• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pemilik Kulit Sensitif, Ini Cara Atasi Milia

Pemilik Kulit Sensitif, Ini Cara Atasi Milia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mendapati adanya bintik putih kecil di wajah, terutama pada bagian bawah mata? Mungkin, kamu sedang mengalami milia. Masalah kulit ini memang lebih sering terjadi pada bayi. Namun, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalaminya, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Kehadiran milia tidak jarang membuat penampilan menjadi kurang sedap dipandang. 

Milia berbeda dengan jerawat. Milia terjadi karena serpihan kulit mati yang terjebak di bagian bawah permukaan kulit. Tidak hanya di bagian bawah mata, bintik putih kecil milia juga dapat muncul di area sekitar hidung, dagu, dan pipi. Tidak perlu risau, milia memang dapat menghilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu. Namun, kalau kamu terganggu dengan kehadirannya, lakukan beberapa cara mudah berikut ini untuk mengatasi milia:

  • Bersihkan Wajah Secara Teratur

Ini kunci paling efektif untuk mendapatkan wajah yang bersih dan bebas dari berbagai keluhan, termasuk milia. Namun, tidak banyak orang yang tahu kalau membersihkan wajah juga ada caranya. Pertama, pastikan produk pembersih wajah yang dipakai tidak memiliki kandungan paraben, tetapi mengandung asam sitrat, asam glikolat, dan asam salisilat. Ketiganya secara aktif membantu mengangkat sel kulit mati, debu, dan kotoran. 

Baca juga: 4 Cara Alami yang Bisa Mengatasi Milia

  • Memakai Tabir Surya dan Krim Retinoid

Vitamin A yang terkandung dalam krim retinoid topikal dapat membantu menghilangkan milia. Gunakan setidaknya satu kali setiap hari. Sempurnakan perawatan wajah dengan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari langsung. Tabir surya membantu menyeimbangkan kegunaan krim retinoid yang sensitif dengan paparan sinar matahari. Kombinasi keduanya efektif untuk meredakan peradangan atau iritasi kulit yang terjadi karena munculnya bintik putih.

  • Eksfoliasi

Eksfoliasi mengacu pada proses perawatan wajah dengan cara mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit terbebas dari segala macam iritan yang memicu terjadinya milia. Teknik perawatan wajah ini membantu menjaga keseimbangan keratin di kulit agar tidak diproduksi secara berlebihan. Eksfoliasi lebih sering dilakukan di klinik kecantikan, tetapi kamu juga dapat melakukannya secara mandiri di rumah. 

Baca juga: Inilah Penyebab Milia dan Cara Mengatasinya

Caranya, siapkan gula merah yang dicampurkan dengan minyak zaitun. Oleskan secara merata pada area wajah yang mengalami milia atau secara menyeluruh untuk hasil yang lebih maksimal. Berikan pijatan lembut dan pelan hingga masker terserap seluruhnya pada wajah, lalu bilas dengan air dingin. Kamu bisa melakukan perawatan ini tiga kali dalam satu minggu hingga milia sepenuhnya hilang. 

  • Membuat Masker Madu

Madu menjadi bahan alami yang mudah ditemukan, dan sangat bermanfaat untuk menunjang kecantikan kulit. Madu memiliki sifat antibakteri untuk membunuh bakteri dan mencegah terjadinya peradangan atau iritasi pada kulit. Milia memang tidak terjadi karena bakteri, tetapi menggunakan masker madu tetap bisa membantu memperbaiki tampilan kulit. 

Baca juga: Ganggu Penampilan, Ini Cara Singkirkan Milia

Nah, itu tadi cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi milia. Kalau kamu tidak yakin, kamu bisa bertanya langsung pada dokter ahli kecantikan cara efektif untuk mengatasi milia pada kulit sensitif. Caranya, gunakan aplikasi Halodoc dan kamu bisa berbicara langsung dengan dokter, kapan saja dan di mana saja. Mudah dan praktis, kan?

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get rid of Milia: Is Home Removal Safe?
Livestrong. Diakses pada 2020. How to Remove Facial Milia.
Livestrong. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Milia.