Mengidap Kolesterol Tinggi, Konsumsi 10 Makanan Ini

Mengidap Kolesterol Tinggi, Konsumsi 10 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Kadar kolesterol jahat dalam darah umumnya mengacu pada penyakit kardiovaskular akibat terhambatnya pasokan darah yang masuk ke jantung. Penyakit jantung menjadi penyebab utama banyak kematian di dunia. Maka dari itu, penting untuk selalu mengontrol kadar kolesterol terutama bagi pengidap kolesterol tinggi untuk menghindari berbagai komplikasi.

Bagi pengidap kolesterol tinggi, pola makan berdampak besar pada kolesterol dan faktor risiko lainnya. Lantas, makanan seperti apa yang baik dikonsumsi oleh pengidap kolesterol? Berikut jenis makanan yang patut dicoba

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Cek Kolesterol?

1. Oat

Oat merupakan jenis makanan yang sering disajikan untuk sarapan. Ternyata, semangkuk sereal gandum bisa bekerja untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh lho. Sebab, serat yang terkandung dalam oat bisa melarutkan lemak-lemak yang menempel di dinding arteri.

Kamu bisa menambahkan pisang atau stroberi untuk menambah citarasa dan jumlah serat. Selain oat, jenis gandum lain juga direkomendasikan karena sama-sama memiliki serat larut.

2. Kacang

Selain gandum, kacang ternyata mengandung serat larut yang baik dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi. Kacang juga membutuhkan waktu untuk tubuh untuk dicerna, sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama setelah makan. Itulah salah satu alasan mengapa kacang adalah makanan yang bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

3. Terong

Bukan hanya gandum dan kacang-kacangan, ternyata terong juga mengandung serat yang baik untuk pengidap kolesterol tinggi lho. Selain serat, terong juga mengandung kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, flavonoid atau pigmen larut air pada terong juga bisa mencegah berbagai jenis penyakit jantung.

4. Okra

Okra merupakan sayuran yang kaya akan serat dan antioksidan, sehingga mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat yang mengendap di dalam dinding arteri.

5. Minyak Nabati

Mengganti minyak untuk memasak juga kunci penting untuk mengontrol kolesterol dalam darah. Sebaiknya, ganti mentega atau minyak sawit dengan minyak nabati cair seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Harus Minum Obat

6. Buah-Buahan

Buah-buahan yang kaya akan pektin bisa bekerja untuk melarutkan LDL dalam darah. Sebab, zat pektin ini mengandung serat larut yang bisa membantu meluruhkan lemak-lemak yang hinggap di arteri. Buah-buahan yang dikenal tinggi pektin yakni, apel, anggur, stroberi, dan buah jeruk.

8. Sterol dan Stanol

Sterol dan stanol biasanya didapat dari ekstrak tanaman yang dapat berfungsi meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Biasanya, senyawa ini ditambahkan ke dalam seperti margarin, granola, cokelat, sampai jus jeruk. Selain makanan, senyawa ini juga tersedia sebagai suplemen. Mendapatkan 2 gram sterol atau stanol per hari dapat menurunkan kolesterol LDL sampai sekitar 10 persen.

9 Kedelai

Kedelai atau produk olahan kedelai seperti tahu dan susu kedelai diduga ampuh untuk menurunkan kolesterol. Terdapat penelitian menunjukkan bahwa efek konsumsi protein kedelai sehari dapat menurunkan LDL sebesar 5–6 persen.

10. Ikan

Sebagai pengganti daging, pengidap kolesterol tinggi bisa mengonsumsi ikan yang mengandung lemak omega-3. Lemak omega-3 bermanfaat untuk menurunkan kadar LDL dalam darah apalagi jika rutin dikonsumsi dua atau tiga kali seminggu. Cara kerja lemak omega-3, yakni dengan mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung abnormal.

Baca Juga: 4 Jenis Camilan Sehat yang Dianjurkan untuk Pengidap Kolesterol Tinggi


Punya keluhan kolesterol tinggi? Sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Enggak perlu repot, sekarang bisa lho langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!