Mengenal Kandungan Nutrisi dalam Kerang Abalone

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Januari 2023

“Abalone menjadi salah satu makanan laut kaya nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Mulai dari protein, vitamin E, magnesium, kolin, kalsium, fosfor, dan berbagai sumber nutrisi lainnya.”

Mengenal Kandungan Nutrisi dalam Kerang AbaloneMengenal Kandungan Nutrisi dalam Kerang Abalone

Halodoc, Jakarta – Abalone merupakan hewan laut yang masuk dalam kelompok gastropoda. Sebenarnya, makanan satu ini memiliki sebutan lain sebagai siput laut. Hanya saja, tampilannya mungkin membuat abalone lebih mirip seperti kerang laut lainnya. 

Abalone sendiri termasuk jenis kerang yang memiliki habitat pada pantai dengan suhu dingin di dunia. Meski begitu, popularitasnya masih kalah daripada jenis kerang lain, seperti kerang bambu, kerang tiram, atau kerang hijau, termasuk di Indonesia. Meski begitu, kandungan nutrisi pada abalone terbilang sangat lengkap sehingga baik untuk kesehatan tubuh. 

Kandungan Nutrisi Kerang Abalone

Setidaknya, sebanyak 100 gram kerang abalone memiliki beberapa nutrisi penting berikut ini.

1. Kalium

Kandungan kalium pada kerang abalone terbilang cukup tinggi, yaitu sebesar 190 miligram yang bisa memenuhi 10 persen dari kebutuhan harian. Kalium sendiri memiliki beberapa fungsi penting untuk tubuh, seperti:

  • Membantu menjaga kesehatan dan fungsi saraf.
  • Mendukung gerak tubuh.
  • Menjaga agar cairan tubuh tetap seimbang.
  • Mengurangi risiko adanya gangguan kesehatan tertentu, seperti batu ginjal, osteoporosis, dan hipertensi.
  • Membantu menurunkan tekanan darah. 

2. Kalsium

Selain itu, seafood ini juga mengandung kalsium sebanyak 60 miligram. Mineral satu ini sangat penting untuk membentuk jaringan serta gigi yang lebih kuat, mendukung proses pembekuan darah ketika terluka, dan mengontrol kontraksi pada jantung dan otot. 

Susu dan produk olahan memang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, misalnya pada yoghurt dan keju. Meski begitu, jenis mineral satu ini juga bisa kamu jumpai pada kerang abalone. 

3. Vitamin E

Kandungan nutrisi lain pada kerang abalone adalah sekitar 8 miligram untuk sekitar 100 gram. Vitamin satu ini sangat baik untuk mendukung kulit dan mata tetap sehat, serta meningkatkan imunitas tubuh dalam memerangi infeksi dan penyakit. 

4. Protein

Tidak kalah pentingnya, yaitu protein. Kerang abalone memiliki kandungan protein sebanyak 34 gram. Nutrisi satu ini termasuk nutrisi penting yang harus kamu penuhi setiap harinya. Sebab, protein memiliki peran penting dalam beberapa hal berikut:

  • Sumber energi untuk tubuh.
  • Menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Membentuk imunitas untuk melawan kuman yang menjadi penyebab penyakit. 
  • Meningkatkan tulang, otot, dan massa tubuh.

5. Magnesium

Terdapat sekitar 90 sampai 95 miligram magnesium dalam 100 gram kerang abalone. Mineral satu ini memiliki peran penting untuk mendukung pertumbuhan sekaligus pembentukan tulang. Menurunkan risiko masalah kardiovaskular, mengendalikan tekanan darah, hingga mencegah sakit kepala sebelah atau migrain.

Selain itu, magnesium juga memiliki manfaat untuk menjaga mood tetap pada kondisi baik dan menurunkan risiko terserang depresi. 

Tak hanya nutrisi di atas, kerang abalone juga memiliki nutrisi, vitamin, dan mineral lain yang tidak kalah pentingnya untuk tubuh. Ini termasuk kolin, fosfor, vitamin A, karbohidrat, vitamin K, vitamin B, zat besi, dan zinc.

Perhatikan Asupannya

Meski kandungan nutrisinya cukup tinggi, kamu tetap saja tidak boleh mengonsumsi kerang abalone dalam jumlah yang berlebihan. Sebab, makanan laut ini juga memiliki kandungan garam dan kolesterol yang tidak kalah tingginya. 

Misalnya, satu porsi kerang abalone memiliki kandungan 900 miligram natrium atau garam dan 170 miligram kolesterol. Apabila asupan keduanya pada tubuh berlebihan, maka dapat memicu dampak negatif untuk kesehatan tubuh. 

Tak hanya itu, kamu sebaiknya juga membatasi untuk mengonsumsi kerang abalone apabila memiliki kondisi kesehatan tertentu. Misalnya kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. 

Jika kamu memerlukan informasi lain seputar nutrisi dan manfaat dari kerang abalone, kamu bisa tanya dokter di Halodoc setiap saat. Download Halodoc di ponselmu sekarang untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatan lainnya, termasuk cek kebutuhan medis lebih praktis tanpa ribet.

Referensi:
eHealthzine. Diakses pada 2022. 8 Amazing Health Benefits of Abalone.
Nutrition Advance. Diakses pada 2022. What Is Abalone and Is It Good For You?
Ausab. Diakses pada 2022. Abalone Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan