• Home
  • /
  • 6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah

6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya populer, rutin melakukan olahraga yoga ternyata juga bisa memberi banyak manfaat sehat untuk tubuh. Jenis olahraga yang satu ini disebut bisa meningkatkan kekuatan, kewaspadaan diri, serta keseimbangan antara otak dan tubuh. Dari segi kesehatan, yoga bisa mengurangi stres, mencegah risiko penyakit kronis, dan meredakan nyeri tubuh.

Selain itu, yoga ternyata juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental, yaitu membantu mengurangi stres dan dampaknya pada tubuh. Manfaat kecantikan juga bisa didapat, yoga bisa membantu membentuk tubuh lebih ideal. Seluruh manfaat luar biasa tersebut nyatanya tidak sulit untuk didapat. Kamu bisa mendapatkannya dari rutin berlatih yoga, temasuk di rumah.

Baca juga: Gerakan Yoga yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Gerakan Yoga di Rumah

Bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu, pergi ke pusat kebugaran atau studio yoga mungkin akan terasa sulit. Namun jangan khawatir, kamu bisa tetap melakukan yoga di rumah. Ada berbagai gerakan yoga yang bisa dilakukan di rumah, di antaranya:

  1. Seated Yoga Pose

Seperti namanya, pose yoga yang satu ini dilakukan dalam posisi duduk. Untuk melakukan gerakan ini, duduklah dengan posisi bersila dan tubuh tegak, dada membusung ke depan, kepala diangkat ke atas dan rileks. Pose seated yoga ini bertujuan untuk menguatkan otot dan merilekskan tubuh.

2. Mountain Pose

Mountain pose dilakukan dengan berdiri tegak dan bertujuan untuk memperbaiki postur tubuh dan melatih keseimbangan. Caranya, berdiri tegak dengan ujung ibu jari kaki menempel, sedangkan bagian tumit direnggangkan dan tangan berada di samping tubuh. Busungkan dada sampai membentuk postur tubuh ideal, kepala dalam posisi tegak, sedangkan punggung dan panggul tetap rileks. Tahan sekitar 30 detik sampai satu menit.

Baca juga: 4 Gerakan Yoga yang Cocok untuk Pengidap Asma

3. Tree Pose

Posisi ini dilakukan dengan berdiri satu kaki. Tree pose bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan meningkatkan kelenturan tubuh. Caranya, mulailah dari berdiri tegak, kemudian satukan kedua tangan seperti posisi berdoa. Selanjutnya, pelan-pelan angkat kaki kanan dan tempatkan telapak kaki kanan di bagian paha dalam. Tahan selama 30 detik dan jaga keseimbangan. Setelah selesai, ganti lakukan tree pose dengan kaki kiri.

4. Standing Yoga Pose

Standing yoga pose bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan membantu meregangkan bagian tubuh, seperti bahu, perut, dada, dan pinggul. Gerakan ini dimulai dari posisi berdiri tegak, kemudian angkat kaki kanan dengan menggunakan tangan kanan ke belakang hingga membentuk sudut 45 derajat. Jagalah keseimbanganmu dengan bertumpu pada kaki kiri, lalu pelan-pelan luruskan tangan kiri ke depan. Tahan selama 30 detik dan ganti dengan kaki kiri.

5. Warrior

Merupakan salah satu pose yang terkenal di yoga, warrior bermanfaat untuk memperkuat otot tubuh bagian bawah, sekaligus membangun stamina dan keseimbangan. Ada dua jenis posisi, warrior pose, warrior yang pertama adalah berdirilah tegak, lalu rentangkan kaki. Putar pundak menghadap ke salah satu sisi, kiri atau kanan, kemudian sesuaikan arah telapak kaki ke sisi tersebut. Tekuk lutut di kaki depan sejauh 90 derajat, sedangkan kaki belakang ikut dimiringkan membentuk posisi 45 derajat. Jaga posisi dada tetap tegak dan tahan sekitar 30 detik, kemudian ganti sisi yang lainnya.

Posisi warrior yang kedua, posisi kakinya sama dengan gaya warrior pertama. Namun, pada warrior ini, kedua tangan direntangkan lurus ke samping dengan telapak tangan menghadap ke bawah.

6. Child Pose

Gerakan yoga ini sangat mudah dilakukan dan bermanfaat untuk meregangkan pinggul, paha depan dan punggung. Pertama-tama, duduklah bersimpuh, lalu condongkan badan ke depan hingga bagian dada menyentuh paha dan dahi menyentuh lantai. Luruskan kedua tangan ke depan dan tahan selama 30 detik. Tutuplah mata dan tarik napas dalam-dalam selama melakukan pose ini.

Baca juga: Perut Rata dengan 3 Gerakan Yoga Ini

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
American Osteopathic Association. Diakses pada 2020. The Benefits of Yoga.
Yoga Journal. Diakses pada 2020. Beginners’ Yoga Poses.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 8 Yoga Poses for Beginners.