Obat Kesemutan yang Ampuh dan Aman di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 April 2024

“Kesemutan merupakan kondisi yang umum terjadi dan bisa hilang dengan sendirinya jika area tubuh yang terkena diistirahatkan. Kamu bisa mengatasi dengan obat atau suplemen seperti Neurobion Forte, Dolo-Neurobion, hingga Neo Rheumacyl Neuro yang bisa didapatkan di Halodoc.”

Obat Kesemutan yang Ampuh dan Aman di ApotekObat Kesemutan yang Ampuh dan Aman di Apotek

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Kesemutan atau kondisi yang memiliki nama medis parestesia, merupakan hal yang umum orang alami. Kondisi ini memiliki gejala sensasi terbakar, tertusuk-tusuk, atau mati rasa di bawah kulit. Beberapa obat kesemutan mungkin bisa diresepkan, tetapi biasanya kamu hanya akan diberikan suplemen untuk menjaga kesehatan saraf.

Setiap orang pernah mengalami kesemutan, dan penyebab sering kesemutan bisa karena berbagai alasan. Kebanyakan penyebab umum tidak berbahaya dan normal. Namun, dalam beberapa kasus, kesemutan dapat menandakan adanya kondisi medis.

Lantas, apakah ada obat untuk mengatasi kondisi tersebut?

Obat untuk Mengatasi Penyebab Sering Kesemutan

Sebagian besar kesemutan bisa hilang dengan sendirinya jika kamu mengistirahatkan area tubuh yang terkena.

Namun, jika kesemutan berlangsung lebih lama atau sering kambuh, tidak ada salahnya untuk mencoba mengobatinya.

Berikut ini beberapa obat untuk mengatasi penyebab sering kesemutan:

1. Neurobion Forte 10 Tablet

Obat kesemutan pertama yang dapat kamu gunakan adalah Neurobion Forte 10 Tablet.

Neurobion Forte merupakan obat suplemen dengan kandungan vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 yang penting untuk kesehatan fungsi saraf. Maka dari itu, obat ini dapat membantu mengurangi kesemutan, nyeri saraf (neuralgia), dan neuropati perifer.  

Kamu dapat mengonsumsi obat ini saat makan atau sesudah makan dengan cara menelan tablet dengan utuh tanpa dikunyah. Dosis pemakaian obat ini untuk orang dewasa adalah 1 tablet, 1 kali per hari atau sesuai dengan anjuran dokter.

Rentang harga: Rp50.200 per strip.c

Dapatkan Neurobion Forte 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Dolo-Neurobion 10 Tablet

Berikutnya, kamu juga dapat menggunakan obat Dolo-Neurobion 10 Tablet untuk mengatasi kesemutan.

Dolo-Neurobion merupakan obat pereda nyeri yang sekaligus bermanfaat sebagai suplemen vitamin. Obat ini memiliki kandungan paracetamol, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 yang efektif untuk meredakan rasa nyeri neuritis dan neuralgia.

Kamu dapat mengonsumsi obat ini sebelum atau sesudah makan dengan dosis 2-3 x sehari 1 tablet. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi obat ini bersama makanan untuk mengurangi ketidaknyamanan saluran pencernaan.

Rentang harga: Rp27.100 per strip.

Dapatkan Dolo-Neurobion 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

3. Neurosanbe 5000 10 Tablet

Neurosanbe 5000 10 Tablet mengandung vitamin B1, B6 dan B12. Obat ini digunakan untuk mengatasi gangguan sistem saraf perifer dan defisiensi vitamin B yang dapat menimbulkan kesemutan pada bagian tubuh tertentu.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada lambung, konsumsilah obat ini bersama makanan. Dosisnya cukup 1 tablet setiap hari. 

Hal yang perlu diingat, beri tahu dokter sebelum mengonsumsi obat ini bila kamu sedang hamil, menyusui, kesulitan dalam bernapas, mengidap penyakit kulit melepuh, atau sedang mengonsumsi obat resep atau nonresep. 

Rentang harga: Rp42.000 per strip.

Dapatkan Neurosanbe 5000 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Neurodex 10 Tablet

Opsi lainnya yang dapat kamu gunakan untuk meredakan kesemutan adalah Neurodex 10 Tablet. Obat ini merupakan kombinasi dari berbagai jenis vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan saraf seperti vitamin B1, B6, dan B12. Neurodex dapat digunakan untuk pengobatan kekurangan vitamin seperti pada polineuritis.

Kamu dapat mengonsumsi obat kesemutan ini sebelum atau sesudah makan sebanyak 1 tablet sehari atau menurut petunjuk dokter. Untuk mengurangi ketidaknyamanan perut, kamu juga dapat mengonsumsinya bersama makanan 

Rentang harga: Rp8.100 per strip

Dapatkan Neurodex 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Forneuro 6 Kapsul

Obat kesemutan selanjutnya adalah Forneuro yang mengandung vitamin B1, B6, B12, E dan asam folat. Forneuro  mampu membantu meringankan gejala kram, kaku, kebas, kesemutan dan pegal pada otot. Multivitamin ini dapat mencegah dan mengobati defisiensi  B1, B6, B12, E dan asam folat, dan anemia megaloblastik.

Rentang harga: Rp51.400 per strip.

Dapatkan Forneuro 6 Kapsul  di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Neurohax 5000 10 Tablet

Kamu juga bisa menggunakan Neurohax 5000 10 Tablet untuk mengatasi kesemutan.

Obat kesemutan ini mengandung vitamin B1, B6 dan B12 yang secara efektif dapat membantu mengatasi gangguan saraf tepi. Selain itu, obat ini juga dapat dikonsumsi sebagai suplemen untuk mengatasi kekurangan vitamin B.

Untuk dosis penggunaan, kamu dapat mengonsumsi obat ini bersama dengan makanan 1 x sehari 1 tablet. Perlu dicatat, obat ini berpotensi menimbulkan efek samping seperti kegelisahan, gatal kulit, batuk, kesulitan bernafas, dan berkeringat.

Rentang harga: Rp18.700 – Rp37.200 per strip.

Dapatkan Neurohax 5000 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Neo Rheumacyl Neuro 10 Kaplet

Obat kesemutan yang pertama yaitu Neo Rheumacyl Neuro. Obat ini memiliki kandungan ibuprofen, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12. 

Kamu dapat menggunakan obat kesemutan tangan ini untuk meringankan rasa nyeri atau ngilu serta kebas, kesemutan, dan kram.

Rentang harga: Rp10.000 – Rp11.600 per strip.

Dapatkan Neo Rheumacyl Neuro 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Dapatkan produk-produk di atas dengan mudah serta praktis, dari mana saja dan kapan saja di Toko Kesehatan Halodoc!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Paresthesia?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Paresthesia.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to know about paresthesia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan