Ini 9 Jenis Serealia dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Desember 2023

“Terdapat beberapa jenis serealia yang bermanfaat baik bagi tubuh, seperti oat, muesli, granola, gandum hitam, dan millet. Mengonsumsinya secara teratur dapat memenuhi kebutuhan nutrisi esensial untuk menjaga kesehatan tubuh.”

Ini 9 Jenis Serealia dan Manfaatnya untuk Kesehatan TubuhIni 9 Jenis Serealia dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

DAFTAR ISI

Jenis-jenis Serealia dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Halodoc, Jakarta – Serealia atau sereal adalah kelompok biji-bijian yang berkontribusi penting terhadap kebutuhan karbohidrat dan nutrisi manusia. Beberapa jenisnya, yaitu gandum, jagung, barley, oats, dan sorgum.

Dari sereal ini, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai hidangan, termasuk roti, bubur, dan kue. Untuk meningkatkan kandungan gizinya, kamu bisa menambahkan berbagai buah-buahan sebagai topping.

Mau tahu apa saja jenis serealia dan berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh? 

Jenis-jenis Serealia dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Serealia adalah jenis makanan yang umum dikonsumsi saat sarapan. Makanan ini praktis, jadi cocok untuk kamu dengan gaya hidup yang sangat sibuk. Kamu hanya tinggal menyeduhnya dengan air panas.

Di bawah ini jenis serealia yang bisa kamu coba untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh:

1. Oat

Studi ilmiah berjudul Absorption and elimination of oat avenanthramides in humans after acute consumption of oat cookies yang terbit pada Oxidative Medicine and Cellular Longevity menemukan, oat kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat yang disebut polifenol. 

Studi juga menambahkan, oat mengandung antioksidan unik yang disebut avenanthramides, yang hanya ditemukan dalam gandum. Nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Avenanthramides bekerja dengan meningkatkan produksi gas oksida nitrat. Molekul gas ini membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah berjalan lebih lancar. Avenanthramides juga memiliki efek antiinflamasi dan antigatal.

Mau tahu manfaat oat milk untuk kesehatan tubuh? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal Oat Milk: Kandungan Nutrisi, Manfaat, dan Cara Membuatnya”.

2. Muesli

Rekomendasi jenis serealia selanjutnya adalah muesli. Proses pembuatannya melibatkan kombinasi oat gulung, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering, seperti aprikot, kismis, serta kurma.

Muesli bisa dikonsumsi mentah, tanpa dipanggang terlebih dulu. Di dalamnya mengandung beta glucan yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Selain itu, studi berjudul Beta glucan: Health benefits in obesity and metabolic syndrome yang terbit pada Journal of Nutrition and Metabolism mengatakan, beta glucan juga dapat meningkat perasaan kenyang. Hal ini efektif mencegah resistensi insulin, dislipidemia, hipertensi, dan obesitas.

3. Granola

Granola dibuat dengan cara memanggang oat, kacang-kacangan, dan buah kering di dalam oven hingga menjadi renyah. Jenis serealia ini mengandung tinggi protein, lemak sehat, fosfor, magnesium, mangan, dan vitamin B.

Granola dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan perasaan kenyang, dan mengatur gula darah. Jenis serealia ini merupakan sumber energi yang dapat meningkatkan tenaga saat beraktivitas.

Meski punya banyak manfaat baik, granola memiliki kandungan kalori yang tinggi, yaitu sebanyak 600 kilo kalori per 1 cangkir (122 gram). Jadi, sebaiknya konsumsi ¼ cangkir (85 gram) per hari.

Untuk mendapatkan manfaat dari granola, kamu bisa mengetahui cara mengolahnya dengan membaca artikel ini: 3 Olahan Granola Sehat yang Cocok untuk Diet

4. Gandum hitam atau rye

Gandum hitam biasanya ditanam pada kondisi iklim dingin dan merupakan bahan baku minuman beralkohol. Jenis serealia ini juga digunakan untuk membuat makanan hewan dan jenis tepung tertentu.

Penelitian berjudul Rye bread decreases serum total and LDL cholesterol in men with moderately elevated serum cholesterol yang terbit pada Journal of Nutrition menemukan bahwa, roti gandum hitam lebih efektif menurunkan kadar kolesterol pada pria ketimbang roti gandum biasa.

Studi juga menyebutkan, jenis serealia ini dapat mengurangi kolesterol total sebanyak 14% dan kolesterol jahat sebanyak 12%. Khasiat ini berasal dari serat larut yang tidak dapat dicerna yang membentuk zat seperti gel di saluran pencernaan.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat gandum? Baca selengkapnya di artikel ini: “Tangkal Obesitas, Ini Manfaat Gandum untuk Kesehatan Tubuh”.

5. Millet

Millet adalah makanan padat nutrisi dan bebas gluten, sehingga efektif membantu menurunkan berat badan. Di dalamnya juga kaya protein, vitamin, mineral, dan serat serta memiliki nilai gizi yang tinggi. 

Beberapa manfaatnya mulai dari mengatur kadar gula darah, mencegah penyakit diabetes, dan membantu menurunkan berat badan. Jenis serealia ini juga dapat membantu menurunkan risiko sakit jantung.

6. Jagung

Jagung termasuk dalam kelompok serealia karena berasal dari jenis biji-bijian dari tanaman Poaceae. Jenis sereal ini bisa dimakan langsung setelah mengukus atau merebusnya atau diolah menjadi tepung.

Karbohidrat, serat, protein, vitamin B, dan asam folat di dalamnya memiliki berbagai khasiat. Manfaatnya mulai dari membantu menjaga stamina hingga membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin selama kehamilan.

7. Barley atau jelai

Barley adalah jenis serealia yang berasal dari tanaman Hordeum vulgare. Tanaman ini termasuk dalam keluarga rumput-rumputan dan sering kali digunakan sebagai bahan baku makanan dan minuman.

Beberapa manfaatnya seperti meningkatkan rasa kenyang dan membantu menurunkan berat badan. Di dalamnya juga terdapat beta glucan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kamu bisa mengetahui manfaat lainnya dalam artikel ini: Ini Manfaat Barley untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

8. Sorgum

Sorgum adalah tanaman biji-bijian yang berasal dari genus Sorghum dalam keluarga Poaceae. Jenis serealia ini dapat diolah menjadi produk makanan, seperti roti, kue, atau bahan kue lainnya. 

Di dalamnya memiliki serat, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu mencegah penyakit kronis. Jenis serealia ini juga dikemas dengan antioksidan yang bertugas melindungi tubuh dari peradangan.

9. Quinoa

Biji quinoa kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral. Jenis serealia ini merupakan sumber protein nabati yang lengkap, karena mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Quinoa juga tidak mengandung gluten. Oleh karena itu, quinoa bisa menjadi pilihan yang baik bagi orang yang memiliki intoleransi gluten atau penyakit celiac.

Terkait dengan takaran yang sesuai dengan kondisi kesehatan, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis gizi klinik. Dapatkan juga rekomendasi makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu saat ini.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. The 14 Healthiest Cereals You Can Eat.
Oxidative Medicine and Cellular Longevity. Diakses pada 2023. Absorption and elimination of oat avenanthramides in humans after acute consumption of oat cookies.
Journal of Nutrition and Metabolism. Diakses pada 2023.  Beta glucan: Health benefits in obesity and metabolic syndrome.
Journal of Nutrition. Diakses pada 2023. Rye bread decreases serum total and LDL cholesterol in men with moderately elevated serum cholesterol.
Wellcurve. Diakses pada 2023. 9 Types of Cereals: Cereals Name List And Their Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan