Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang enggak suka dengan olahraga renang?  Enggak cuma mengasyikkan dan menyegarkan, berenang juga merupakan olahraga yang bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, kalau lagi berenang, biasanya kamu suka menggunakan gaya apa? Ternyata keempat jenis gaya renang punya manfaatnya masing-masing, lho.

Melakukan olahraga air yang satu ini memang tidak mudah. Buktinya masih banyak orang yang kesulitan atau belum bisa berenang. Untuk bisa berenang dengan baik, kamu memang perlu tahu teknik dan gaya renang yang benar. Ada empat jenis gaya renang, yaitu gaya katak atau dada, gaya punggung, gaya bebas, dan gaya kupu-kupu. Kebanyakan orang paling sering menggunakan gaya katak saat berenang. Namun tahukah kamu, berenang dengan ketiga gaya lainnnya juga bisa memberimu manfaat khusus, lho. Berikut macam-macam gaya renang dan manfaatnya:

1. Gaya Dada atau Katak

Jenis gaya renang yang satu ini sebenarnya dinamakan gaya dada atau breaststroke. Namun, karena gaya renangnya meniru cara katak saat berenang, jenis gaya ini dikenal juga dengan sebutan gaya katak. Manfaatnya antara lain:

  • Menghilangkan Stres

Dari segi kecepatan, gaya dada cenderung lamban. Jadi, kalau kamu ingin menghilangkan stres, berenang dengan gaya dada adalah yang paling tepat. Posisi kepala yang kadang-kadang berada di bawah permukaan air bisa membantu menyegarkan pikiran dan menghilangkan stres. Selain itu, tangan dan kaki yang meregang lurus saat melakukan gaya katak, bisa membantu merilekskan otot-otot tubuh. Sehingga, rasa nyeri pada tubuh akan hilang, badan terasa segar, dan kamu pun akan kembali semangat.

  • Menjaga Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk memproduksi vitamin D, melindungi sel, dan membentuk hormon. Namun, bila kadar kolesterol terlalu tinggi, bisa berbahaya untuk kesehatan jantung. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan rutin berenang menggunakan gaya dada.

  • Menurunkan Berat Badan

Kamu mungkin sudah tahu tentang manfaat renang yang satu ini. Namun tahu juga kah kamu, kalau renang adalah olahraga yang paling efisien untuk membakar lemak. Bahkan, renang lebih efektif daripada lompat tali dan berlari di atas treadmill. Berenang dengan gaya dada selama 10 menit bisa membakar 60 kalori dalam tubuh.

2. Gaya Bebas

Selain gaya dada, gaya bebas juga teknik yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Gaya bebas juga sangat mudah untuk dilakukan, sehingga kamu sebaiknya mempelajari gaya renang yang satu ini. Manfaat gaya bebas untuk kesehatan di antaranya adalah:

  • Menambah Tinggi Badan

Kamu tentunya sudah sering mendengar tentang manfaat berenang untuk membantu meninggikan badan. Hal itu memang benar adanya. Namun, untuk bisa merasakan manfaat renang yang satu ini lebih optimal, kamu disarankan untuk berenang dengan gaya bebas. Gerakan renang gaya bebas yang sangat dinamis dan membuat tubuh tertarik ke depan dan ke belakang, dipercaya bisa membantu meninggikan badan.

  • Melatih Otot

Gaya bebas yang dinamis membuat otot-otot seluruh tubuh, mulai dari otot bahu, kaki, dan perut bergerak dan terlatih. Sehingga, orang yang rutin berenang dengan gaya bebas tidak akan mudah mengalami kram otot.

  • Memperkuat Pernapasan

Dengan berenang menggunakan gaya bebas, kamu akan berlatih mengambil dan menahan napas pada saat yang tepat supaya tidak kehabisan napas atau tersedak air. Dengan latihan ini, kamu akan memiliki pernapasan yang lebih kuat.

3. Gaya Punggung

Gaya renang yang merupakan kebalikan dari gaya bebas ini mungkin agak lebih sulit dilakukan oleh pemula. Sebab, untuk melakukan gaya punggung, kamu harus menjaga agar bagian punggung tetap berada di atas permukaan air. Manfaat berenang gaya punggung adalah:

  • Menambah Tinggi Badan

Ternyata selain gaya bebas, gaya punggung juga dipercaya bisa membantu menambah tinggi badan, lho. Hal ini karena melakukan gaya punggung akan membantu meregangkan tulang punggung, sehingga badan dapat lebih tinggi. Untuk merasakan manfaat ini, kamu dianjurkan untuk berenang dengan gaya punggung secara rutin.

  • Membuat Tubuh Jadi Lentur

Tidak hanya meregangkan tulang punggung, renang gaya punggung juga bisa memberi peregangan dari kepala hingga ujung kaki dengan baik. Mulai dari lengan tangan, pinggul yang dijadikan sebagai penopang kaki di dalam air, tulang belakang, hingga kaki, semua bergerak secara aktif. Hal ini memberi pengaruh baik, yaitu ligamen dan sendi dapat tetap lentur dan longgar.

4. Gaya Kupu-kupu

 

 

Seperti namanya, gaya kupu-kupu mengikuti gerakan kupu-kupu saat mengepakkan kedua sayapnya. Gaya renang ini banyak digunakan oleh atlet renang ketika sedang berlomba atau mengikuti olimpiade. Meskipun sulit dan cukup menguras tenaga, tapi manfaat yang bisa dirasakan dari gaya renang ini cukup signifikan.

  • Melangsingkan Tubuh

Berenang dengan gaya kupu-kupu diketahui lebih banyak membakar kalori dibandingkan dengan gaya dada. Melakukan gaya kupu-kupu selama 10 menit, bisa membakar 150 kalori. Jumlah kalori ini lebih banyak dibandingkan dengan berlari selama 10 menit.

  • Melatih Otot Lengan

Karena sebagian besar gerakan renang gaya kupu-kupu menggunakan koordinasi antara lengan dan kaki, jadi berenang dengan gaya ini bisa membantu melatih otot lengan.

Nah, itulah manfaat dari keempat jenis gaya renang yang ada (Baca juga: Tingkatkan Stamina Tubuh dengan 6 Manfaat Renang Berikut Ini). Jadi, kamu sebaiknya tidak hanya menguasai satu gaya renang saja, tapi lakukan juga gaya renang lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kamu juga bisa menghubungi dokter lewat aplikasi Halodoc jika sakit atau mengalami cedera. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.