Pentingnya Sosialisasi Bahaya Narkoba pada Remaja

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Januari 2020
Pentingnya Sosialisasi Bahaya Narkoba pada RemajaPentingnya Sosialisasi Bahaya Narkoba pada Remaja

Halodoc, Jakarta - Kehidupan di era modern yang canggih ini membuat semua hal terasa lebih mudah dilakukan. Hanya berbekal teknologi, hampir semua hal bisa didapatkan, termasuk narkotika dan obat terlarang yang peredarannya semakin terselubung dan rentan dilakukan para remaja. Dampaknya, tingginya angka penyalahgunaan narkoba pada remaja yang semakin membuat resa para orangtua. Pasalnya, bahaya narkoba menjadi ancaman yang sangat nyata. 

Memang, narkoba memiliki dua sisi yang saling bertentangan, seperti sebuah mata uang logam. Ada manfaat baik, tetapi berdampingan erat dengan risiko yang mengancam kesehatan. Ada beberapa jenis obat yang masuk dalam jenis narkoba dan dipakai untuk menyembuhkan karena dampaknya yang memberikan rasa tenang. Namun, dosisnya yang berlebihan dapat mengakibatkan kecanduan. Efek yang sangat dicari, tetapi juga harus dihindari. 

Pentingnya Sosialisasi Bahaya Narkoba pada Remaja

Sayangnya, penyalahgunaan narkoba sering terjadi di kalangan remaja. Katanya, coba-coba menjadi alasan utama, karena ingin membuktikan apakah dampak yang dirasakan benar seperti apa yang dikatakan. Pada akhirnya, mereka menjadi kecanduan, kesulitan untuk berhenti menggunakan dan melakukan apa saja demi mendapatkan stok cadangan, agar dampaknya bisa tetap dirasakan. 

Baca juga: 20 Tahun Pakai Narkoba, Ini Dampaknya pada Tubuh

Inilah mengapa penting dilakukan sosialisasi atau penyuluhan terkait bahaya narkoba pada remaja di setiap daerah. Tidak hanya di daerah besar, wilayah kecil harus mendapatkan tindakan penyuluhan yang sama, agar pemahaman semua remaja di Indonesia tetap sama, bahwa narkoba tidak sebaiknya digunakan. Ada banyak ancaman di balik satu manfaat yang dirasakan. 

Kenali Bahaya Narkoba yang Mengancam Jiwa

Peredaran narkoba bisa dilakukan melalui apa saja. Bahkan, ada beberapa cara yang mungkin hingga kini masih belum teridentifikasi, sehingga penyalahgunaan masih sangat mungkin terjadi. Remaja menjadi target empuk para pemasok karena iming-iming manfaat yang mungkin didapat. Jangan sampai terjadi, kenali bahaya narkoba yang mengancam jiwa bagi siapa saja yang menjadi kecanduan karenanya:

  • Halusinasi

Salah satu dampak negatif yang sering terjadi pada pengguna narkoba adalah halusinasi. Bahkan, penggunaannya yang sudah sangat berlebihan dapat memicu munculnya gangguan kecemasan, gangguan mental, hingga depresi. Hati-hati, karena ini bisa memicu seseorang melakukan tindakan di luar keinginan. 

Baca juga: Jenis-Jenis Narkoba yang Perlu Diketahui

  • Berubahnya Sel Saraf dalam Otak

Penggunaan narkoba dalam jangka panjang berdampak pada sel saraf otak. Sangat mungkin terjadi perubahan yang akhirnya mengganggu sistem komunikasi antar sel saraf. Meski sudah berhenti, efek ini tidak langsung menghilang. Butuh waktu lama untuk benar-benar membersihkan dampaknya. 

  • Kebingungan dan Hilang Ingatan

Bingung, merasa linglung dan kehilangan ingatan adalah bahaya narkoba lainnya yang didapatkan jika terjadi kecanduan jenis obat tertentu. Ini pun akan berdampak pada perubahan perilaku dan koordinasi tubuh serta kehilangan kesadaran.

  • Kejang dan Kematian

Dampak yang cukup serius dari penggunaan narkoba yang disalahgunakan atau dosisnya yang berlebihan adalah kejang yang berujung pada kematian. Overdosis membuat tubuh tidak lagi mampu melakukan tugasnya untuk menetralkan kandungan keras obat terlarang ini, sehingga pengidap mengalami kejang, perilaku psikotik, dan mungkin untuk kehilangan nyawa. 

Baca juga: Kecanduan Narkoba Berdampak pada Fungsi Otak, Benarkah?

Hindari narkoba sekarang juga. Kamu bisa tahu apa saja dampak dari penyalahgunaan narkoba lainnya dengan langsung bertanya pada dokter. Pakai aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja tanpa perlu harus langsung bertatap muka atau mengantre di rumah sakit. 

Referensi:
Badan Narkotika Nasional. Diakses pada 2020. Pengertian Narkoba dan Bahaya Narkoba bagi Kesehatan.
Kids Health. Diakses pada 2020. Drugs: What to Know.
National Institute on Drug Abuse. Diakses pada 2020. Health Consequences Drug Misuse.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan