• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengidap Vertigo Ingin Bepergian, Lakukan Hal Ini

Pengidap Vertigo Ingin Bepergian, Lakukan Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Vertigo atau sakit kepala yang seperti terasa berputar tentu bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Terlebih jika kamu ingin bepergian, pasti ada ketakutan tersendiri ketika vertigo tiba-tiba hadir tanpa diundang. Pastinya, perjalanan yang kamu rencanakan dan nantikan tidak akan berakhir menyenangkan seperti yang kamu harapkan. 

Sebenarnya, ada dua jenis vertigo yang sering terjadi, yaitu vertigo sentral dan periferal. Sayangnya, sering kali vertigo yang terjadi membuat kamu tidak bisa banyak beraktivitas, apalagi untuk bepergian. Pada beberapa kasus, vertigo yang sudah berada dalam tahap lanjut bisa membuat seseorang jatuh pingsan.

Tips Nyaman Bepergian bagi Pengidap Vertigo

Sakit kepala vertigo memang tidak boleh kamu anggap remeh, karena banyak sekali risiko yang mengintai jika kondisi ini tidak segera mendapatkan penanganan. Jadi, kalau kamu memang memiliki penyakit ini, kamu harus segera melakukan pengobatan. Kalau kamu tidak sempat ke rumah sakit, kamu bisa langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Ada fitur Tanya Dokter yang bisa kamu manfaatkan kapan dan di mana saja. 

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

Lalu, apa yang harus dilakukan agar perjalanan tetap nyaman meski kamu mengidap vertigo yang sewaktu-waktu bisa kambuh? Berikut di antaranya;

  • Selalu Bawa Obat-obatan 

Ini tidak boleh kamu lupakan, karena vertigo yang kambuh harus segera diobati. Jadi, kamu harus membawa obat-obat vertigo yang sudah diresepkan oleh dokter, sehingga sewaktu-waktu kamu kambuh, langsung bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat-obatan yang kamu bawa. 

  • Harus Bawa Teman

Ketika kamu merencanakan perjalanan, sebaiknya kamu tidak pergi sendirian. Bawalah setidaknya satu orang rekan atau teman untuk mendampingimu, juga berjaga-jaga ketika vertigo yang kamu idap kambuh. Jadi, kamu tidak sendirian ketika harus menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Fakta Seputar Vertigo

  • Hindari Aktivitas yang Bisa Memicu Terjadinya Vertigo

Tidak ada salahnya bepergian meski kamu adalah pengidap vertigo. Namun, sebaiknya hindari melakukan aktivitas yang memicu terjadinya vertigo, seperti mendaki, berjalan kaki terlalu jauh, atau menyelam. Kalau kamu bepergian menggunakan mobil pribadi, berhentilah beberapa kali untuk beristirahat. 

Kalau kamu bepergian menggunakan kereta, carilah kesibukan agar vertigo tidak kambuh. Kalau memang kereta berhenti cukup lama di suatu stasiun, kamu bisa menyempatkan diri untuk keluar sebentar untuk menghirup udara segar. Ketika melakukan perjalanan, sebaiknya hindari makan terlalu kenyang agar kamu tidak mabuk. Jangan lupa untuk cukup konsumsi air putih

  • Bawa Kacamata Hitam

Kalau kamu bepergian ketika cuaca sedang panas atau matahari sedang terik-teriknya, sebaiknya bawalah kacamata hitam untuk melindungi mata dari panasnya sinar matahari yang bisa memicu terjadinya sakit kepala. Lebih baik lagi kalau kacamata hitam kamu memang memiliki kualitas yang baik untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV. 

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Vertigo Mengganggu

  • Pastikan Pakaian dan Alas Kaki Senyaman Mungkin

Tidak kalah pentingnya adalah memastikan bahwa pakaian yang kamu kenakan pun sepatu dan kaus kaki yang kamu pilih menunjang kenyamanan untuk bepergian, baik itu dengan kendaraan maupun dengan berjalan kaki. Sebaiknya, pilih alas kaki dengan bagian tumit yang lebar dan tidak licin untuk menghindari kamu jatuh terpeleset.

Nah, siapa bilang pengidap vertigo tidak bisa bepergian? Jangan takut, vertigo yang kumat bisa kamu atasi dengan melakukan cara yang tepat. Jadi, jalan-jalan pun bisa nyaman tanpa adanya hambatan. 

Referensi: 
Betterbalancelife. Diakses pada 2019. Travel Tips for People with Dizziness and Vertigo.
Vertigo Detective. Diakses pada 2019. Flying with Vertigo: Helpful Tips.
NHS. Diakses pada 2019. Vertigo.