• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minuman Menyegarkan, Kenali Fakta tentang Es Teh Manis

Minuman Menyegarkan, Kenali Fakta tentang Es Teh Manis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Minuman Menyegarkan, Kenali Fakta tentang Es Teh Manis

Halodoc, Jakarta – Memang tidak diragukan jika es teh manis sangat enak dan segar. Hampir di setiap restoran atau tempat makan menyediakan menu minuman es teh manis. Meskipun kebiasaan minum es teh manis saat makan sebenarnya tidak sehat, tampaknya tradisi ini belum bisa ditinggalkan banyak orang. 

Mungkin sudah saatnya kamu beralih pada es teh tawar. Perlu diketahui, satu galon teh manis biasanya mengandung setidaknya 1 cangkir gula. Artinya, sebanyak 25 gram gula setiap segelas es teh manis. Es teh manis mengandung asam oksalat yang berisiko pada masalah penyakit batu ginjal. Hal ini tentunya akan berbahaya jika sering minum es teh manis. 

Baca Juga: Lebih Bagus Mana Makan Buah Langsung atau Dijus

Fakta tentang Es Teh Manis

Teh secara khusus bermanfaat sebagai pengobatan herbal atau tradisional. Hanya saja, jika teh dikonsumsi secara benar dan tepat. Lantas bagaimana dengan es teh manis?

Tentu saja es teh manis sudah ditambah dengan gula agar terasa manis. Belum lagi tambahan es yang dingin dan menyegarkan di tenggorokan. Namun, kenikmatan itu hanya sesaat. Jika sering minum es teh manis tanpa tahu batasan, maka akan berdampak pada kesehatan baik jangka pendek maupun panjang. 

Inilah fakta es teh manis yang perlu diketahui, yaitu:

  • Salah Satu Penyebab Gagal Ginjal

Es teh manis mengandung asam oksalat yang tinggi. Kandungan asam oksalat jika dikonsumsi secara berlebihan akan menumpuk di ginjal. Hal ini mengganggu fungsi ginjal untuk mengeluarkan kotoran dari darah.

  • Risiko Diabetes Meningkat

Satu gelas es teh manis saja bisa mengandung 33 gram gula. Bahkan bisa lebih banyak dari itu. Jika kamu membeli es teh manis di warung, tempat makan, ataupun restoran, kamu tidak pernah tahu seberapa banyak takarannya. Hal ini dapat memicu risiko diabetes secara diam-diam. Jika ingin minum es teh manis yang aman, buatlah sendiri dengan takaran gula yang aman untuk kesehatan dan gunakan pemanis alami sebagai pengganti gula pasir.

  • Berisiko Alami Obesitas

Jika kamu memiliki berat badan berlebih dan sedang berusaha menurunkannya, menghindari konsumsi es teh manis wajib hukumnya. Sebab, dalam segelas es teh manis mengandung sebanyak 250 kalori. Jika sering minum es teh manis, maka akan sulit untuk menurunkan berat badan berlebih. Bahkan seseorang bisa mengalami obesitas.

Baca Juga: Puasa Sembuhkan Asam Lambung, Benarkah?

  • Salah Satu Pemicu Stroke

Risiko mengalami stroke adalah salah satu penyakit yang akan dihadapi orang yang sering minum es teh manis. Hal ini karena kandungan gula bisa memicu kadar trigliserida jadi lebih tinggi. Kondisi inilah yang memicu terjadinya stroke.

  • Sistem Kardiovaskular Memburuk

Segelas es teh manis juga mengandung sekitar 47 miligram kafein. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kafein memicu efek sampin pada sistem kardiovaskular. Seseorang bisa mengalami efek gemetar dan gelisah jika terlalu banyak minum es teh manis.

Teh adalah salah satu minuman yang paling populer di dunia. Jika dikonsumsi secara moderat dan aman, sebenarnya teh bermanfaat untuk kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan risiko penyakit kronis yang lebih rendah.

Namun, jika teh dikonsumsi dengan tambahan banyak gula seperti es teh manis dan dikonsumsi terlalu banyak dan sering, bisa menyebabkan efek samping negatif pada kesehatan. 

Baca Juga: Gejala Penyakit Asam Lambung pada Pria dan Wanita

Sebagian besar efek samping dari es teh manis berkaitan dengan kandungan gula yang tinggi, kafein, asam oksalat dan tanin. Jadi, penting untuk memperhatikan bagaimana kebiasaan minum es teh manis bisa memengaruhi kesehatan tubuh.

Mulai saat ini, ada baiknya kamu mengurangi asupan es teh manis. Atau setidaknya, kamu dapat mengurangi jumlah gula dan ganti jenis pemanis yang lebih sehat. 
Jika kamu tidak yakin dengan asupan yang tepat untuk tubuh kamu, cobalah diskusikan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga, kapan saja dan di mana saja.

Referensi:
My Southern Health. Diakses pada 2021. Sweet-tea lovers: Why you should switch to unsweetened tea today
Health Care. Diakses pada 2021. NOT SWEET: TOO MUCH ICED TEA CAUSES KIDNEY FAILURE
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Side Effects of Drinking Too Much Tea