Mengenal Sistem Imun Tubuh: Pengertian, Komponen, & Cara Kerjanya

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Maret 2024

“Sistem imun merupakan sistem pertahanan tubuh untuk melindungi dari berbagai mikroorganisme jahat penyebab infeksi atau penyakit. Sistem ini terdiri dari berbagai komponen dan cara kerjanya yang kompleks.”

Mengenal Sistem Imun Tubuh: Pengertian, Komponen, & Cara KerjanyaMengenal Sistem Imun Tubuh: Pengertian, Komponen, & Cara Kerjanya

DAFTAR ISI

  1. Pengertian Sistem Imun Tubuh
  2. Komponen Sistem Imun 
  3. Cara Kerja Sistem Imun
  4. Perkuat Imun dengan Injeksi Vitamin C di Rumah Pakai Halodoc

Halodoc, Jakarta –  Sistem imun pada tubuh berperan krusial dalam menjaga kesehatan secara menyeluruh dengan melakukan serangkaian mekanisme pertahanan, seperti mengenali dan respons terhadap benda asing.

Benda asing yang dimaksud adalah patogen, seperti bakteri, virus, kuman, parasit dan jamur. Beberapa patogen tersebut lah yang menimbulkan gangguan dan kerusakan pada tubuh seseorang.

Mau tahu lebih jauh mengenai cara kerja dari sistem imun? Simak informasi berikut ini!

Pengertian Sistem Imun Tubuh

Sistem imun adalah sistem daya tahan tubuh terhadap serangan zat asing. Faktanya, zat asing tak hanya berasal dari luar tubuh seperti patogen, tetapi juga terdapat di dalam tubuh.

Zat asing yang berasal dari dalam tubuh berupa sel-sel mati atau sel-sel yang berubah bentuk dan kegunaannya. Zat tersebut dikenal dengan sebutan imunogen atau antigen.

Meski merupakan sistem pertahanan, fungsinya tidak selalu berjalan dengan baik. Sebab, terkadang pengidap gangguan tertentu membutuhkan obat-obatan tertentu yang mempengaruhi cara kerja sistem imun.

Pada penyakit autoimun dan alergi, misalnya, sistem kekebalan tubuh secara keliru menganggap jaringan sehat sebagai sesuatu yang mengancam. Pada akhirnya, imun melancarkan serangan yang tidak diperlukan, sehingga menimbulkan ruam kulit dan gejala lainnya.

Untuk memaksimalkan fungsinya, kamu bisa mengonsumsi salah satu makanan seperti probiotik. Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini: Rahasia Probiotik untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh.

Komponen Sistem Imun 

Dalam sistem imun, terdapat beberapa komponen utama yang meliputi:

  • Sel darah putih. Fungsinya untuk menyerang dan menghilangkan patogen berbahaya dan membuat tubuh tetap sehat.
  • Antibodi. Protein ini melindungi tubuh dari patogen dengan cara mengikat dan menghancurkannya.
  • Sitokin. Protein ini berfungsi untuk menangkal efek samping dari peradangan dengan menyembuhkan kerusakan pada jaringan.
  • Sistem pelengkap. Ini adalah sekelompok protein yang bekerja sama dengan sel-sel lain di tubuh untuk bertahan melawan patogen dan mempercepat penyembuhan cedera atau infeksi.
  • Kelenjar getah bening. Organ kecil berbentuk kacang ini berfungsi untuk menyaring produk limbah dari cairan yang mengalir dari jaringan dan sel.
  • Limpa. Organ ini menyimpan sel darah putih yang melindungi tubuh dari patogen. Fungsinya untuk menyaring darah dan mendaur ulang sel-sel tua serta rusak untuk membuat sel-sel baru.
  • Amandel dan kelenjar gondok. Kedua organ tersebut berfungsi untuk menjebak patogen dan mencegahnya masuk ke dalam tubuh.
  • Timus. Ini adalah organ kecil yang membantu sel T (jenis sel darah putih tertentu) lebih cepat matang sebelum berpindah ke tempat ke organ lain dalam tubuh.
  • Sumsum tulang. Jaringan lunak dan berlemak di dalam tulang ini merupakan pabrik sel darah. Sel darah yang diproduksi, termasuk sel darah merah.
  • Kulit. Kulit adalah pelindung yang membantu mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh. Caranya dengan menghasilkan minyak dan melepaskan sel-sel sistem kekebalan pelindung lainnya.
  • Mukosa. Membran tiga lapis ini melapisi rongga dan organ di seluruh tubuh. Ini mengeluarkan lendir yang menangkap patogen, kemudian dibersihkan oleh tubuh.

