• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya C Arm Radiography Fluoroscopy dalam Memindai Tubuh

Pentingnya C Arm Radiography Fluoroscopy dalam Memindai Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Melakukan pemeriksaan terhadap keluhan yang dialami tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar gangguan yang dialami dapat diatasi dengan baik. Ada berbagai pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengetahui penyebab keluhan yang dialami, salah satunya dengan C Arm Radiography Fluoroscopy. Alat ini bekerja dengan menggunakan bantuan sinar X-Ray yang hasilnya dapat ditampilkan melalui gambar video pada monitor.

Baca juga: Inilah Alasan Digunakannya C Arm Radiography Fluoroscopy

Alat ini memiliki bentuk yang unik karena menyerupai huruf C dan cukup besar. Namun tidak hanya unik, mesin C Arm Radiography Fluoroscopy ini memiliki teknologi yang cukup baik sehingga sangat membantu dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh seseorang.

Inilah Keunggulan C Arm Radiography Fluoroscopy

Pemeriksaan yang dilakukan menggunakan mesin C Arm Radiography Fluoroscopy menghasilkan gambar tiga dimensi. Tentunya, hasil ini mempermudah tim medis saat melakukan pemeriksaan karena objek dapat terlihat dengan lebih jelas dan utuh. Selain itu, objek juga dapat dilihat dari berbagai sisi dan posisi sehingga dapat memudahkan pemeriksaan yang dilakukan. Pemeriksaan dengan menggunakan C Arm Radiography Fluoroscopy akan membuat suatu penyakit menjadi lebih cepat dan tepat terdeteksi.

Dengan kata lain, penggunaan C Arm Radiography Fluoroscopy akan meminimalkan risiko terjadinya kesalahan dalam mendiagnosa suatu penyakit. Hal ini tentunya memengaruhi pengobatan yang dilakukan. Ada beberapa kondisi yang membutuhkan pemeriksaan melalui C Arm Radiography Fluoroscopy, seperti:

  1. Adanya gangguan pada jantung;

  2. Tindakan ortopedi;

  3. Studi terapeutik;

  4. Kajian angiografi atau kerusakan pembuluh darah yang terjadi pada area tertentu dalam tubuh.

Melakukan pemeriksaan dengan C Arm Radiography Fluoroscopy terbilang aman untuk dilakukan karena menggunakan dosis radiasi yang cukup rendah.

Baca juga: Punya Bentuk Unik, C Arm Radiography Fluoroscopy Bisa Pindai Tulang Manusia

Ketahui Prosedur C Arm Radiography Fluoroscopy

Sebelum melakukan pemeriksaan dengan C Arm Radiography Fluoroscopy, ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan. Mengonsumsi banyak air putih, tidak menggunakan aksesori pada tubuh, dan disarankan untuk mengenakan pakaian dari rumah sakit yang memang digunakan saat pemeriksaan dengan C Arm Radiography Fluoroscopy. Jika kamu melakukan pemeriksaan pada area perut, biasanya akan diminta untuk melakukan puasa sebelum pemeriksaan dilakukan.

Dokter juga akan memberikan kamu pewarna kontras agar pemeriksaan yang kamu jalani dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa metode pemberian warna kontras yang bisa dilakukan sebelum pemeriksaan, seperti:

1. Oral atau Diminum

Pemberian warna kontras dengan metode ini diberikan ketika kamu akan melakukan pemeriksaan pada bagian kerongkongan atau esophagus.

2. Melalui Anus

Umumnya, metode ini akan menyebabkan rasa mual pada pasien dan umumnya digunakan untuk melihat usus besar.

3. Suntik

Metode ini dilakukan dengan suntik melalui pembuluh darah untuk memantau kondisi kesehatan kantung empedu, saluran kemih, hati dan pembuluh darah.

Baca juga: Begini Prosedur Saat Menjalani C Arm Radiography Fluoroscopy

Lama pemeriksaan yang dilakukan oleh tiap pasien berbeda-beda dan disesuaikan dengan lokasi pemeriksaan. Paparan sinar X-Ray yang digunakan dalam pemeriksaan ini nyatanya dapat menyebabkan luka bakar ataupun kerontokan rambut pada pasien. Jangan khawatir, kamu dapat bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc cara mencegah efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan C Arm Radiography Fluoroscopy. 

Referensi:
Peekmed. Diakses pada 2020. C Arm X-Ray Machines: All You Needed to Know
ITN. Diakses pada 2020. An Introduction to Mobile C-Arm X-Ray Systems