Mengenal Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan dan Kecantikan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Januari 2023

“Oatmeal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa di antaranya adalah menurunkan kolesterol, menjaga gula darah, hingga melembapkan kulit dan meningkatkan stimulasi kolagen.”

Mengenal Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan dan KecantikanMengenal Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan dan Kecantikan

Halodoc, Jakarta –  Oatmeal dikenal sebagai menu diet untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Oatmeal terdiri dari gandum utuh bebas gluten yang mengandung sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting. 

Meski begitu, oatmeal tidak hanya direkomendasikan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, melainkan juga orang yang ingin meningkatkan kualitas kesehatannya. Pasalnya, mengonsumsi oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini termasuk penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Selain itu, oatmeal juga dikenal sebagai pengobatan rumahan untuk kecantikan, di mana oatmeal dapat menenangkan kulit kering, gatal, atau teriritasi, serta mengangkat sel kulit mati. Informasi selengkapnya mengenai manfaat oatmeal untuk kesehatan dan kecantikan bisa dibaca di sini!

Kandungan Nutrisi dalam Oatmeal

Selain mengandung banyak serat, oatmeal juga punya banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Contohnya karbohidrat, lemak, protein, vitamin (B1, B2, B3, B5, B9), dan mineral (kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi).

Dalam semangkuk sajian oatmeal ukuran 234 gram mengandung nilai nutrisi sebagai berikut:

  • 166 kalori.
  • 3, 6 gram lemak.
  • 0,7 gram lemak jenuh.
  • 1,3 gram asam lemak tak jenuh.
  • 1 gram lemak tak jenuh tunggal.
  • 9,4 mg sodium.
  • 164 mg potasium.
  • 4 gram serat.
  • 0,6 gram gula.
  • 5,9 gram protein.
  • 1,6 persen kebutuhan harian kalsium.
  • 12 persen kebutuhan harian zat besi.

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan nutrisinya, berikut ini adalah berbagai manfaat oatmeal untuk kesehatan, yaitu:

1. Menjaga berat badan

Oatmeal mengandung banyak serat, sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Hal inilah yang bisa mencegah makan berlebih dan membantu kamu dalam menjaga berat badan.

2. Menurunkan kolesterol

Oatmeal mengandung serat yang unik, yaitu beta-glucan. Serat inilah yang berperan untuk menghambat atau mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh (low density lipoprotein/LDL). Sehingga mengonsumsi oatmeal secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Menstabilkan gula darah

Selain menurunkan kolesterol, serat dalam makanan sehat ini oatmeal juga bisa menurunkan kadar gula dan insulin dalam darah. Serat inilah yang bisa melambatkan penyerapan gula dan membantu memperbaiki kadar gula dalam darah. Jika dikonsumsi secara rutin, oatmeal bisa menurunkan risiko diabetes tipe-2. 

Mau tahu apa saja jenis-jenis dan manfaat serelia untuk tubuh? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 9 Jenis Serealia dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh“.

4. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam makanan bisa membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh, termasuk serat yang terkandung dalam oatmeal. Itu sebabnya, mengonsumsi oatmeal bisa membantu mengobati masalah pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), penyakit radang usus, sembelit, hingga menurunkan risiko kanker usus besar. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian mendalam untuk membuktikannya.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh 

Oatmeal juga mengandung antioksidan yang dipercaya bisa melindungi kamu dari risiko penyakit. Ini dikarenakan vitamin dan mineral yang terkandung dalam oatmeal berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan  metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Oatmeal untuk Kecantikan

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Hindawi dalam jurnal ilmiah berjudul Biological Activities, Health Benefits, and Therapeutic Properties of Avenanthramides: From Skin Protection to Prevention and Treatment of Cerebrovascular Diseases, disebutkan bahwa oat (Avena sativa) dapat memiliki manfaat untuk kecantikan, terkait perlambatan penuaan.  Ini dikarenakan, oat mengandung komponen molekul yang memiliki antioksidan tinggi seperti tokoferol, tokotrienol, dan flavonoid.  

