• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Makan Ikan, Ini 4 Manfaatnya

Pentingnya Makan Ikan, Ini 4 Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Ikan adalah salah satu makanan yang sudah umum dikonsumsi di Indonesia. Kamu dapat menemukan banyak warung di pinggir jalan menjual makanan laut atau seafood, terutama pada malam hari. Selain rasanya yang khas dan nikmat, banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh. Hal tersebut karena nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Dengan akses yang lebih mudah pada salah satu makanan laut tersebut, seharusnya setiap orang lebih sering untuk mengonsumsinya. Disebutkan juga, sering memakan ikan baik untuk kesehatan otak. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa manfaat dari rutin makan ikan bagi tubuh. Berikut pembahasan lengkapnya!

Baca juga: 5 Manfaat Makan Ikan

Manfaat dari Memakan Ikan Secara Rutin bagi Tubuh

Ikan adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3. Selain itu, kandungan lemak jenuhnya juga rendah, sehingga baik dikonsumsi bagi seseorang yang sedang dalam diet. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya terbilang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

Ikan juga dapat menjadi pilihan asupan yang baik bagi ibu hamil karena dapat membantu perkembangan janin dan membuat kehamilan yang sehat. Tidak sedikit ahli medis yang menyarankan agar lebih banyak konsumsi ikan karena manfaat yang diterima oleh tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari makan ikan secara rutin pada tubuh:

  1. Melakukan Diet Sehat

Salah satu manfaat dari makan ikan secara rutin adalah sebagai makanan yang baik untuk diet. Ikan mempunyai kandungan yang kaya akan protein yang berkualitas tinggi dan rendah lemak. Dengan begitu, sangat baik untuk dikonsumsi saat sedang dalam proses menurunkan berat tubuh. Kandungan kalsium, fosfor, dan mineral lainnya sangat baik untuk tubuh saat dikonsumsi secara rutin.

  1. Jantung dan Otak yang Sehat

Salah satu kandungan pada ikan yang sangat memberi manfaat adalah asam lemak omega-3. Nutrisi tersebut terbilang penting karena dapat menjaga kesehatan jantung dan otak. Jenis asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan adalah EPA dan DHA. Tubuh tidak menghasilkan asam lemak omega-3, sehingga hanya didapatkan melalui makanan. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi tersebut dan rendah lemak adalah salmon, sarden, mackerel, tuna, dan tiram.

Baca juga: Tips agar Manfaat Makan Ikan Lebih Maksimal

  1. Nutrisi Penting Selama Pertumbuhan

Jika setiap orangtua ingin memastikan pertumbuhan anaknya tetap sesuai jalurnya, ada baiknya lebih rutin memberikan ikan sebagai makanannya. Kandungan asam lemak omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Maka dari itu, sangat disarankan untuk ibu hamil agar lebih banyak mengonsumsi ikan. Namun, penting untuk menghindari ikan yang mengandung merkuri tinggi karena dapat membahayakan janin.

  1. Mencegah dan Mengatasi Depresi

Salah satu manfaat dari makan ikan secara rutin dapat mencegah dan mengatasi depresi. Seseorang yang mengidap depresi dapat mengalami suasana hati yang buruk, kesedihan, hingga hilangnya minat pada kehidupan. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan jika seseorang yang mengonsumsi ikan secara teratur mempunyai kemungkinan lebih kecil untuk mengalami depresi. Hal tersebut disebabkan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan efektivitas obat antidepresan.

Dengan mengetahui semua manfaat yang dapat dirasakan setelah makan ikan secara rutin, diharapkan kamu dapat mengubah kebiasaan konsumsi makanmu. Sehingga, kamu dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari bukan hanya penyakit fisik tapi juga mental. Akhirnya, produktivitas dari aktivitasmu tetap terjaga setiap hari.

Baca juga: Ini Bahaya Konsumsi Ikan Mentah dalam Jangka Panjang

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait manfaat dari makan ikan secara rutin. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2020. 11 Evidence-Based Health Benefits of Eating Fish.
Washington State Department of Health. Diakses pada 2020. Health Benefits of Fish.