12 February 2019

4 Cara Alami yang Dapat Mengatasi Milia

4 Cara Alami yang Dapat Mengatasi Milia

Halodoc, Jakarta – Milia adalah penyakit kulit yang sering dijuluki sebagai "jerawat bayi". Meski sering muncul pada bayi baru lahir, milia bisa terjadi pada remaja dan orang dewasa.

Milia berbentuk benjolan kecil biasanya berwarna putih yang sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun, kebanyakan orang tidak sabar untuk segera menghilangkannya dari wajah. Lantas, adakah cara efektif untuk menghilangkan milia? Ketahui info selengkapnya di sini.

Baca Juga: Bukan Tokoh Film, Milia Bisa Bikin Enggak PD

1. Rutin Membersihkan Wajah

Jika dilakukan secara rutin, membersihkan wajah bisa menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Pilih produk sesuai jenis kulit serta mengandung asam salisilat, asam sitrat, dan asam glikolat. Kandungan tersebut mampu mengatasi masalah kulit akibat pertumbuhan sel kulit berlebihan, penumpukan kotoran pada pori-pori wajah, hingga jerawat putih milia.

Kamu juga dianjurkan membersihkan wajah dengan benar. Caranya dengan mengoleskan pembersih wajah pada kulit, lalu pijat lembut secara merata dan bilas dengan air bersih. Setelah itu, tepuk wajah secara perlahan untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Kamu juga bisa berendam air hangat setelah wajah dibersihkan.

Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajah agar serpihan sel kulit mati yang terjebak di bawah permukaan kulit keluar. Biarkan tubuh rileks selama 5 - 8 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga: Inilah Penyebab Milia dan Cara Mengatasinya

2. Lakukan Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat sel - sel kulit mati, termasuk menghilangkan zat iritan penyebab milia. Kamu bisa melakukan teknik perawatan ini di salon atau di rumah menggunakan bahan alami. Caranya dengan mencampurkan gula pasir dengan minyak zaitun terlebih dahulu, lalu oleskan pada wajah (kecuali area mata) setelah kulit dibersihkan.

Tunggu selama 15 - 20 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan selama tiga kali seminggu agar hasilnya maksimal. Hentikan cara ini jika setelahnya timbul reaksi alergi, seperti wajah terasa panas atau muncul ruam kemerahan.

3. Pakai Masker Wajah

Gunakan masker yang dijual bebas di pasaran atau kamu bisa membuatnya dari bahan alami. Misalnya, masker dari campuran madu dan kulit kayu manis. Aduk hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada wajah secara merata (kecuali area mata).

Tunggu selama 10 - 15 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih. Kamu bisa membuat masker dari bahan alami lainnya, sesuaikan saja dengan kondisi kulit. Sama seperti teknik eksfoliasi pakai bahan alami, kamu perlu menghentikan cara ini jika timbul reaksi alergi pada kulit wajah.

Baca Juga: Ganggu Penampilan, Ini Cara Singkirkan Milia

4. Oleskan Krim Retinoid

Krim retinoid mengandung vitamin A sehingga membantu menghilangkan milia. Gunakan krim retinoid secara rutin setidaknya sekali dalam sehari. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa memadukan penggunaan krim retinoid dengan tabir surya. Pasalnya, tabir surya bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari yang berpotensi merusak kulit. Tabir surya juga menyeimbangkan krim retinoid yang rentan rusak jika terpapar sinar uv matahari.

Cara di atas hanya boleh dilakukan orang dewasa, bukan pada bayi dan balita. Apabila milia yang kamu alami tak kunjung membaik setelah mencoba banyak cara, jangan ragu bicara pada dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!