Lantas, seperti apa manfaat oatmeal untuk kecantikan?

1. Melembapkan kulit dengan efektif 

Salah satu manfaat oatmeal yang paling terkenal untuk kulit adalah kemampuannya membantu melembabkan dan menutrisi kulit kering. Produk perawatan kulit yang mengandung oatmeal dapat membantu melembapkan kulit, mengurangi kekeringan kulit dan gejala terkait, seperti gatal, mengelupas, dan berkerak. 

2. Membantu memperkuat penghalang kelembaban alami kulit

Sambil menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, oatmeal sekaligus membantu melindungi penghalang kelembapan alami kulit (skin barrier). Sebagian besar produk perawatan kulit diformulasikan secara khusus untuk melengkapi keasaman alami kulit, tapi paparan stressor tertentu dapat menyebabkan kulit menjadi tidak seimbang.  Jika tidak diobati, perubahan pH kulit ini dapat membuat kamu lebih rentan terhadap masalah kulit yang tidak nyaman, seperti kekeringan dan iritasi yang parah.

Kandungan nutrisi pada oatmeal dapat menjaga keseimbangan pH kulit, yang artinya membantu menjaga pH ideal kulit. Menggunakan produk yang mengandung oatmeal, ataupun meramu oatmeal sebagai masker rumahan, dapat membantu menyehatkan kulit wajah. 

3. Stimulasi kolagen

Kolagen adalah protein yang diproduksi di dalam tubuh yang membuat kulit tampak segar dan awet muda.  Oatmeal dapat merangsang kulit untuk memproduksi kolagen secara alami. 

4. Mengurangi peradangan dan kulit gatal akibat pertumbuhan jerawat

Secara spesifik, oatmeal dapat meredakan peradangan dan kulit gatal akibat pertumbuhan jerawat. Sebab, oatmeal mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membantu mengobati gatal-gatal yang berhubungan dengan kulit kering dan teriritasi. 

Tips Penyajian Oatmeal yang Sehat

Setelah tahu nutrisi serta manfaat oatmeal untuk kesehatan dan kecantikan, hal lain yang perlu diketahui adalah tips penyajian oatmeal yang sehat. Bila ingin mendapatkan manfaat oatmeal, kamu perlu memperhatikan bahan apa saja yang ditambahkan ke dalam mangkuk oatmeal-mu. Berikut adalah tips yang perlu diperhatikan:

1. Makan dengan mangkuk kecil

Tujuannya agar porsi oatmeal tidak kebanyakan. Buat dan makanlah secukupnya, jangan berlebihan.

2. Gunakan oatmeal yang dimasak atau direbus terlebih dulu

Alasannya karena oatmeal cepat saji cenderung tinggi gula dibanding oatmeal yang harus diolah.

3. Pakai topping yang sehat

Misalnya, makanan yang mengandung protein seperti telur dan buah-buahan segar. Jika ingin menambahkan rasa, kamu bisa mencampurkan madu rendah gula atau kayu manis pada olahan oatmeal yang kamu buat. Hindari menambahkan topping yang kurang sehat, karena bisa meningkatkan kadar lemak tubuh secara signifikan.

Itulah informasi mengenai manfaat oatmeal untuk kesehatan dan kecantikan. Informasi selengkapnya mengenai pola makan sehat bisa kamu dapatkan dengan download aplikasi Halodoc dan menuju fitur tanya dokter. Lewat Halodoc, kamu juga bisa buat tes kesehatan ya!

Homelab Halodoc
Referensi:
Nutritionix.com. Diakses pada 2023. Oatmeal.
WebMD. Diakses pada 2023. Oatmeal.
Hindawi. Diakses pada 2023. Biological Activities, Health Benefits, and Therapeutic Properties of Avenanthramides: From Skin Protection to Prevention and Treatment of Cerebrovascular Diseases.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What are the potential benefits of oatmeal for the skin?
Babobotanicals.com. Diakses pada 2023. Oatmeal For Skin: 10 Reasons to Add this Superfood to Your Routine.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan