• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah 7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Cuka apel terbuat dari bahan dasar apel, gula, dan ragi yang diproses dengan cara fermentasi. Biasanya, cuka ini banyak digunakan sebagai dressing salad, bumbu, dan pengawet makanan. Cuka yang diperoleh dari fermentasi ini juga menyisakan komponen lainnya, seperti asam asetat, asam gallic, katekin, dan lainnya. 

Kandungan yang terjadi dalam proses pembuatan inilah yang membuat cuka apel mempunyai manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Mengatur Kadar Gula dalam Darah

Manfaat cuka apel yang paling dikenal oleh semua orang yaitu mengatur kadar gula dalam darah. Bagi pengidap diabetes, kadar gula dalam darah harus selalu diperhatikan. Ini karena cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terlebih ketika tubuh mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Cuka apel akan bekerja dengan memperlambat proses pelepasan gula dari makanan yang masuk ke dalam darah. Hal tersebut dapat mencegah kadar gula dalam darah melonjak secara tiba-tiba setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Baca juga: Hilangkan Bau Badan dengan Makanan Ini

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat dari cuka apel lainnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Efek panjang dari mengonsumsi cuka apel sebelum makan besar dapat menurunkan berat badan, walau tidak dalam jumlah yang banyak.

Meski begitu, penurunan berat badan tetap harus diimbangu dengan menjaga pola makan dan berolahraga. Tentu saja tidak bisa hanya dengan menjadikan cuka apel sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan badan.

3. Membunuh Kuman pada Makanan

Siapa sangka, ternyata cuka apel juga dapat membuat makanan menjadi lebih bersih dan higienis. Ini disebabkan karena kandungan asam asetat yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis cuka lainnya. Kandungan tersebut dapat membunuh kuman berbahaya dalam makanan. Inilah mengapa cuka apel sering digunakan atau dikonsumsi dengan lalapan, sayuran mentah, dan salad. 

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tidak sedikit orang yang percaya bahwa cuka apel bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada pengidap hipertensi. Sayangnya, penelitian yang menjelaskan tentang manfaat cuka apel bagi tekanan darah baru teruji pada hewan, sehingga belum terbukti secara klinis pada manusia.

Baca juga: Mengenal Okra, Sayuran yang Baik untuk Pengidap Diabetes

5. Memberikan Perlindungan pada Sel Tubuh

Tahukah kamu apa persamaan antara buah-buahan, sayuran, kopi, dan cokelat? Semuanya jenis makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan polifenol, yang berperan penting sebagai pelindung sel tubuh dari penyakit berbahaya dan kanker.

Ternyata, polifenol juga bisa kamu temukan pada cuka apel. Meski belum ada bukti ilmiah yang menyatakan manfaat polifenol dalam cuka apel, orang tetap beranggapan polifenol tersebut punya peran yang sama seperti yang terkandung dalam bahan makanan lainnya. 

6. Sebagai Pengendali Kadar Insulin

Masih bagi pengidap diabetes, cuka apel ternyata juga dapat membantu mengendalikan kadar insulin. Tubuh membutuhkan insulin guna mengubah glukosa dari makanan yang dikonsumsi menjadi energi.

Sayangnya, kadar insulin yang terlalu tinggi akan membuat tubuh tidak sensitif lagi terhadap insulin. Kondisi yang disebut dengan resistensi insulin inilah yang akhirnya memicu terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Baca juga: Tambah Flawless, 5 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

7. Sebagai Pemutih Gigi

Ingin memiliki gigi putih dan senyum yang menawan? Mungkin banyak orang akan menyarankan untuk berkumur menggunakan cuka apel. Meski begitu, pada sebagian orang, asam asetat yang terkandung dalam cuka apel ternyata bersifat korosif, sehingga dapat membuat lapisan enamel pada bagian terluar gigi terkikis. Padahal, enamel sendiri bertugas sebagai pelindung gigi.

Kondisi ini sering terjadi jika kamu jarang menyikat gigi dan hanya bergantung pada cuka apel sebagai obat kumur. Sebaiknya, berikan jarak sekitar 30 menit saat berkumur dengan cuka apel dan sikat gigi. Namun, apabila gigi justru berubah warna dan menjadi ngilu, sebaiknya tanyakan segera pada dokter gigi. 

Tidak perlu khawatir jika kamu belum sempat ke dokter gigi, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk tanya jawab langsung dengan dokter gigi. Jadi, jangan sampai lupa untuk download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 6 Health Benefits of Apple Cider Vinegar, Backed by Science.
WebMD. Diakses pada 2021. Apple Cider Vinegar Remedies: Do They Work?