• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Payudara Sakit sebelum Haid, Ini Cara Menanganinya

Payudara Sakit sebelum Haid, Ini Cara Menanganinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pembengkakan dan nyeri payudara pramenstruasi adalah masalah umum yang dialami perempuan. Gejala tersebut merupakan bagian dari kelompok gejala yang disebut sindrom pramenstruasi, atau PMS. 

Fluktuasi hormon menyebabkan pembengkakan dan nyeri payudara pramenstruasi. Estrogen menyebabkan saluran payudara membesar. Produksi progesteron menyebabkan kelenjar susu membengkak. Kedua peristiwa ini dapat mengakibatkan payudara terasa sakit. Informasi selengkapnya mengenai payudara sakit sebelum haid bisa dibaca di bawah ini!

Fluktuasi Hormon dan Cara Menanganinya

Tadi sudah dijelaskan kalau estrogen dan progesteron adalah kedua hormon yang mengalami peningkatan selama paruh kedua siklus (hari 14 hingga 28 dalam siklus 28 hari). Estrogen memuncak di tengah siklus, sedangkan kadar progesteron naik selama seminggu sebelum menstruasi.

Dalam beberapa kasus, nyeri payudara memengaruhi rutinitas hari-hari. Rasa sakit yang tumpul pada payudara menyebabkan ketidaknyamanan. Perubahan gaya hidup dapat membantu mengelola pembengkakan dan nyeri payudara pramenstruasi. 

Baca juga: Jadwal Haid Enggak Teratur, Normalkah?

Kenakan bra olahraga yang mendukung ketika gejalanya paling buruk. Kamu juga dapat mengenakan bra di malam hari, untuk memberikan dukungan tambahan saat tidur. Diet juga bisa berperan dalam nyeri payudara. 

Kafein, alkohol, dan makanan yang tinggi lemak dan garam dapat meningkatkan rasa tidak nyaman. Mengurangi atau menghilangkan jenis makanan ini dalam pola makanmu terutama satu atau dua minggu sebelum menstruasi dapat membantu mengelola atau mencegah gejala.

Vitamin dan mineral tertentu juga dapat membantu meringankan nyeri payudara dan gejala PMS. 400 IU vitamin E dan 400 miligram magnesium dipercaya dapat membantu meringankan gejala PMS. Untuk asupan natural, kamu bisa memilih opsi makanan berikut ini: 

  1. Kacang kacangan.
  2. Bayam.
  3. Kacang hazel.
  4. Minyak jagung, zaitun, safflower, dan kanola.
  5. Wortel.
  6. Pisang.
  7. Gandum.
  8. Alpukat.
  9. Beras merah.

Butuh informasi kesehatan mengenai penanganan payudara sakit jelang haid, tanyakan saja langsung di HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja. 

Deteksi Dini Juga Penting

Pemeriksaan diri juga dapat membantu memonitor setiap perubahan pada jaringan payudara. Menurut American Cancer Society (ACS), wanita berusia 20-an dan 30-an harus melakukan pemeriksaan payudara sendiri sebulan sekali, biasanya setelah periode haid.

Baca juga: Efek Samping Obat Penyubur Kandungan

Sedangkan Mammogram disarankan setelah usia 45 tahun dan dapat dipertimbangkan dilakukan lebih awal. Dokter biasanya merekomendasikan mammogram secara berkala setiap dua tahun atau lebih jika risikomu rendah.

Terkait dengan payudara sakit sebelum haid, olahraga juga dapat membantu menurunkan sensasi nyeri payudara, kram, dan kelelahan yang berhubungan dengan PMS. Sensasi sakit payudara sebelum haid bisa jadi berbeda dari orang ke orang. 

Beberapa orang menggambarkan rasa sakit sebagai rasa sakit, sedangkan yang lain lebih cenderung mendefinisikannya sebagai sakit atau kelembutan. Adapun sensasi nyeri payudara sebelum haid bisa dibedakan, seperti:

  1. Sakit yang tumpul.
  2. Terjadi pada satu atau kedua payudara.
  3. Menjalar ke ketiak.
  4. Kadang-kadang nyerinya terasa tajam.
  5. Terjadi bersamaan dengan pembengkakan.
  6. Sensasi sakit berasa lebih intens di area puting.

Sebagian orang mengalami rasa sakit yang konstan selama beberapa hari, sedangkan yang lain menemukan rasa sakit itu datang dan pergi. Nyeri payudara juga membuat tidak nyaman untuk mengenakan bra biasa atau pakaian ketat. Jika kamu termasuk sering mengalaminya, mempelajari rasa sakit dan penyebab yang melatarbelakanginya bisa membantumu dalam hal penanganannya.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. Premenstrual Breast Swelling and Tenderness.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why are my breasts sore before a period?