Pentingnya Menjaga Kebersihan Kandang bagi Iguana

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   31 Mei 2021
Pentingnya Menjaga Kebersihan Kandang bagi IguanaPentingnya Menjaga Kebersihan Kandang bagi Iguana

Halodoc, Jakarta – Iguana adalah salah satu jenis hewan reptil yang umum dipelihara. Bentuk tubuhnya yang mirip kadal dan ditutupi dengan sisik dalam berbagai pilihan warna memang membuat iguana menjadi hewan peliharaan yang unik dan cantik. 

Karena ukuran tubuhnya cukup besar dengan panjang yang berkisar dari 1,5 hingga 1,8 meter, iguana membutuhkan kandang yang besar. Kandang iguana juga perlu dibersihkan secara teratur agar hewan tersebut bisa hidup sehat dan bahagia. Yuk, ketahui pentingnya menjaga kebersihan kandang bagi iguana di sini.

Baca juga: Sebelum Memelihara Kura-Kura, Perhatikan 5 Hal Ini

Mengapa Menjaga Kebersihan Iguana Penting?

Bila kamu ingin iguana kesayangan kamu tetap sehat, berkembang dengan baik dan hidup bahagia, kamu perlu membersihkan kandang hewan tersebut secara teratur. Kandang yang kotor bisa menyebabkan iguana terserang berbagai jenis penyakit.

Selain itu, kandang yang kotor juga menimbulkan bau tidak sedap dan tidak enak dipandang. Karena itu, membersihkan kandang harus menjadi bagian penting dari jadwal rutin saat memutuskan untuk memelihara iguana. Berikut manfaat membersihkan kandang untuk iguana:

  • Menghilangkan bau yang kuat dan tidak sedap dari kandang atau tangki yang kotor.
  • Membuat iguana bisa memiliki jarak pandang yang baik dan memiliki kandang yang enak dipandang.
  • Mencegah penularan bakteri yang berbahaya baik bagi iguana dan manusia.
  • Memberikan kenyamanan bagi iguana, sehingga hewan tersebut bisa terhindar dari stres. Stres bisa membuat iguana mengalami perubahan perilaku, seperti menjadi agresif, atau sebaliknya, menjadi lesu.

Baca juga: 4 Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak

Seberapa Sering Kandang Iguana Harus Dibersihkan?

Idealnya, kamu harus membersihkan kandang iguana setidaknya 3-4 minggu. Namun, kamu bisa membersihkan kandang dengan tiga tahapan berikut:

  • Pembersihan Harian

Wadah makanan dan air adalah beberapa bagian dari kandang iguana yang perlu dibersihkan setiap hari. Kamu perlu membersihkan kotorannya setiap hari dan juga menyeka makanan yang tumpah agar kandang tidak berbau dan iguana tetap sehat di dalam kandang.

  • Pembersihan Mingguan

Pada pembersihan mingguan, kamu dapat menyeka permukaan kandang dengan seksama, sehingga kamu bisa mendisinfeksinya dan menghilangkan semua organisme penyebab infeksi. Selain itu, kamu bisa membuang tanaman hias yang sudah membusuk dari kandang dan mengganti alas yang kotor seminggu sekali.

Saat melakukan pembersihan mingguan ini, kamu bisa mengeluarkan iguana sementara dari kandang agar lebih mudah membersihkan kandang.

  • Pembersihan Bulanan

Kamu dianjurkan untuk membersihkan kandang secara menyeluruh sebulan sekali. Namun, untuk beberapa iguana, pembersihan bulanan mungkin tidak perlu sering dilakukan bila pembersihan harian dan mingguan sudah dilakukan dengan benar.

Pada pembersihan bulanan, iguana dan semua isi kandang harus dikeluarkan, lalu bersihkan semua permukaan dengan seksama. Alas kandang juga harus dicopot dan diganti dengan yang baru. Setelah membersihkan kandang secara menyeluruh dengan benar, biarkan kandang mengering selama beberapa waktu.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membersihkan Kandang Iguana

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa membersihkan kandang iguana dengan benar:

  • Kamu perlu mencabut semua bohlam lampu dan juga semua aksesori yang menggunakan listrik. Biarkan bohlam menjadi dingin sebelum membersihkannya.
  • Buanglah kotoran apa pun dari kandang dan disinfeksi tempat tersebut dengan benar agar tidak ada kuman yang tertinggal.
  • Untuk pembersihan kandang setiap hari, kamu bisa menggunakan cairan pembersih kandang yang dibuat sendiri, seperti cuka apel atau hidrogen peroksida (yang harus diencerkan dengan air dengan perbandingan 1:1).
  • Lepaskan alas, seperti karpet, kertas atau alas lain yang digunakan di dalam kandang. Bila kamu menggunakan karpet sebagai alas, cucilah dengan air dan sabun, lalu jemur di bawah sinar matahari. 
  • Bersihkan semua aksesoris kandang setiap minggu untuk menghilangkan organisme yang bisa menyebabkan infeksi.

Itulah penjelasan pentingnya menjaga kebersihan kandang bagi iguana. Meskipun mungkin memakan banyak waktu, membersihkan kandang bermanfaat agar iguana tetap sehat dan bebas dari stres.

Baca juga: Begini Cara Merawat Kandang Landak Mini agar Tetap Higienis

Bila hewan peliharaan kamu sakit, jangan ragu untuk menghubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Dokter hewan yang ahli dan terpercaya di Halodoc siap membantu memberi saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
My Pet Care Joy. Diakses pada 2021. How to Properly Clean an Iguana Cage?.
Animal City. Diakses pada 2021. How Often Should I Clean My Reptile's Habitat?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan