• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Berenang Bisa Tularkan Virus Corona?

Mitos atau Fakta, Berenang Bisa Tularkan Virus Corona?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Mewabahnya COVID-19 saat ini membuat hampir seluruh pusat kebugaran dan kolam renang tutup guna menekan laju penyebaran virus. Virus corona diketahui dapat menyebar melalui droplet atau percikan air liur pengidap, serta benda-benda yang telah terkontaminasi. Namun, apakah benar jika virus dapat menular saat berenang? Berikut faktanya!

Baca juga: Ini 3 Asupan Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Corona

Berenang Bisa Tularkan Virus Corona adalah Mitos

Infeksi COVID-19 yang umum menyerang pernapasan ini ditularkan melalui percikan air liur pengidap saat batuk dan bersin. Tetesan air liur inilah yang mampu menularkan dengan sangat cepat pada banyak orang setelah memasuki hidung, mata, atau mulut seseorang. Jadi, berita yang beredar jika berenang bisa tularkan virus corona adalah mitos belaka.

Hingga artikel ini diterbitkan, belum ada bukti yang menyatakan bahwa infeksi COVID-19 menyebar pada orang-orang melalui air di tempat benerang umum. Dengan pemeliharaan yang tepat, termasuk desinfeksi dengan klorin dan bromin dapat menonaktifkan virus apapun dalam air. Karena semakin mewabahnya infeksi virus saat ini, penting bagi pengunjung maupun pemilik fasilitas kesehatan untuk mengambil langkah berikut guna memastikan kesehatan dan keselamatan:

  • Setiap pemilik usaha kolam renang harus mengikuti panduan dari pemerintah, kapan dan bagaimana fasilitas kolam renang dapat beroperasi kembali.

  • Semua orang wajib menjaga jarak dengan orang lain, serta menjaga kebersihan tangan dengan baik.

  • Pemilik wajib untuk membersihkan dan mendesinfeksi fasilitas kolam renang sebagai upaya pencegahan infeksi COVID-19.

Meskipun klorin di kolam renang ampuh dalam membunuh virus, tapi pemilik juga harus mematuhi aturan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kini tengah diberlakukan. Di rumah saja memang menjadi pilihan terbaik untuk melindungi keluarga yang kamu sayangi.

Baca juga: Puasa Bisa Tingkatkan Imun Tubuh saat Pandemi Corona

Tetap di Rumah Saja dan Lakukan Kegiatan Ini

Dari segi keamanan dan keselamatan keluarga, ketimbang berenang di luar rumah, kamu bisa melakukan sejumlah kegiatan berikut selama karantina diri di rumah:

  • Memasak Menu Baru

Memasak menu baru atau membuat kue bisa jadi kegiatan menyenangkan sekaligus bermanfaat yang bisa kamu lakukan saat menjalani karantina diri di rumah. Proses memasaknya sendiri dipercaya dapat memberikan efek relaksasi.

  • Membersihkan Rumah

Biasanya, seseorang akan membersihkan rumah di bagian yang paling sering dilalui atau dijamah. Sedangkan bagian lain seperti garasi atau gudang jarang sekali dibersihkan. Membersihkan rumah beserta perabotnya dapat dijadikan pilihan saat mengkarantina diri di rumah.

  • Menonton Film

Jika sudah tidak tahu ingin melakukan apa, menonton film berdurasi panjang bisa dijadikan alternatif untuk mengusir kebosanan selama di rumah saja. Film berdurasi panjang yang saat ini tengah digandrungi adalah drama korea. Jika banyak wishlist drama yang belum diselesaikan karena sibuknya aktivitas sebelum masa karantina, kini saatnya untuk menyelesaikan film yang ingin kamu tonton.

  • Aerobik atau Yoga

Aerobik atau yoga bukan hanya dilakukan di tempat kebugaran saja, lho. Meski hanya berada di dalam rumah, kamu tetap bisa melakukan keduanya dengan melihat video tutorial di internet. 

  • Membaca Buku

Sama seperti menonton film berdurasi panjang, jika kamu memiliki sejumlah buku yang sudah dibeli tapi belum sempat diselesaikan atau disentuh, selama karantina diri kamu bisa menggunakan waktu luang untuk membaca buku.

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah bermain dengan hewan peliharaan. Bermain dengan peliharaan dipercaya ampuh dalam meredakan stres selama masa karantina diri di rumah. Meskipun di rumah saja, kamu harus tetap aktif guna menjaga kesehatan organ jantung, serta melatih kekuatan dan fleksibilitas otot-otot dalam tubuh.

Baca juga: Perbedaan Sesak Napas pada Pengidap Asma dan COVID-19

Melakukan kegiatan yang disukai selama masa karantina diri juga baik bagi kesehatan mental. Untuk mendapatkan informasi baru seputar virus corona, kamu bisa men-download  aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:

CDC. Diakses pada 2020. Water and COVID-19 FAQs.
US Masters Swimming. Diakses pada 2020. Coronavirus and Swimming: What You Need to Know .
Honey Comber. Diakses pada 2020. Things to do at home + fun activities to keep you busy during your Coronavirus quarantine.