Mengenalkan Bahaya Merokok bagi Kesehatan Remaja

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Juni 2023

“Merokok pada remaja adalah kebiasaan berbahaya dan berpotensi menyebabkan dampak buruk pada kesehatan. Di antaranya risiko penyakit serius dan gangguan pertumbuhan serta perkembangan fisik dan mental.”

Mengenalkan Bahaya Merokok bagi Kesehatan RemajaMengenalkan Bahaya Merokok bagi Kesehatan Remaja

Halodoc, Jakarta – Rokok adalah produk tembakau yang terdiri dari daun tembakau yang dikeringkan dan digulung dalam kertas. Di dalamnya mengandung berbagai bahan kimia, termasuk nikotin, tar, dan karbon monoksida. 

Remaja yang merokok umumnya dipicu oleh berbagai faktor, seperti coba-coba, ingin kelihatan keren, atau bisa juga karena dipaksa teman. Padahal, hal ini bisa membuat ketergantungan hingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Berbagai Bahaya Merokok pada Remaja

Kebiasaan merokok pada anak remaja bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan, antara lain: 

1. Kerusakan paru-paru

Merokok bisa menimbulkan kerusakan paru-paru yang serius pada remaja. Rokok mengandung berbagai bahan kimia berbahaya seperti nikotin dan tar yang dapat merusak jaringan paru-paru. 

Hal ini dapat menyebabkan penurunan fungsi paru-paru, masalah pernapasan, dan risiko penyakit paru-paru kronis seperti bronkitis kronis atau emfisema di masa depan.

2. Risiko kanker

Perilaku merokok saat remaja bisa meningkatkan risiko kanker. Paparan secara terus menerus zat karsinogen dalam rokok menimbulkan perubahan genetik pada sel-sel tubuh yang menyebabkan perkembangan kanker.

Remaja yang merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru, mulut, tenggorokan atau bahkan kanker darah seperti leukemia.

Selain itu, tahukah kamu jika merokok bisa membahayakan kesehatan sperma? Info selengkapnya klik artikel ini: Benarkah Merokok Bisa Menurunkan Kualitas Sperma?

3. Gangguan kardiovaskular

Merokok juga dapat berdampak negatif pada sistem kardiovaskular remaja. Bahan kimia dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. 

Hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung atau stroke di usia muda. Merokok juga dapat memengaruhi kesehatan aliran darah ke organ penting seperti otak, ginjal, dan anggota tubuh.

4. Gangguan pertumbuhan dan perkembangan

Perokok remaja berisiko mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang terhambat. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang dan massa otot. 

Selain itu, merokok pada masa remaja dapat mengganggu perkembangan otak dan merusak kognisi, memori, dan fungsi kognitif lainnya.

5. Ketergantungan dan sulit berhenti

Merokok pada masa remaja meningkatkan risiko kecanduan nikotin yang parah. Nikotin adalah zat adiktif yang dapat mengubah otak dan membuat remaja sulit berhenti merokok. Kecanduan nikotin dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik, menyebabkan kecanduan jangka panjang yang sulit berhenti.

Selain beberapa poin di atas, kamu bisa bisa klik artikel ini untuk mengetahui Dampak Merokok bagi Kesehatan.

Penting bagi remaja untuk menyadari bahaya merokok bagi kesehatan mereka. Orang tua juga harus terlibat dalam pendidikan dan memberikan informasi yang benar tentang risiko merokok. 

Berhenti merokok di kalangan remaja menawarkan manfaat kesehatan jangka panjang dan meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Jika merokok sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan, kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog klinis untuk mengetahui cara yang efektif. Supaya lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter atau psikolog kapan dan di mana saja!

chat dengan dokter
Referensi:
CDC. Diakses pada 2023. Health Effects of Cigarette Smoking.
CDC. Diakses pada 2023. Youth and Tobacco Use.
Teens Health. Diakses pada 2023. Smoking.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan