• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

9 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Olahraga diketahui sangat baik bagi kesehatan, juga dapat membentuk tubuh menjadi lebih indah. Bukan hanya kesehatan tubuh saja, olahraga juga mampu meningkatkan kesehatan otak, karena adanya peningkatan aliran darah menuju organ tersebut. Tidak hanya itu, saat berolahraga terjadi metabolisme glukosa dan lemak sebagai asupan nutrisi ke otak. Ketahui manfaat olahraga untuk kesehatan otak selengkapnya:

Baca juga: Jaga Kesehatan Otak, Ini Bedanya Radang Otak dan Abses Otak

  • Memicu Pertumbuhan Otak

Semakin bertambahnya usia, jaringan pada otak akan mengalami penyusutan. Bukan hanya itu, sel dan jaringan otak akan semakin lambat terbentuk. Dengan berolahraga secara teratur, kegiatan ini dapat membantu tubuh dalam memperlambat kematian sel-sel otak, sehingga dapat memperpanjang usia otak. Hal tersebut dapat terjadi karena aliran darah menuju otak memberi pasokan oksigen, sehingga otak dapat memaksimalkan kinerjanya.

  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif Otak

Otak merupakan pusat seluruh sistem dalam tubuh. Jika organ ini sehat, kesehatan tubuh dan mental akan terjaga. Otak memiliki fungsi kognitif, yaitu mengatur fokus dan berpikir. Dengan berolahraga, kamu akan berisiko lebih rendah mengalami penurunan fungsi intelektual dan daya ingat.

  • Menambah Tingkat Kecerdasan

Perlu diketahui bahwa otak yang sehat dipengaruhi oleh suplai oksigen yang lancar. Dengan berolahraga, sirkulasi darah menuju otak akan semakin lancar, sehingga kecerdasan dapat meningkat.

  • Meningkatkan Kreativitas

Dengan berolahraga, hormon endorfin yang diproduksi oleh kelenjar di bagian bawah otak akan mengalami peningkatan. Hormon ini akan memberikan perasaan senang dan nyaman, sehingga otak mampu berpikir dan menambah kreativitasnya.

Baca juga: 5 Makanan yang Berbahaya bagi Kesehatan Otak

  • Menambah Konsentrasi dan Fokus

Tak hanya dapat meningkatkan kemampuan dalam konsentrasi dan fokus, berolahraga secara teratur juga dapat mengatasi ADHD (Attention Deficit Hyperkinetic Disorder). Hal tersebut dapat terjadi karena adanya pembentukan neuron baru dan interkoneksi yang lebih padat antar sel-sel neuron pada otak. Dalam hal ini, kamu dapat melakukan olahraga seperti yoga, joging, atau bersepeda.

  • Mengatasi Depresi

Berolahraga dapat memicu tubuh dalam memproduksi hormon serotonin dan dopamin, yaitu hormon yang berperan penting dalam membentuk suasana hati menjadi lebih bahagia. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari depresi atau kecemasan karena sesuatu hal.

  • Mengelola Stres

Berolahraga secara rutin dapat menghambat pembentukan hormon kortisol atau hormon stres. Hal tersebut akan membuat kamu berpikir lebih jernih. Tak hanya itu, rutin berolahraga juga dapat membantu otak dalam menghasilkan sel saraf baru guna menggantikan sel saraf yang rusak karena stres.

  • Memperlancar Suplai BDNF

BDNF merupakan bahan kimia aktif pada otak yang dapat merangsang pertumbuhan sel otak. Dengan berolahraga secara rutin, bahan kimia aktif tersebut akan semakin aktif, sehingga kamu tidak akan  mudah pikun.

  • Meningkatkan Sensitivitas Terhadap Hormon Insulin

Saat makan, tubuh akan mengubah sebagian besar makanan menjadi gula darah sebagai bahan bakar tubuh, termasuk pada organ otak. Hormon insulin sendiri diperlukan agar glukosa dapat terserap sempurna ke dalam sel otak. Jika sel otak dibanjiri oleh glukosa, akan memengaruhi daya ingat dan cara berpikir seseorang. Dengan rutin berolahraga, sensitivitas insulin akan terangsang, sehingga dapat berguna dalam menstabilkan gula darah.

Baca juga: Konsumsi 3 Makanan Ini Agar Fungsi Otak Tetap Terjaga

Jika kamu memiliki sejumlah masalah kesehatan, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menentukan olahraga apa yang cocok kamu jalani. Jangan terlalu memaksakan kemampuan, jika hal tersebut kamu lakukan, alih-alih sehat, kamu malah mengidap masalah kesehatan lainnya.

Referensi:
Harvard Medical School. Diakses pada 2019. Regular Exercise Changes The Brain to Improve Memory, Thinking Skills.
The Healthy. Diakses pada 2019. 6 Ways Exercise Makes Your Brain Better.