• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta Water Infus Okra Bisa Sembuhkan Vertigo

Mitos atau Fakta Water Infus Okra Bisa Sembuhkan Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Berwarna hijau dengan bentuk yang mirip cabe besar, tak menjadikan okra sebagai sayuran. Sebab, okra termasuk jenis buah polong-polongan berbentuk kapsul, yang dihasilkan oleh tanaman berbunga Abelmoschus esculentus. Manfaatnya bagi kesehatan sudah banyak dikenal. Namun, benarkah water infus okra bisa sembuhkan vertigo?

Sayangnya, itu hanya mitos saja. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang secara khusus membuktikan bahwa okra dan hidangan olahannya bisa menyembuhkan vertigo. Pada dasarnya, cara mengatasi vertigo perlu dilakukan dengan menggabungkan berbagai pola makan dan pola hidup sehat, serta konsultasi ke dokter. 

Baca juga: Belum Banyak yang Kenal, Ini Manfaat Sayuran Okra untuk Kesehatan

Bagaimana Cara Sembuhkan Vertigo yang Benar?

Vertigo sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari kondisi tertentu. Itulah sebabnya cara sembuhkan vertigo yang benar adalah mengatasi terlebih dahulu penyakit yang memicu timbulnya serangan. Pada beberapa kasus, vertigo memang bisa sembuh dengan sendirinya, jika otak berhasil beradaptasi dengan perubahan pada telinga bagian dalam. 

Namun, vertigo biasanya membutuhkan upaya pengobatan khusus, jika disebabkan oleh manuver Epley untuk menangani BBPV dan penggunaan obat-obatan. Menjalani terapi rehabilitasi vestibular dapat menjadi salah satu metode pengobatan untuk vertigo. Sebab, terapi ini dapat membantu otak beradaptasi dengan sinyal membingungkan dari telinga, sehingga frekuensi serangan bisa berkurang.

Selain metode tersebut, upaya untuk sembuhkan vertigo juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah, selama gejala masih belum terlalu parah. Pengobatan yang bisa dilakukan di rumah dapat berupa pijatan ringan, minum air putih yang cukup, istirahat, dan minum teh jahe.

Baca juga: 5 Manfaat Luar Biasa Okra yang Tidak Boleh Dilewati

Bukan Sembuhkan Vertigo, Ini Manfaat Okra

Kembali lagi ke okra, meski belum terbukti bisa sembuhkan vertigo, bukan berarti okra tak layak dikonsumsi, lho. Menurut National Nutrient Database, dari Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam sekitar 100 gramnya, okra mengandung 33 gram kalori, 8 gram karbohidrat, 2 gram protein, dan 3,2 gram serat. 

Selain itu, okra juga mengandung banyak mikronutrien penting, seperti vitamin A, B6, C, K, kalium, natrium, magnesium, kalsium, dan folat. Okra juga termasuk sumber pangan nabati yang kaya antioksidan, seperti katekin oligomer, jenis antioksidan turunan flavonoid dan fenolik. Kandungan antioksidan dalam okra tersebut memiliki sifat antiradang dan antimikroba yang baik bagi tubuh.

Lebih lanjutnya, berikut beberapa manfaat konsumsi okra untuk kesehatan:

  • Menyehatkan Pencernaan

Dalam studi yang dimuat di International Journal of Nutrition and Food Sciences, disebutkan bahwa okra mengandung serat tidak larut dalam jumlah yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa jenis serat ini dapat membantu mendorong feses keluar melewati usus besar. Dengan begitu, pencernaan pun akan jadi lancar.

  • Menurunkan Kolesterol Tinggi

Pengidap kolesterol tinggi perlu tahu, bahwa okra termasuk salah satu makanan yang berpotensi menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini karena kandungan polisakarida dalam lendir okra, dapat mengikat asam empedu yang membawa racun dari hati, sehingga dapat menurunkan kolesterol.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Selain serat tidak larut, okra juga mengandung serat larut, terutama jenis gum dan pektin. Kedua jenis serat tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, yang secara otomatis menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Baca juga: Mengidap Kolesterol Tinggi, Konsumsi 10 Makanan Ini

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan serat tinggi dalam okra juga bermanfaat untuk membuat kadar gula darah dalam tubuh stabil, dengan cara memperlambat laju penyerapan glukosa dari usus. Hal ini didukung oleh temuan yang dimuat dalam Journal of Pharmacy and Bioallied Sciences, yang mengungkapkan bahwa semakin banyak serat okra yang dikonsumsi, kadar gula darah cenderung lebih stabil.

  • Meningkatkan Imunitas

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam okra dapat membantu memelihara imunitas tubuh. Seperti diketahui, vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih, yang merupakan komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sementara antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat melemahkan kekebalan tubuh. 

  • Asupan Bagus untuk Ibu Hamil

Saat hamil, tubuh memerlukan asupan makanan dengan nutrisi seimbang, demi mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Nah, seperti telah dijelaskan tadi, okra merupakan salah satu makanan dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Hal ini membuatnya bisa jadi asupan bagus untuk ibu hamil. 

Itulah beberapa manfaat konsumsi okra. Perlu diingat juga bahwa untuk mencapai tubuh yang sehat, kamu tetap perlu mengimbangi konsumsi makanan sehat dengan olahraga teratur, minum air putih yang cukup, dan hindari stres. Kalau muncul gejala sakit, segera download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter, ya!

Referensi:
Medical Daily. Diakses pada 2020. Why You Should Add Okra (Lady's Finger) To Your Diet.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Benefits and Uses of Okra.
Livestrong. Diakses pada 2020. Is Okra Good for You?
WebMD. Diakses pada 2020. Vertigo: Causes, Symptoms, and Treatment