• Home
  • /
  • Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Ternyata, tidak hanya menyenangkan dan menyegarkan, berenang juga merupakan olahraga yang bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Kalau membicarakan gaya renang, mana yang menjadi favoritmu? Gaya punggung, dada, bebas, atau kupu-kupu? 

Dari empat gaya renang tersebut, ternyata orang sering menggunakan gaya dada atau lebih dikenal dengan gaya katak. Namun sebenarnya, masing-masing gaya renang memiliki manfaat, lho! Apa saja?

Gaya Dada atau Katak

Gaya renang yang satu ini sebenarnya dinamakan breaststroke. Namun, karena mirip dengan cara katak berenang, orang lebih mengenalnya dengan sebutan gaya katak. Manfaatnya antara lain:

1. Menghilangkan Stres

Dari segi kecepatan, gaya dada memang cenderung lamban. Jadi, kalau kamu ingin menghilangkan stres, berenang dengan gaya ini menjadi pilihan tepat. Posisi kepala yang terkadang berada di bawah permukaan air membantu menyegarkan pikiran dan menghilangkan stres. Sementara itu, tangan dan kaki yang meregang lurus bisa membantu merilekskan otot-otot tubuh.

Baca juga: Tips Agar Tidak Lapar Setelah Berolahraga

2. Menjaga Kadar Kolesterol Tubuh

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk memrroduksi vitamin D, melindungi sel, dan membentuk hormon. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa berbahaya untuk kesehatan jantung. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dengan rutin berenang menggunakan gaya dada.

3. Menurunkan Berat Badan

Kamu mungkin sudah tahu tentang manfaat renang yang satu ini. Pasalnya, laman Medical News Today menyatakan, renang adalah olahraga yang efisien untuk membakar lemak. Renang lebih efektif daripada lompat tali atau berlari di atas treadmill. Setidaknya, tubuh membakar sebanyak 60 kalori ketika berenang dengan gaya dada selama 10 menit. 

Gaya Bebas

Selain gaya dada, teknik berenang lain yang umum digunakan adalah gaya bebas. Gerakan renang satu ini juga mudah untuk dilakukan. Lalu, apa manfaat dari berenang menggunakan gaya bebas?

1. Menambah Tinggi Badan

Kamu tentunya sudah sering mendengar tentang manfaat berenang untuk membantu meninggikan badan. Hal itu benar adanya. Laman BuildYourDreamBody mengungkapkan, untuk bisa mendapatkan manfaat renang ini, kamu disarankan untuk menggunakan gaya bebas ketika berenang. Gerakan renang ini bersifat dinamis dan membuat tubuh tertarik ke depan dan belakang, sehingga dipercaya bisa membantu meninggikan badan.

Baca juga: Berenang Memakai Lensa Kontak Berisiko Terkena Uveitis?

2. Melatih Otot

Gaya bebas yang dinamis membuat otot-otot seluruh tubuh, mulai dari otot bahu, kaki, hingga perut bergerak maksimal. Artinya, orang yang rutin berenang dengan gaya bebas tidak mudah mengalami nyeri otot, terutama pada bagian punggung.

3. Memperkuat Pernapasan

Saat berenang menggunakan gaya bebas, kamu akan berlatih mengambil dan menahan napas pada saat yang tepat supaya tidak kehabisan napas atau tersedak air. Ini berarti kamu memiliki pernapasan yang lebih kuat.

Gaya Punggung

Teknik berenang yang berkebalikan dari gaya bebas ini cenderung lebih sulit dilakukan oleh pemula. Pasalnya, gaya punggung menuntut agar bagian punggung tetap berada di atas permukaan air. Nah, manfaat dari berenang dengan gaya punggung ini termasuk:

Membuat Tubuh Jadi Lentur

Laman Stylecraze menyatakan, tidak hanya meregangkan tulang punggung, renang gaya punggung juga bisa memberikan peregangan dari kepala hingga ujung kaki.

Mulai dari lengan tangan, pinggul yang dijadikan sebagai penopang kaki di dalam air, tulang belakang, hingga kaki, semua bergerak secara aktif. Hal ini menjaga agar ligamen dan sendi tetap lentur.

Gaya Kupu-kupu

Gaya kupu-kupu mengikuti gerakan kupu-kupu saat mengepakkan kedua sayapnya. Gaya renang ini banyak digunakan oleh atlet renang. Meskipun sulit dan cukup menguras tenaga, tapi manfaat yang bisa dirasakan terbilang cukup signifikan, yaitu:

1. Melangsingkan Tubuh

Berenang dengan gaya kupu-kupu diketahui lebih banyak membakar kalori dibandingkan dengan gaya dada. Melakukan gaya kupu-kupu selama 10 menit diklaim bisa membakar hingga 150 kalori, jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan berlari selama 10 menit.

Baca juga: Awas, Ini Bahaya Berenang Setelah Makan

2. Melatih Otot Lengan

Oleh karena sebagian besar gerakan renang gaya kupu-kupu menggunakan koordinasi antara lengan dan kaki, berenang dengan gaya ini membantu melatih kekuatan otot lengan.

Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum mulai berenang, ya, supaya kamu terhindari dari cedera. Namun, kalau sudah terjadi, coba langsung tanyakan pada dokter bagaimana penanganan pertama yang bisa dilakukan. Tidak perlu menunggu lama kalau kamu pakai aplikasi Halodoc, karena dokter di aplikasi Halodoc siap membantu kamu setiap saat.  

 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Physical and Mental Benefits of Swimming.
BuildYourDreamBody. Diakses pada 2020. Does Swimming Make You Taller?
Stylecraze. Diakses pada 2020. 13 Benefits of Swimming for Health and Fitness.