Ini 6 Makanan yang Dapat Melemahkan Sistem Imun

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Juli 2022

“Mengonsumsi makanan tidak sehat dapat melemahkan sistem imun tubuh. Beberapa jenis makanan pemicunya yaitu makanan yang digoreng, makanan tinggi gula, dan makanan tinggi garam.”

Ini 6 Makanan yang Dapat Melemahkan Sistem ImunIni 6 Makanan yang Dapat Melemahkan Sistem Imun

Halodoc, Jakarta – Sistem imun diperlukan untuk melindungi tubuh dari penyakit, seperti pilek dan flu. Nah, nutrisi dari makanan merupakan bagian penting yang dapat memastikan sistem imun tetap kuat. Itulah pentingnya bagi setiap orang mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang untuk menjaga sistem imun tetap kuat.

Di sisi lain, mengonsumsi makanan tidak sehat justru dapat melemahkan sistem imun. Akibatnya, kemampuan tubuh untuk melawan mikroorganisme jahat seperti bakteri dan virus  akan berkurang. Nah, ada baiknya kamu mulai berhenti atau membatasi konsumsi makanan tidak sehat agar sistem imun tetap kuat.

Lantas, apa saja makanan yang dapat melemahkan sistem imun?

Makanan yang Dapat Menyebabkan Sistem Imun Lemah

Jika ingin memiliki sistem imun yang kuat, maka sebaiknya mulailah berhenti atau membatasi konsumsi makanan berikut ini:

  1. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula atau mengandung gula tambahan dapat menghalangi kemampuan sistem imun untuk melawan penyakit. Makanan jenis ini juga dapat mengurangi efektivitas sel darah putih dan meningkatkan peradangan. Beberapa makanan yang cenderung tinggi gula yaitu:

  • Kue.
  • Manisan.
  • Minuman manis atau bersoda.
  • Susu dengan aneka rasa.
  1. Makanan Tinggi Garam

Makanan asin atau tinggi garam seperti keripik, makanan beku, dan makanan cepat saji dapat merusak respons kekebalan tubuh. Sebab terlalu banyak garam dalam makanan dapat memicu peradangan jaringan dan meningkatkan risiko penyakit autoimun.

Perlu diketahui juga, garam dapat menghambat fungsi kekebalan tubuh, menekan respon antiinflamasi, mengubah bakteri usus, dan meningkatkan pembentukan sel yang menyebabkan penyakit autoimun. Karena itu, sangat penting untuk mengurangi asupan garam supaya fungsi kekebalan tubuh tetap terjaga.

  1. Makanan yang Digoreng

Makanan yang satu ini juga dapat melemahkan sistem imun tubuh, terutama bila dikonsumsi secara berlebihan. Sebab makanan ini dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sel tubuh. Makanan yang digoreng yang harus dihindari atau dibatasi yaitu kentang goreng, keripik kentang, ayam goreng, hingga ikan goreng. 

  1. Daging Olahan dan Hangus

Seperti makanan yang digoreng, daging olahan dan daging hangus juga dapat menyebabkan sistem imun lemah. Daging olahan mengandung lemak jenuh yang tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dapat menyebabkan disfungsi sistem kekebalan tubuh.

Daging olahan yang harus dihindari yaitu:

  • Bacon goreng.
  • Hot dog panggang.
  • Paha ayam dengan kulit.

Selain itu, asupan tinggi daging olahan dan daging hangus juga berkaitan dengan berbagai penyakit, termasuk kanker usus besar.

  1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji sangat tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsinya terlalu sering juga dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perlu diketahui, mengonsumi makanan cepat saji dapat menyebabkan peradangan, meningkatkan permeabilitas usus, dan menyebabkan ketidakseimbangan bakteri di usus. Hal tersebut dapat berdampak negatif pada kekebalan tubuh.

  1. Makanan Karbohidrat Olahan

Makanan karbohidrat olahan seperti roti putih dan makanan manis terlalu sering dapat membahayakan sistem imun tubuh. Makanan karbohidrat olahan juga merupakan jenis makanan dengan glikemik tinggi. Sehingga, dapat menyebabkan kadar gula darah dan insulin meningkat. 

Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan peningkatan produksi radikal bebas dan protein inflamasi. Selain itu, mengonsumsi karbohidrat olahan dapat mengubah bakteri usus yang berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Itulah yang perlu diketahui tentang makanan yang dapat menyebabkan sistem imun lemah. Jadi, sudah saatnya kamu membatasi konsumsi makanan tidak sehat di atas demi menjaga sistem imun tetap kuat. 

Jika kamu mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem imun, segera tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc tentang penanganannya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to eat and avoid to maintain a strong immune system
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Foods That May Weaken Your Immune System

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan