• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Muncul Kerutan Halus, Ini Perawatan Wajah yang Tepat

Muncul Kerutan Halus, Ini Perawatan Wajah yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Seiring dengan bertambahnya usia, terjadi banyak perubahan pada tubuh, tidak terkecuali wajah. Salah satunya adalah kemunculan kerutan atau garis halus yang tidak bisa dihindari. Namun, kamu tidak perlu risau, karena melakukan perawatan wajah yang tepat membantu kamu terhindar dari kerutan halus yang mengganggu penampilan. Nah, berikut ini perawatan untuk mengusir kerut halus dari wajah yang bisa dicoba:

  • Melakukan Pijat Wajah

Tidak hanya membantu menghilangkan keriput dan kerut halus pada wajah, memijat wajah juga membantu mengembalikan elastisitas alias kekencangan kulit kamu. Namun, ini juga ada caranya, kamu hanya perlu memfokuskan pada area kelenjar getah bening untuk mengurangi kadar air yang berlebihan dari wajah. Ulangi secara teratur agar hasilnya maksimal. Mulanya, pakai jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat dengan arah melingkar.

Baca juga: Kerutan di Bawah Mata Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya

Kamu bisa memulai pada bagian bawah telinga, dan bergeraklah menuju ke area leher dan bagian tulang selangka. Lanjutkan pada area bawah dagu, bagai bawah rahang hingga ke area telinga. Jangan lupa, pijat permukaan kulit dari telinga bagian ujung dalam hingga ke ujung luarnya, dan lanjutkan pada bagian pelipis turun ke sisi wajah bagian bawah. 

  • Bersihkan Wajah dari Campuran Madu dan Susu Segar

Khasiat madu untuk kesehatan dan kecantikan memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Manfaatnya untuk membantu menjaga kulit agar tetap lembap, sehingga elastisitas kulit meningkat dan keriput serta kerut halus pada wajah berkurang. 

Agar khasiatnya lebih terasa, kamu bisa mengombinasikan madu dengan susu segar, karena susu segar membantu menghilangkan debu dan kotoran yang menyumbat pori kulit. Hasilnya, kulit kamu memroduksi lebih banyak kolagen yang dibutuhkan untuk kesehatan wajah. 

  • Membuat Pembersih Muka dari Gula dan Air Lemon

Gula mengandung senyawa asam glikolat yang efektif untuk meregenerasi sel kulit wajah yang mengalami kerusakan. Sementara itu, air lemon memiliki manfaat membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah terasa lebih lembut ketika disentuh. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C pada buah lemon juga berperan dalam proses produksi senyawa kolagen di kulit. 

Baca juga: 10 Trik Makeup Sembunyikan Keriput

  • Membuat Masker Wajah dari Bahan Putih Telur

Perawatan wajah lain yang bisa dicoba untuk membantu mengurangi kerutan halus pada wajah adalah membuat masker wajah. Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan mahal, kamu bisa membuat masker wajah sendiri dari bahan alami yang mudah ditemukan, seperti misalnya putih telur. Mengapa harus putih telur? Ternyata, bahan alami satu ini memiliki kandungan astringent untuk membuat kulit lebih kencang. 

  • Jangan Lupa, Perhatikan Pola Makan

Tidak hanya melakukan berbagai perawatan wajah, kamu bisa menghapus kerutan di kulit wajah dengan menjaga pola makan. Hindari makanan yang berminyak, berlemak, dan memicu wajah menjadi kusam dan tidak sehat. Sebagai gantinya, konsumsi makanan kaya antioksidan, omega-3, dan vitamin. 

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi

Kalau masalah kerutan ini masih saja mengganggu, saatnya kamu bertanya pada dokter bagaimana cara melakukan perawatan dengan tepat. Pakai aplikasi Halodoc, karena aplikasi ini membuat kamu lebih mudah dalam bertanya jawab dengan dokter atau membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat. 

Referensi: 
Natural Living Ideas. Diakses pada 2020. 13 Best Home Remedies for Reducing Wrinkles.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Wrinkle Creams: Your Guide to Younger Looking Skin.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Wrinkles: 10 Natural Treatments.