Tips Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Februari 2024

“Masa subur wanita bisa dihitung melalui siklus menstruasi terpendek dan siklus terpanjang. Ini juga diikuti dengan gejala fisik, seperti keputihan, peningkatan suhu tubuh, dan perubahan payudara.”

Tips Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat HamilTips Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Halodoc, Jakarta – Mengetahui masa subur wanita setelah menstruasi merupakan cara untuk meningkatkan peluang kehamilan. Langkah ini bisa menjadi patokan untuk memperkirakan waktu berhubungan seksual.

Menghitung siklus haid dilakukan sejak hari pertama mengeluarkan darah hingga satu hari sebelum siklus haid berikutnya. Normalnya, wanita memiliki panjang siklus haid antara 21 sampai 35 hari.

Sementara masa subur wanita terletak pada hari ke 2 sampai 5 sebelum ovulasi. Di waktu inilah pasangan yang ingin memiliki anak direkomendasikan untuk melakukan hubungan intim. Tujuannya tentu untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Tips Menghitung Masa Subur Wanita

Saat menginginkan kehamilan, mengetahui masa subur bisa meningkatkan peluang pembuahan atau kehamilan. Sebab, sel telur hanya bertahan selama 24 jam setelah dikeluarkan dan harus dibuahi dalam 12 sampai 24 jam setelah ovulasi.

Kamu bisa menghitung masa subur wanita dengan mengandalkan catatan atau analisis siklus haid selama 8 bulan terakhir. Terkait dengan rumus, begini cara tepat memperkirakannya:

  • Siklus menstruasi terpendek. Misalnya, 23 hari. Kurangi 23 dengan 18. Hasilnya adalah 5. Jadi, angka ini merupakan hari pertama masa subur.
  • Siklus menstruasi terpanjang. Misalnya, 35 hari. Kurangi 35 dengan 11. Hasilnya adalah 24. Jadi, angka ini merupakan hari terakhir masa subur.

Agar lebih jelas, simak di bawah ini contohnya:

  • Jika siklus menstruasi rata-rata adalah 23 hari, maka ovulasi terjadi sekitar hari ke-5. Waktu yang paling subur adalah hari ke-3, 4, dan 5.
  • Jika siklus menstruasi rata-rata adalah 35 hari, maka ovulasi terjadi sekitar hari ke-21. Waktu yang paling subur adalah hari ke-19, 20, dan 21.
  • Jika siklus menstruasi yang terjadi lebih pendek. 21 hari, misalnya, maka ovulasi terjadi sekitar hari ke-7. Waktu yang paling subur adalah hari ke-5, 6, dan 7.

Cara di atas akan sulit dilakukan pada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika ini terjadi, kamu disarankan untuk melakukan hubungan intim setiap 2 sampai 3 hari sekali untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Tanda Masa Subur Wanita

Masa subur yang dialami oleh wanita juga ditandai dengan perubahan fisik. Beberapa tanda yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Keluar cairan keputihan

Selama masa subur, vagina akan mengeluarkan lendir berwarna bening, licin, dan elastis. Teksturnya mirip dengan putih telur. Ini adalah sekresi yang dihasilkan oleh kelenjar di leher rahim. Fungsinya, yakni mempermudah jalan sperma untuk mencapai sel telur.

2. Peningkatan hasrat berhubungan intim

Ketika memasuki masa subur, wanita akan mengalami peningkatan gairah seksual. Mereka juga cenderung memiliki suasana hati yang baik, ceria, dan terlihat lebih bersemangat ketimbang hari-hari sebelumnya.

3. Peningkatan suhu tubuh

Normalnya, suhu basal tubuh berada di angka 35.5 hingga 36 derajat Celsius. Sementara pada masa ovulasi, suhu biasanya mengalami kenaikan sebanyak 0.5 hingga 1 derajat Celsius. Ini disebabkan oleh hormon progesteron yang tengah menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah dibuahi.

4. Perubahan bentuk payudara

Ciri fisik lainnya, yakni perubahan bentuk pada payudara. Ini bisa terlihat dari ukuran yang lebih besar dan terasa lembut ketika disentuh. Selain itu, payudara bisa terasa nyeri, terlebih pada bagian puting.

5. Perubahan produksi air liur

Ciri fisik ini dipengaruhi oleh jumlah hormon estrogen dalam tubuh wanita. Ketika memasuki masa subur, mereka mengalami peningkatan hormon yang berpengaruh pada produksi air liur.

Rekomendasi Dokter Obgyn untuk Bantu Promil

Apabila kamu berencana melakukan program hamil alias promil, kamu bisa menghubungi dokter spesialis kandungan di Halodoc. 

Mereka bisa membantu menghitung kapan masa subur kamu serta memberikan tips lain untuk meningkatkan peluang kehamilan. 

Berikut adalah beberapa dokter spesialis kandungan  yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun dan memiliki penilaian baik dari pasien:

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Dokter Marsell Phang Sp.OG adalah spesialis kandungan yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Saat ini, ia berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman 12 tahun yang dimiliki, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait masa subur dan program hamil. 

Dokter Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan saran terkait keluarga berencana, kesehatan kandungan, kehamilan berisiko tinggi dan penyakit kelamin. 

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Dokter lain yang bisa kamu hubungi adalah dr. Lucia Leonie Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada 2011 dan Universitas Hasanuddin pada 2017. 

Kini, ia berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dokter Lucia Leonie Sp.OG telah berpengalaman selama 13 tahun sehingga kamu tak perlu ragu berkonsultasi di Halodoc seputar masa subur dan program hamil.. 

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Pilihan lainnya adalah dr. Fitria Angela Umar Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2015 dan 2022. 

Dokter Fitria Angela Umar Sp.OG saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 8 tahun yang ia miliki, dr. Fitria Angela Umar Sp.OG bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perhitungan masa subur dan program hamil.

Bukan itu saja, dr. Fitria Angela Umar Sp.OG juga bisa memberikan konsultasi terkait kesehatan kandungan, kesuburan, gangguan haid dan hormon, keluarga berencana dan program hamil.  

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kandungan yang bisa kamu hubungi untuk bertanya seputar masa subur dan program hamil.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2024. How to Chart Your Menstrual Cycle.
Medical News Today. Diakses pada 2024. When am I most fertile? How to calculate your ovulation cycle.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan