5 Manfaat Luar Biasa Okra yang Tidak Boleh Dilewati

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
manfaat okra

Halodoc, Jakarta - Okra memiliki penampilan yang mirip dengan sayur oyong dan cabe besar hijau ini memiliki bulu-bulu halus di permukaan kulitnya. Sayuran yang satu ini memiliki lendir di dalamnya yang dapat dimasak seperti sayuran biasanya dengan ditumis, atau dimakan langsung sebagai lalapan. Seperti sayuran lainnya, okra juga memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Berikut ini manfaat okra bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: 7 Makanan Sehat Bagi Pengidap Asam Lambung

1. Mencegah Penyakit Diabetes

Okra kaya akan serat yang dapat membantu mencegah datangnya penyakit diabetes. Pasalnya, okra dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa, otomatis kadar gula darah dalam tubuh juga berkurang. Sayuran yang satu ini memiliki indeks glikemik rendah yang cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

2. Mencegah Sembelit

Sembelit dapat terjadi ketika pergerakan usus menurun, sehingga sulit buang air besar untuk waktu yang lama. Dengan mengonsumsi okra, akan membantu penyerapan air dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi, sehingga mencegah terjadinya sembelit.

3. Mencegah Penyakit Asma

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dalam okra dapat membantu mengendalikan asma. Pasalnya, penyakit asma dapat terjadi karena tubuh kekurangan  vitamin C yang menyebabkan sel dan jaringan tubuh, termasuk paru-paru rentan mengalami peradangan. Pengidap asma yang kurang mengonsumsi vitamin C akan sering mengalami gejala asma kambuhan. Dengan rutin mengonsumsi vitamin C, asma dapat dikendalikan.

Baca juga: Belum Banyak yang Kenal, Ini Manfaat Sayuran Okra untuk Kesehatan

4. Mencegah Sunstroke

Sunstroke dapat terjadi ketika kepala seseorang terpapar sinar matahari atau udara panas secara berlebihan. Kondisi ini bahkan dapat menyebabkan terjadinya hipertermia yang berbahaya bagi pengidapnya. Pengidap sunstroke bahkan bisa saja kehilangan nyawanya ketika suhu tubuh naik hingga 40 derajat celsius.

Pasalnya, suhu tubuh tidak dapat kembali normal dengan sendiri. Untuk mencegah terjadinya hal ini, kamu dapat mengonsumsi sayuran okra agar tubuh tidak mudah sakit ketika terpapar sengatan matahari.

5. Menurunkan Kolesterol

Mengidap kolesterol tentu akan membuat kamu lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Karena jika salah, yang ada kolesterol akan melonjak naik dan memicu terjadinya penyakit stroke, jantung, serta gagal jantung. 

Untuk mencegah terjadinya hal ini, kamu bisa mengonsumsi okra yang baik dalam menurunkan kolesterol. Kandungan polisakarida dalam lendir okra dapat menurunkan kadar kolesterol, karena mampu mengikat asam empedu yang membawa racun dari hati. Selain itu, okra tinggi serat tak larut yang bekerja mengatur laju penyerapan gula dari usus, yang kemudian menormalkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca juga: Mengidap Kolesterol Tinggi, Konsumsi 10 Makanan Ini

Karena kaya serat dan antioksidan, konsumsi sayuran ini dalam batas aman dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh kamu. Namun jika berlebihan, justru kamu bisa saja mengidap masalah lain pada kesehatan. Karena apapun yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik, tak terkecuali okra. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc.

Untuk terhindar dari berbagai macam penyakit, jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat. Jaga tubuh agar tetap sehat dan bugar dengan perbanyak konsumsi air putih, olahraga secara teratur, tidur dan beristirahat dengan cukup, banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, kurangi konsumsi makanan siap saji, kurangi konsumsi kafein dan soda, hindari rokok dan konsumsi alkohol, serta lakukan meditasi.