Usai Menjalani C Arm Radiography Fluoroscopy, Apa yang Harus Dilakukan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Usai Menjalani C Arm Radiography Fluoroscopy, Apa yang Harus Dilakukan?

Halodoc, Jakarta – Melakukan pengecekan terhadap kesehatan perlu kamu lakukan. Tidak hanya pemeriksaan dengan melakukan tes darah, ada banyak pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan, salah satunya dengan C Arm Radiography Fluoroscopy.

C Arm Radiography Fluoroscopy adalah salah satu alat radiologi yang biasanya digunakan dalam tindakan operasi. Alat ini memiliki fungsi utama sebagai penunjang proses pelayanan medis pada penanganan kondisi penyakit organ dalam dan tulang. Alat radiologi ini digunakan untuk melihat gambar atau objek yang menjadi fokus pemeriksaan dengan cara fluoroskopi dengan bantuan layar monitor.

Mesin C Arm Radiography fluoroscopy mudah ditemukan karena memiliki ukuran besar dan bentuk yang unik yaitu berbentuk huruf C. Pemeriksaan dengan mesin C Arm mampu menghasilkan gambar secara tiga dimensi. Hal ini memudahkan dalam pemeriksaan karena objek terlihat lebih jelas dan utuh dari berbagai sisi dan posisi. Pengobatan terhadap suatu penyakit juga semakin terdeteksi lebih tepat.

Penggunaan C Arm digunakan dalam pemeriksaan karena keunggulannya yang dapat meminimalkan kesalahan dalam memprediksi letak objek, diagnosis, dan tindakan medis lainnya. Ada beberapa kondisi yang membutuhkan pemeriksaan melalui C Arm, seperti:

  1. Studi Jantung.

  2. Prosedur Ortopedi.

  3. Studi Terapeutik.

  4. Intervensi nyeri kronis pada saraf.

  5. Kanjian angiografi atau kerusakan pembuluh darah yang terjadi pada area tertentu dalam tubuh.

Baca juga: Ini Alasan Digunakannya C Arm Radiography Fluoroscopy

Sebelum C Arm Radiography Fluoroscopy

Ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan pemeriksaan dengan mesin C Arm Radiography Fluoroscopy, seperti memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu, pemeriksaan menggunakan mesin ini juga melarang kamu menggunakan aksesori pada tubuh. Sebelum pemeriksaan kamu diharuskan untuk melepas semua aksesori seperti anting dan kalung.

Biasanya, kamu disiapkan untuk menggunakan baju khusus untuk pemeriksaan C Arm dari rumah sakit. Jika kamu akan melakukan pemeriksaan bagian perut, biasanya dokter menyarankan kamu untuk berpuasa sebelum pemeriksaan.

Tidak hanya itu, dokter memberikan pewarna kontras pada area yang diamati. Pemberian warna kontras juga bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

1. Oral atau Diminum

Pemberian warna ini dilakukan jika kamu melakukan pemeriksaan sekitar kerongkongan atau esophagus.

2. Enema

Zat pewarna ini diberikan melalui anus. Namun biasanya, pemberian zat pewarna ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada pasien. Seperti mual.

3. Suntik

Pemberian zat warna dengan suntik dilakukan melalui pembuluh darah untuk dipergunakan dalam memantau kondisi kesehatan kantung empedu, saluran kemih, hati dan pembuluh darah.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjalani C Arm Radiography Fluoroscopy

Setelah C Arm Radiography Fluoroscopy

Perlu diingat, pemeriksaan dengan mesin ini memiliki risiko. Penggunaan sinar X-Ray dapat memberikan dampak pada tubuh. Lama setiap pemeriksaan nyatanya tergantung pada area yang akan diperiksa. Pencegahan komplikasi yang bisa disebabkan oleh mesin C Arm nyatanya perlu kamu lakukan setelah melakukan pemeriksaan dengan mesin C Arm.

Mesin C Arm dapat menyebabkan komplikasi seperti luka bakar yang diakibatkan paparan X-Ray dalam waktu yang lama, selain itu, kerontokan rambut bisa menjadi dampak dari penggunaan mesin C Arm. Mengonsumsi makanan sehat dan mencukupi kebutuhan nutrisi serta gizi dalam tubuh nyatanya perlu kamu lakukan untuk mengurangi dampak paparan X-Ray dalam tubuh.

Tidak ada salahnya untuk menjalani gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur untuk mengurangi dampak paparan X-Ray dalam tubuh. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter mengenai kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Begini Prosedur Saat Menjalani C Arm Radiography Fluoroscopy