Ini Waktu Terbaik untuk Berhubungan Intim agar Cepat Hamil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 September 2023

“Walaupun tidak menjadi perhitungan mutlak, tetapi melakukan hubungan intim saat memasuki masa ovulasi adalah waktu terbaik untuk meningkatkan peluang kehamilan. Selain itu, melakukan hubungan intim di pagi hari juga patut dicoba.

Ini Waktu Terbaik untuk Berhubungan Intim agar Cepat HamilIni Waktu Terbaik untuk Berhubungan Intim agar Cepat Hamil

Halodoc, Jakarta –  Salah satu cara untuk segera hamil adalah dengan mengetahui waktu terbaik untuk berhubungan intim. Ketika kamu dan pasangan berhubungan seks di waktu yang tepat, maka peluang untuk mendapatkan kehamilan pun bisa lebih tinggi.

Beberapa peneliti menyimpulkan bahwa berhubungan seks di pagi hari atau di hari ovulasi, memiliki manfaat kesehatan. Di masa tersebut tubuh melepaskan endorfin yang menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres, sehingga memberikan peluang kehamilan lebih tinggi. 

Salah satu penelitian yang memuat mengenai hal ini adalah The potential impacts of circadian rhythm disturbances on male fertility, yang dipublikasikan di Frontiers Media SA

Meski penelitian tersebut menyorot bagaimana waktu pagi membuat kerja sperma lebih optimal, tetapi ternyata ada banyak faktor yang dapat meningkatkan peluang kehamilan. Bisa dari kesehatan atau pun genetik.

Jam yang Baik untuk Berhubungan agar Cepat Hamil 

Ketahui masa subur yang terjadi pada pria dan wanita, sehingga kamu dan pasangan bisa mencocokkannya. Dengan begitu, sperma yang sehat bisa bertemu dengan sel telur yang sedang subur. Alhasil, kehamilan bisa terjadi ketika kedua hal tersebut dipersatukan.

 Pertanyaannya, kapan sih waktu terbaik untuk berhubungan agar cepat hamil?

1. Waktu terbaik bagi pria untuk berhubungan seks

Menurut jurnal ilmiah berjudul Sex and Context: Hormones and Primate Sexual Motivation, yang dipublikasikan di Hormones and Behaviour Journal, rekomendasi waktu yang dinilai paling baik untuk pria melakukan hubungan seks adalah pagi hari. 

Saat bangun, kadar testosteron berada pada puncaknya. Secara fisiologis, inilah waktu terbaik untuk berhubungan intim.  Selain itu, seks pagi hari dapat melepaskan endorfin yang menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres, sehingga membuat kamu siap menjalani hari yang lebih menyenangkan. Sedang mencoba hamil? Kamu juga bisa baca artikel Ini 11 Cara Cepat Hamil Setelah Menikah yang Bisa Dicoba.

2. Waktu terbaik bagi wanita untuk berhubungan seks

Pada wanita jam yang baik untuk berhubungan agar cepat hamil adalah ketika masa ovulasi.  Ovulasi sendiri terjadi saat sel telur yang matang dilepaskan dari ovarium. Telur kemudian bergerak ke tuba falopi agar mendapatkan pembuahan saat bertemu dengan sperma. Akhirnya menghasilkan embrio yang dapat tumbuh menjadi janin.

Untuk mendapatkan kehamilan, rekomendasi untuk berhubungan seks selama lima hari sebelum ovulasi, tetapi masa paling suburnya adalah tiga hari sebelumnya. Dengan begitu, tingkat kesempatan untuk hamil lebih tinggi.

Dalam siklus menstruasi rata-rata 28 hari, ovulasi, atau masa subur ovulasi biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum dimulainya periode menstruasi berikutnya. Namun, lama siklus setiap orang mungkin berbeda, dan waktu antara ovulasi dan dimulainya periode menstruasi berikutnya mungkin berbeda-beda.

Melakukan perhitungan yang tepat akan membantu mendapatkan periode yang pas karena masa subur tidak terjadi setiap saat. Peluang untuk mendapatkan kehamilan bisa jadi kecil, jika jika berhubungan seks sebelum atau sesudah masa subur. Hal ini karena sel telur sudah tidak berada lagi di tuba falopi. Simak Tips Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil ini ya.

Jika ingin meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan, kamu dan pasangan bisa mengambil liburan bersama saat masa subur tersebut. Saat berlibur, tingkat stres dapat menurun yang membuat tubuh jadi lebih rileks. Singkat kata, semakin baik kondisi fisik dan mental pria dan wanita, maka tingkat kesuburannya juga ikut meningkat.

Sebenarnya ada cara lain untuk meningkatkan peluang kehamilan yaitu dengan inseminasi buatan. Baca informasinya di artikel Hal yang Perlu Diketahui tentang Inseminasi Buatan.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait jam yang baik untuk berhubungan agar cepat hamil, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Jangan ragu, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Your Fertility. Diakses pada 2023. Right time for sex.
Baby Center. Diakses pada 2023. How to get pregnant fast: Tips to help you conceive.
Frontiers Media SA. Diakses pada 2023. The potential impacts of circadian rhythm disturbances on male fertility.
VinMec International Hospital. Diakses pada 2023. The right time for sex.
Allure.com. Diakses pada 2023. Here’s the Absolute Best Time of Day for Sex.
Hormones and Behaviour Journal. Diakses pada 2023. Sex and Context: Hormones and Primate Sexual Motivation.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan