• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Menjaga Suhu Ruangan saat Demam pada Anak

Pentingnya Menjaga Suhu Ruangan saat Demam pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Suhu normal suhu anak berada di angka 36,5-37,5 derajat Celsius. Jika suhu tubuh meningkat dan berada di atas angka 38 derajat Celsius, hal tersebut menandakan anak sedang terserang demam. Demam pada pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal. Oleh karena itu, ibu tidak boleh panik, agar dapat melakukan langkah penanganan yang tepat.

Baca juga: Begini Pertolongan Pertama saat Anak Demam

Demam pada anak tidak harus langsung ditangani dengan memberikan obat oral. Langkah pertama yang harus ibu lakukan adalah menjaga suhu ruangan senyaman mungkin dengan suhu tubuh anak, agar anak tidak menggigil atau kepanasan. Dengan suhu ruangan yang nyaman, anak dapat beristirahat dengan nyaman, sehingga kondisinya dapat kembali pulih secara cepat.

Bukan hanya menjaga suhu ruangan agar tetap stabil saja, meredakan demam anak dapat ibu lakukan dengan langkah berikut:

  • Balur Bawang Merah

Jika anak demam, ibu dapat membaluri seluruh tubuhnya dengan bawang merah yang telah diparut. Bawang merang mengandung minyak atsiri yang mampu meredakan demam secara cepat. Bagi anak dengan kulit sensitif, ibu dapat mendiskusikannya terlebih dulu dengan dokter.

  • Minum Air Putih

Demam pada anak dapat diredakan dengan banyak konsumsi air putih. Mengonsumsi banyak air putih bukan hanya meredakan demam pada anak, tapi juga menjaga kadar air dalam tubuh, sehingga tubuh dapat membantu mengeluarkan suhu panas di dalamnya dengan lebih cepat. Jika anak sakit, ibu harus memastikan kadar air dalam tubuhnya terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Awas, Demam Tinggi pada Anak Menandai 4 Penyakit Ini

  • Kompres Hangat

Upaya selanjutnya guna meredakan demam anak dapat dilakukan dengan menggunakan kompres hangat. Kompres tersebut dapat ibu buat dalam wadah botol yang diisi dengan air hangat, kemudian botol tersebut dilapisi oleh kain atau handuk kecil, lalu tempelkan pada tubuh atau jidat anak. Selanjutnya, ibu dapat menggunakan handuk yang telah basahi air hangat. Cara tersebut dapat meredakan demam sementara waktu.

  • Jangan Gunakan Pakaian Tebal

Memakaikan pakaian tebal atau menyelimuti anak dengan selimut tebal saat anak demam, justru salah dilakukan. Jika hal tersebut dilakukan, bahan tebal pada tubuh justru mencegah keluarnya suhu panas dalam tubuh. Alih-alih turun, suhunya bisa saja semakin bertambah tinggi. Disarankan untuk memakaikan anak baju dengan bahan yang tipis. Dengan begitu, panas dalam tubuh akan lebih mudah keluar, dan demam anak dapat segera mereda.

  • Seka Tubuh dengan Air Hangat

Cara selanjutnya adalah dengan menyeka tubuh anak dengan air bersuhu 29,4-32,2 derajat Celsius. Handuk yang telah direndam air hangat dan bersentuhan dengan kulit akan membuat suhu tubuh sedikit menurun. Jangan menyeka tubuh anak dengan air dingin ya, bu! Karena akan membuat anak menggigil dan membuat suhu tubuhnya naik untuk mengimbangi rasa dingin dari luar.

Baca juga: Ini 2 Jenis Demam Anak dan Cara Penanganannya

Jika demam tidak menurun setelah melakukan langkah-langkah tersebut, segera temui dokter di rumah sakit terdekat ya, bu! Pasalnya, demam pada anak yang dibiarkan tanpa penanganan akan memicu terjadinya kejang demam. Meskipun tidak menimbulkan dampak serius, tapi ketika kambuh, kondisi anak akan sangat mengkhawatirkan orangtua.

Referensi:

Kids Health (For Parents). Diakses pada 2020. Fevers.
Very Well Health. Diakses pada 2020. Managing a Child's Fever During the Night.
Pediatrics. Diakses pada 2020. Fever and Antipyretic Use in Children.