Untuk memaksimalkan fungsi sistem imun tubuh, kamu perlu menghindari beberapa jenis makanan dalam artikel ini: Ini 6 Makanan yang Dapat Melemahkan Sistem Imun.

Cara Kerja Sistem Imun

Sistem kekebalan tubuh yang normal mampu membedakan antara sel dan jaringan yang sehat dengan yang tidak. 

Ketika terjadi kerusakan sel tersebut, sistem imun bekerja dengan mendeteksi dan melawan zat asing seperti bakteri, virus, dan sel kanker. Kondisi ini melibatkan respons kompleks, termasuk sel-sel spesifik dan protein yang bekerja bersama untuk menjaga tubuh dari infeksi serta penyakit.

Sistem imun terdiri dari dua komponen utama, yaitu sistem imun humoral dan sistem imun seluler. 

Sistem imun humoral melibatkan antibodi yang diproduksi oleh sel B untuk melawan patogen di cairan tubuh sedangkan sistem imun seluler melibatkan sel-sel T yang langsung menyerang sel yang terinfeksi. 

Sistem imun mengenali patogen melalui molekul unik yang disebut antigen. Proses ini melibatkan pengenalan, aktivasi, dan koordinasi berbagai sel dan protein untuk menghilangkan patogen. 

Caranya mencakup fagositosis, pelepasan zat kimia inflamasi, dan pembentukan memori imun. Proses ini yang pada akhirnya dapat melindungi tubuh dari infeksi yang sama di masa depan.

Agar bisa berfungsi dengan maksimal, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan peningkat imun tubuh dalam artikel ini: Jarang Diketahui, Ini 7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Itulah penjelasan mengenai sistem imun dan cara kerjanya. Apabila sistem imun mengalami gangguan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, bisa menyebabkan berbagai ancaman kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kondisi tubuh dengan memastikan sistem imun berfungsi dengan baik.

Perkuat Imun dengan Injeksi Vitamin C di Rumah Pakai Halodoc

Sebagai sistem pertahanan tubuh, sistem imun tentu harus selalu berfungsi dengan baik. Namun, tak jarang sistem imun terganggu sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Salah satunya adalah kekurangan vitamin C yang dapat menyebabkan penyakit skorbut.

Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk mengatasi kekurangan vitamin C tersebut, termasuk melakukan injeksi vitamin C. 

Saat ini, kamu tak perlu lagi pergi ke klinik atau antre di rumah sakit, lho!

Sebab, kamu bisa melakukan Injeksi Vitamin C dari rumah dengan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek dan Surabaya).

Layanan dari Halodoc Home Lab akan mendatangkan tenaga medis profesional ke rumah atau lokasi mana pun yang kamu pilih untuk melakukan Injeksi Vitamin C.

Ada beberapa keunggulan dari layanan vitamin booster di Halodoc:

✔ Injeksi Vitamin diberikan 100% oleh tenaga medis profesional. 

✔ Vitamin yang diberikan terdaftar di BPOM.

✔ Vitamin diberikan sesuai dosis harian.

✔ Petugas profesional dan responnya cepat. 

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Vitamin diberikan secara aman dan steril. 

✔ Peralatan yang digunakan berkualitas, aman, tersegel, dan sesuai standarisasi. 

✔ Tak perlu antre.

✔ Hemat waktu dan biaya. 

✔ Aman, nyaman dan praktis.

Jadi, kapan saja kamu atau keluarga hendak mendapatkan asupan vitamin C tambahan untuk perkuat sistem imun, cukup pesan langsung melalui aplikasi Halodoc. Caranya, download dan buka layanan Home Lab, lalu, pilih menu Injeksi Vitamin C. 

Setelah memilih profil yang hendak mendapatkan injeksi vitamin C, admin Home Lab akan menghubungi melalui WhatsApp untuk mengonfirmasi jadwal dan alamat. 

Booking Injeksi Vitamin C di Rumah Lebih Mudah Lewat Halodoc.

Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa order dengan cara menghubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226 atau klik gambar di bawah ini.

pesan infus vitamin booster
Referensi:
Better Health. Diakses pada 2024. Immune system explained.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Immune System.
Medical News Today. Diakses pada 2024. How the immune system works.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan