Belum Banyak yang Kenal, Ini Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan

Belum Banyak yang Kenal, Ini Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan

Buah dan sayur adalah makanan terbaik yang disediakan alam untuk manusia. Beragam jenis nutrisi didapatkan sehingga tubuh senantiasa sehat. Buah dan sayur dinilai lebih sehat ketimbang daging merah yang menyebabkan efek samping, misalnya hipertensi. Banyak sekali jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi, namun ada satu jenis buah yang masih belum banyak orang tahu, namun manfaatnya banyak sekali.

Buah okra, adalah tanaman yang dapat dikonsumsi hingga biji di dalamnya. Tanaman ini umumnya sangat lunak dan berlendir.

Buah ini dikenal juga sebagai ‘lady finger’ atau oyong, yang umumnya tumbuh di negara beriklim tropis seperti Indonesia, Asia, India, dan Timur Tengah tidak terlalu asing dengan menu makanan yang terbuat dari okra.

Mengandung Banyak Vitamin, Ini Manfaat Buah Okra

Sayangnya sebagian orang tidak mau konsumsi olahan okra. Hal ini karena teksturnya cenderung berlendir dan lengket, terutama ketika dipanaskan. Padahal di balik kekurangan tersebut, okra mengandung potensi yang baik untuk kesehatan tubuh. Okra mengandung berbagai macam mineral, seperti kalium, magnesium, tembaga, seng, fosfor, dan kalsium. Okra juga mengandung vitamin, mulai dari vitamin A, B, C,  hingga vitamin K. Simak di sini untuk manfaat buah okra yang perlu diketahui:

  • Menurunkan Gula Darah

Meski perlu adanya penelitian lebih lanjut, okra diyakini memiliki manfaat bagi pengidap diabetes. Hal ini karena senyawa dalam buah ini menstabilkan kadar gula darah. Caranya kamu mengonsumsi biji okra yang dipanggang atau meminum air okra. Air okra dibuat dengan merendam okra semalaman di dalam air putih dan meminum air rendaman tersebut di pagi harinya.

Kemampuannya menurunkan gula darah diduga berkat kandungan seratnya yang tinggi, sehingga mampu memperlambat pelepasan gula dalam darah dan mengandung indeks glikemik yang rendah. Namun, kamu tetap harus rutin kontrol gula darah dan kombinasi dengan penggunaan obat oral anti hiperglikemia.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ini Agar Prediabetes Enggak Menjadi Diabetes

  • Melancarkan Pencernaan dan Mencegah Konstipasi

Pencernaan lancar dan bebas dari konstipasi bisa kamu dapatkan dari buah satu ini. Kandungan serat alami di dalamnya terbilang serupa dengan serat pada sereal. Selain itu, lendir okra mampu mencegah konstipasi atau sembelit.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Ekstrak okra juga dipercaya memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena okra mengandung serat yang tinggi dan kaya kandungan antioksidan.

  • Merawat Fungsi Ginjal

Konsumsi okra secara teratur terbukti mencegah gangguan fungsi ginjal. Sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Jilin Medical Journal menemukan orang yang mengonsumsi lebih banyak okra secara rutin memiliki gejala gangguan fungsi ginjal yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak memakan okra.

  • Mencegah Anemia

Manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah anemia. Caranya dengan rutin konsumsi okra dapat membantu produksi sel darah merah yang secara efektif bisa mencegah atau mengobati anemia.

  • Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan

Manfaat okra lainnya juga bisa diperoleh ibu hamil ataupun ibu menyusui. Kandungan folat pada okra mampu membantu perkembangan janin dalam rahim dan menurunkan resiko cacat ketika lahir. Konsumsi okra saat hamil menjadi alternatif untuk memenuhi asupan folat harian yaitu dalam 100 gram okra terkandung sekitar 60 mcg folat dengan rekomendasi 400 mcg folat per harinya.

Baca Juga: Jus Ini Ampuh untuk Langsingkan Tubuh

Itulah manfaat buah okra yang wajib kamu tahu. Apabila kamu memiliki masalah terkait kesehatan, kamu sebaiknya mengkomunikasikannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan yang tepat. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.