasannya akan terganggu. Jika memutuskan untuk memeliharanya, sebaiknya siapkan ruangan yang sejuk, ya.

4.Memiliki kepribadian yang tenang

Himalaya adalah kucing berkepribadian tenang. Berbeda dengan ras siam, himalaya lebih tenang dan suka bermanja-manja dengan pemelihara. Kucing himalaya juga dikenal ramah, setia, dan juga penyayang.

Cari tahu juga jenis kucing yang bersahabat melalui artikel “Ketahui 5 Jenis Kucing yang Paling Bersahabat”.

5.Menyukai tempat tenang

Selain kepribadiannya, ternyata kucing himalaya juga lebih senang berada di tempat yang tenang. Kucing ini tidak terlalu suka berada di lingkungan yang terlalu ramai dan berisik. 

6.Berasal dari persilangan ras Persia dan Siam

Karakter unik kucing himalaya selanjutnya adalah, berasal dari persilangan ras Persia dan Siam. Pada tahun 1920-an, breeder mencoba persilangan antara kucing persia dan corak warna ala kucing siam. Namun, baru tahun 1957 peranakan kucing tersebut diberi nama himalaya, dan diresmikan oleh oleh Cat Fanciers Association.

7.Tidak bisa melompat

Kucing himalaya memiliki tubuh yang cenderung pendek. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika kucing akan merusak gorden atau mengacak-acak meja rias. Tubuh pendeknya disebabkan oleh ukuran kaki yang lebih kecil dari kucing ras lainnya. Hal tersebut yang membuat ia tidak bisa melompat tinggi.

8.Bermata biru

Ada beberapa jenis ras kucing saja yang memiliki mata berwarna biru, salah satunya adalah himalaya. Mata biru ini adalah ciri khas kucing himalaya yang berkilau seperti kristal.

9.Jenis kucing rumahan

Karakter unik kucing himalaya yang terakhir adalah tidak suka bepergian atau main ke luar rumah. Kucing jenis ini cenderung lebih suka berdiam diri dan bersantai di berbagai sudut rumah.

10.Jenis kucing yang pintar

Apa keistimewaan kucing himalaya? Meskipun tenang dan cenderung pendiam, kucing himalaya terbilang cukup pintar. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengajari kucing saat potty training atau melatih kucing untuk makan sendiri. 

Tentunya, kamu juga harus melatih dengan tekun dan rutin agar tingkat intelegensi kucing semakin meningkat.

11.Menjadi kucing yang sangat penyayang

Kucing jenis ini terbilang memiliki karakteristik penyayang. Kucing himalaya bisa hidup berdampingan dengan peliharaan yang lain, seperti anjing.

Selain itu, kucing ini juga akan memiliki hubungan yang dekat dengan pemiliknya. Dengan karakter ini, kucing himalaya menjadi kucing yang sangat suka dipeluk, dibelai, dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Itulah beberapa karakter unik kucing himalaya yang mungkin baru kamu ketahui. Kira-kira berapa harga kucing himalaya? Ternyata, harga anakan kucing himalaya berkisar dari Rp.600.000 hingga Rp.2.500.000. Sampai di sini, apakah kamu berniat untuk memeliharanya? 

Agar kucing tetap sehat, pastikan mereka mendapatkan nutrisi yang seimbang. Berikut ini Berbagai Varian Makanan Kucing agar Tidak Bosan.

Apa Bedanya Kucing Siam dan Himalaya?

Kucing himalaya dan siam adalah dua jenis ras kucing yang cukup populer. Namun, keduanya merupakan jenis yang berbeda. Lalu, apa perbedaannya? Perbedaan yang paling mencolok terdapat pada kondisi bulunya. Jenis himalaya memiliki bulu yang lebih panjang dan lebat daripada jenis siam. 

Selain itu, kamu juga bisa membedakan keduanya dari kepribadian masing-masing kucing. Jenis himalaya memiliki kepribadian yang tenang dan tidak berisik. Sedangkan kucing siam lebih vokal dan memiliki tingkat yang lebih aktif.

Dengan begitu, kucing himalaya tidak perlu waktu bermain yang cukup panjang. Sementara itu, kucing siam membutuh banyak waktu bermain karena tingkat energinya yang juga lebih tinggi, daripada kucing himalaya.

Mau tahu lebih jauh mengenai kucing siam? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal Lebih Dekat Kepribadian Kucing Siam”. 

Jika kamu memiliki hewan peliharaan yang mengalami gangguan kesehatan, seperti lemas, diare, muntah, atau perilaku tidak seperti biasanya, diskusikan hal tersebut dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya. 

Referensi:
Hillspet.com. Diakses pada 2023. Himalayan Cat Information and Personality Traits.
The Spruce Pet. Diakses pada 2023. Himalayan: Cat Breed Profile, Characteristics & Care.
PetMD. Diakses pada 2023. Himalayan.
Cattime.com. Diakses pada 2023. Himalayan.
Pet Keen. Diakses pada 2023. Himalayan Cat: Breed Info, Pictures, Temperament & Traits.
Hepper Blog. Diakses pada 2023. Himalayan Cat vs. Siamese Cat: Key Differences (With Pictures).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan