Pentingnya Langsung Mandi Usai Beraktivitas di Luar Rumah

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 November 2021
Pentingnya Langsung Mandi Usai Beraktivitas di Luar RumahPentingnya Langsung Mandi Usai Beraktivitas di Luar Rumah

“Ada banyak sekali kuman yang bisa menempel di tubuh saat beraktivitas di luar rumah. Salah satu cara efektif untuk melindungi diri dan keluarga adalah dengan langsung mandi setelah pergi ke luar rumah. Namun, penting untuk membersihkan tubuh secara menyeluruh dengan sabun antibakteri.”

Halodoc, Jakarta – Pandemi COVID-19 membawa banyak perubahan pada kebiasaan hidup masyarakat. Salah satunya peningkatan kesadaran akan menjaga kebersihan. Misalnya dengan langsung mandi setelah beraktivitas di luar rumah, karena virus dan berbagai kuman yang menempel di tubuh bisa menulari keluarga. 

Saat ini, angin segar mulai terhirup, seiring menurunnya angka kasus positif di Indonesia dan dilonggarkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun, kebiasaan hidup bersih dan sehat, terutama mandi, tetap penting untuk dijaga. 

Baca juga: Perlu Tahu, Inilah Waktu Mandi Ideal untuk Bayi

Manfaat Mandi Usai Beraktivitas di Luar Rumah

Mandi adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan tubuh, dari kotoran, debu, keringat, dan kuman yang menempel. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus dapat memasuki tubuh ketika kita menyentuh mata, mulut, atau hidung dengan tangan yang kotor. 

Hal ini berlaku tak hanya untuk virus corona saja, melainkan juga setiap jenis kuman. Ketika kuman menempel di benda, termasuk pakaian yang dikenakan, ia bisa berpindah ke tangan, lalu masuk ke tubuh jika menyentuh mata, mulut, atau hidung.

Bayangkan setelah beraktivitas seharian di luar rumah, berapa banyak kuman yang menempel di tubuh dan pakaian kamu? Tentu tidak bisa dihitung karena kuman tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, bukan?

Itulah sebabnya, langsung mandi saat sampai di rumah bisa jadi solusi terbaik. Dengan langsung mandi dan mengganti semua pakaian yang dikenakan saat beraktivitas, anggota keluarga di rumah bisa terlindungi dari kuman yang bisa jadi menempel di tubuh kamu tanpa disadari. 

Baca juga: Jarang Mandi, Adakah Dampaknya pada Kesehatan?

Tips Mandi dengan Benar untuk Hilangkan Kuman

Sebenarnya, tidak ada aturan baku untuk mandi. Selama menggunakan air dan sabun, serta membasuh tubuh secara menyeluruh, seharusnya cukup untuk membuat tubuh menjadi bersih. 

Namun, ada beberapa langkah dan tips mandi yang bisa kamu ikuti agar bisa membersihkan kuman dengan lebih efektif, yaitu:

  1. Basahi Seluruh Tubuh Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat mandi adalah membasahi seluruh tubuh dengan air. Kamu bisa gunakan air yang sedikit hangat (suam kuku), tetapi jangan terlalu panas, karena bisa merusak kulit.

  1. Bersihkan Seluruh Bagian Tubuh

Untuk menghilangkan kuman, kotoran, dan keringat di tubuh, gunakan sabun saat mandi. Pastikan untuk menyeka dan menggosok seluruh permukaan tubuh agar benar-benar bersih. Setelah semua bagian tubuh tersabuni, jangan lupa untuk membilasnya dengan air. 

Selain itu, pastikan juga menggosok dengan sabun bagian-bagian tubuh yang paling penting untuk dibersihkan, seperti belakang telinga, leher, lipatan lengan, ketiak, selangkangan, serta bagian punggung dan kaki. 

  1. Lebih Suka Berendam? Boleh Saja, Tapi Perhatikan Hal Ini

Berendam di bathtub atau bak mandi boleh saja. Namun, pastikan untuk membilas tubuh dengan air mengalir setelahnya, ya. Sebab, duduk di air yang tergenang membuat lebih sulit untuk membersihkan minyak dan kuman di kulit secara menyeluruh. 

Penting juga untuk memastikan bak mandi kamu bersih sebelum digunakan. Bak mandi yang kotor dapat membuat semakin banyak kuman menempel di tubuh. Bahkan bisa menyebabkan infeksi bila kamu sedang memiliki luka terbuka di kulit. 

  1. Pastikan Shower Puff Bersih

Suka mandi menggunakan shower puff atau waslap? Alat ini bisa membantu membersihkan kulit. Namun, juga bisa menjadi sarang kuman jika tidak diperhatikan kebersihannya. 

Setiap selesai digunakan, jangan lupa membilas dan mengeringkan shower puff, karena kuman mudah tumbuh di tempat yang lembap. Hindari menyimpan shower puff di bak mandi atau tempat yang basah. Sebaiknya, simpan dengan cara menggantungnya di tempat yang jauh dari air. 

Baca juga: Inilah Manfaat Mandi Susu untuk Kecantikan Kulit

  1. Pilih Sabun Antibakteri

Mandi pada dasarnya adalah tentang air dan sabun. Jika sudah memastikan ada air bersih, langkah penting selanjutnya adalah memilih sabun yang tepat. Meski sama-sama berbusa, setiap jenis dan produk sabun tentu memiliki kandungan yang berbeda.

Apabila kamu ingin mandi dengan bersih dan memastikan tidak ada lagi kuman yang menempel di tubuh, pilihlah sabun dengan kandungan antibakteri. Salah satu produk yang Halodoc rekomendasikan adalah NUVO Body Wash

Dengan formula antibakterial TCC, NUVO Body Wash efektif melawan hingga 99% kuman, lho. NUVO Body Wash juga mengandung Farnesol, bahan antibakterial alami yang bisa membunuh kuman penyebab bau badan. 

NUVO Body Wash juga diperkaya dengan moisturizer yang bisa membuat kulit terasa lembut dan lembap setelah mandi. Selain itu, wangi perfume dari NUVO Body Wash sangat cocok digunakan untuk seluruh anggota keluarga. 

Kabar baiknya, NUVO Body Wash tersedia di aplikasi Halodoc, lho. Cukup download Halodoc, kamu bisa cek kebutuhan medis dari NUVO dengan mudah, tanpa perlu keluar rumah. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
CDC. Diakses pada 2021. How COVID-19 Spreads.
Healthline. Diakses pada 2021. Step-by-Step Guide to Showering and Bathing Properly.
Self. Diakses pada 2021. How to Properly Wash Your Body, According to Experts.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan